Jelang Pelantikan Presiden Show
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Image title
20 Oktober 2019, 09:35

Foto: Berkemas-kemas Melantik Jokowi dan Ma’ruf Amin

Waktu pelantikan Joko Widodo alias Jokowi dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019 – 2024 sempat berubah-ubah. Semula, pengukuhan keduanya dijadwalkan hari ini, Ahad, 20 Oktober 2019, pukul 10.00. Rencana tersebut diundur menjadi pukul 16.00 karena bertabrakan dengan car free day dan ibadah umat Nasrani.

Namun Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) sepakat memajukan jadwal tersebut mulai pukul 14.30. Lokasi perhelatan kenegaraan ini akan berlangsung di Gedung Nusantara, kompleks Gedung Parlemen, Jakarta.

Persiapannya dilakukan beberapa hari sebelumnya, mulai dari mempercantik ruang rapat Paripurna I di Gedung Nusantara hingga skenario pengamanan. Ini untuk menyambut para tamu yang undangannya telah disebar oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo. Mantan Presiden RI, para ketua umum partai politik, sampai tamu negara akan menghadiri prosesi tersebut.

(Baca: Sebelum Pelantikan, Jokowi Terima Kunjungan Kehormatan 5 Tamu Negara)

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan aparat keamanan berjaga di beberapa titik krusial seperti istana dan Gedung DPR - MPR. Selain itu, objek vital kelistrikan gardu PLN Gandul, pusat logistik Pertamina, dan pusat kegiatan perekonomian tak luput dari pengawasan. Setidaknya 30 ribu personel gabungan TNI dan Polri menempati titik-titik pengamanan ini.