Semerbak Serai Wangi Petani Minahasa Show
ANTARAFOTO/Adwit B Pramono
Image title
Oleh Antara
28 Desember 2021, 07:15

[Foto] Menyulap Lahan Tidur Menjadi Kebun Serai Wangi yang Produktif

Tanaman serai wangi terhampar di atas lahan 25 hektare di Tountimomor, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, lebih dari setahun terakhir.  Herli Walandow, Ketua Koperasi Maesa Mitra Jaya, menyulap lahan tidur dan tidak produktif milik warga itu menjadi lahan bernilai ekonomis.

Hasilnya, setiap 10 ton daun serai kering mampu menghasilkan sekitar 90 kilogram minyak serai wangi. Serai wangi memang tergolong mudah dibudidayakan.

Hasil sulingan serai wangi digunakan sebagai bahan pembuatan minyak wangi, sabun, sampo, dan produk lainnya. Air sisa proses penyulingan juga bisa dijadikan sebagai cairan pembersih lantai karena memiliki kandungan anti bakteri. Sisa fermentasi serai wangi yang telah diolah dapat pula menjadi pakan ternak sehingga mendukung pemerintah dalam mewujudkan perekonomian hijau.

Dalam mengembangkan ekosistem klaster serai wangi, Otoritas Jasa Keuangan melalui Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah bekerja sama dengan Bank SulutGo mengucurkan kredit usaha rakyat Rp 6,9 miliar kepada 192 debitur anggota Koperasi Maesa Mitra Jaya. Setiap petani mendapat pinjamanRp 12 juta untuk satu hektare lahan serai wangi. Kemudian, Koperasi menjadi pembeli dalam ekosistem itu.

Selain memberikan pelatihan, pihak koperasi menggandeng keuskupan Manado yang memiliki petani binaan untuk mensosialisasikan dan turut merangkul petani untuk menam serai wangi.  Pengembangan ekosistem klaster serai wangi merupakan dukungan OJK bersama stakeholder lainnya ini dalam memperluas akses keuangan berbasis klaster di berbagai daerah.

Foto dan teks : Adwit B Pramono

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.