GoTo Berikan Keuntungan bagi Driver, Merchant, dan Konsumen

Siti Nur Aeni
28 Juni 2021, 14:55
Ikon aplikasi GoTo
Tokopedia
Ikon aplikasi GoTo

GoTo merupakan hasil merger dari dua perusahaan rintisan besar Gojek dan Tokopedia. Kehadirannya sangat ramai diperbincangkan. Banyak yang beranggapan bahwa ide ini cukup berani sekaligus cerdas karena mereka mampu bersimbiosis mutualisme satu dengan lainnya.

Patrick Cao selaku presiden GoTo menyebutkan bahwa model bisnis yang dimiliki GoTo mengkombinasikan volume dan frekuensi tinggi dari Gojek dengan platform Tokopedia yang memiliki frekuensi medium, akan tetapi nilai transaksinya tinggi. Kombinasi keduanya akan membuat bisnis GoTo ini lebih beragam, stabil, dan berkelanjutan.

Advertisement

Keuntungan bagi  Driver Gojek dan Pedagang Tokopedia dari Hadirnya GoTo

Yang seringkali menjadi pertanyaan banyak orang terkait merger ini adalah apa keuntungan yang akan didapatkan para driver Gojek dan pedagang Tokopedia? Tentu saja, lahirnya perusahaan ini tidak lepas dari keinginan petingginya untuk memberikan keuntungan kepada mitra mereka baik mitra Gojek maupun seller Tokopedia.

CEO GoTo Andre Soelistyo menyatakan bahwa GoTo menjadi tempat untuk meningkatkan penghasilan para mitra Gojek dan seller dari Tokopedia. Mitra driver Gojek berpeluang memperoleh penghasilan lebih besar sejak merger karena dapat mengirimkan lebih banyak pesanan dari konsumen Tokopedia.

Sementara keuntungan yang akan didapatkan para seller Tokopedia yaitu bisa mendapatkan beberapa manfaat dan kesempatan untuk meningkatkan bisnisnya. Pedagang atau merchant Tokopedia memiliki kemudahan dalam mengirimkan produk yang mereka jual dengan lebih efektif dan efisien.

Jika keduanya digabungkan, harapannya dapat meningkatkan keuntungan bagi para driver Gojek dan merchant Tokopedia. Sehingga, dapat meningkatkan peluang untuk membuka lapangan usaha yang lebih luas.

Keuntungan bagi Konsumen dari Kehadiran GoTo

Selain menguntungkan para diver dan merchant, GoTo juga memberikan keuntungan kepada para konsumen. William Tahuwijaya selaku CO-Founder dan CEO Tokopedia menjelaskan bahwa GoTo memudahkan akses seluruh masyarakat, baik untuk produk maupun jasanya.

Keuntungan lain yang akan diperoleh para konsumen kedua perusahaan tersebut di antaranya:

  • Akan mendapatakan layanan berupa pengiriman belanja yang cepat dan murah.
  • Konsumen akan mendapatkan layanan terintegrasi dengan akses yang mudah dan pembayaraan instan, akhir bulan, maupun cicilan.
  • Mendapatkan banyak promo menarik yang beragam dengan keuntungan dalam berbagai program loyalitas yang ada di GoTo Grup.

Berbicara seputar promo, pada 25 – 30 Mei 2021, GoTo menggelar hajatan berupa diskon besar-besaran untuk para customer. Promo atau diskon diberikan mulai Rp 5.000, cashback 100 kali lipat, hingga promo gratis ongkir dengan menggunakan GoSend. Sementara itu, pada Gojek, biasanya diberikan diskon GoFood mencapai 75 persen dan bebas ongkir. Ada juga promosi langganan GoFood plus Rp1.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement