Desa Wisata Sari Bunihayu: Tempat Liburan Seru dan Menyenangkan

Desa Wisata Sari Bunihayu merupakan destinasi wisata di Subang. Di tempat ini, Anda bisa berlibur sembari belajar dengan seru dan menyenangkan.
Image title
18 Agustus 2021, 15:40
Potret Desa Wisata Sari Bunihayu, Subang, Jawa Barat
instagram.com/saribunihayuvillage
Potret Desa Wisata Sari Bunihayu, Subang, Jawa Barat

Desa wisata beberapa waktu terakhir popularitasnya meningkat. Pertumbuhan desa wisata seiring dengan minat masyarakat yang ingin berwisata dengan suasana pedesaan yang asri dan tenang. Salah satu yang cukup populer yaitu Desa Wisata Saru Bunihayu Subang.

Desa ini ada di Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang. Letaknya yang dekat dengan pemandian air panas Sari Ater dan wisata Gunung Tangkuban Perahu membuat desa wisata ini juga dikunjungi banyak orang.

Ada suguhan suasana berbeda di sana, yang nyaman, sejuk, dan indah. Ditambah lagi suasana pedesaan yang asri. Udara di tempat ini juga masih sangat segar karena berada di daerah pegunungan. Ini cocok untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan dan hendak rehat sejenak dan ingin lebih dekat dengan alam.

Rute Menuju Desa Wisata Subang

Lokasi desa wisata ini sangat strategi. Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 3 menit dari jalan raya Bandung – Subang – Jakarta. Jika berangkat dari Bandung, jaraknya sekitar 48 kilometer atau sekitar 1,5 jam.

Bila berangkat dari Jakarta, jarak yang harus dilewati sekitar 161 kilometer, atau 2,5 jam. Sementara bagi yang berangkat dari Kota Subang hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 15 menit saja dengan jarak 15 kilometer. Bagi yang hendak datang menggunakan kendaraan umum, sudah banyak moda transportasi yang tersedia.

Fasilitas Desa Wisata Sari Bunihayu

Mungkin masih banyak di antara kita yang bertanya-tanya sebenarnya fasilitas apa yang disediakan oleh pengelola tempat wisata ini. Seperti yang tercantum di desawisata-saribunihayu.com, beberapa fasilitas yang dimiliki antara lain;

1. Nyukcruk Galur Mapay Lembur

Fasilitas pertama yang tersedia dikenal dengan nama Nyukcruk Galur Mapay Lembur merupakan fasilitas untuk berlibur sembari belajar. Di sini Anda akan mendapatkan banyak pengalaman seru dan tak terlupakan.

Ada banyak yang bisa dipelajari seperti seni, budaya, alat-alat tradisional, bercocok tanam, hingga belajar mengenal berbagai tanaman dan buah juga bisa anda dapatkan. Sangat cocok untuk Anda yang datang bersama anak-anak karena bisa mendapatkan paket wisata edukasi lengkap.

2. Amphitheater

Fasilitas di desa wisata selanjutnya yaitu Aphitheater. Anda bisa menyaksikan pertunjukan seni budaya khas Subang seperti Sisingaan, Interaktif Angklung, dan beberapa pertunjukan lainnya.

3. Fasilitas pendukung lain

Selain dua fasilitas di atas,  Desa Wisata Sari Bunihayu menyediakan villa, tempat makan, meeting room, kolam renang, fishing pool, taman bermain, kebun buah, toko oleh-oleh, little farmer, dan outbond management trainning. Ada juga pagelaran kesenian tradisional, outbond land yang isinya ada flying fox dan motor ATV, serta fasilitas untuk pesta pernikahan.

Tips Berkunjung ke Desa Wisata Sari Bunihayu

Bagi yang akan berkunjung ke tempat wisata Subang ini, ada beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Pastikan Kendaraan Aman

Hal pertama yang harus anda perhatikan ketika hendak datang ke tempat wisata pastikan kendaraan yang anda gunakan dalam kondisi normal. Terlebih yang datang dari luar Subang, pastikan semua dalam kondisi baik. Hal ini penting untuk meminimalisasi kejadikan kurang menyenangkan selama perjalanan.

2. Bawa Kotak P3K

Sebaiknya bawa obat untuk antisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Terlebih jika Anda datang bersama dengan anak-anak, kotak P3K yang berisi berbagai obat untuk pertolongan pertama sangat diperlukan.

3. Bawa Alat Mandi dan Baju Ganti

Tidak menutup kemungkinan Anda akan mencoba berbagai area bermain air di desa wisata itu. Maka memastikan alat mandi dan baju ganti tersedia merupakan keharusan. Sehingga ketika usai bermain, anda juga bisa langsung membersihkan diri sebelum kembali ke rumah.

4. Bawa Kamera

Perangkat elektronik yang satu ini sangat penting. Sebab pemandangan indah ditempat ini sangat indah. Maka dari itu, pastikan anda membawa kamera untuk mengabadikan setiap momen di tempat ini. Jika tidak memiliki kamera digital, anda juga bisa memanfaatkan kamera dari ponsel pintar anda untuk merekam momen liburan di desa wisata Subang ini.

5. Pastikan Fisik Anda Prima

Ini menjadi bagian yang paling penting dari tips sebelum berlibur. Jangan datang ketika kondisi sedang kurang sehat. Sebab hal tersebut bisa membahayakan diri Anda dan orang lain. Maka, sebelum pergi berlibur pastikan Anda dan rombongan dalam keadaan sehat.

6. Patuhi Protokol Kesehatan

Karena saat ini masih pandemi, mematuhi protokol kesehatan juga menjadi bagian dari tips berwisata terutama di wisata alam. Jaga jarak, rutin cuci tangan, pakai masker merupakan keharusan. Sangat dianjurkan juga untuk membawa masker cadangan sehingga selama berlibur bisa mengganti masker yang sudah kotor atau terlalu lama dipakai. Dengan demikian, Anda tetap sehat dan orang-orang di sekitar juga tetap terlidungi.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait