Corona Menginfeksi Lingkaran Pejabat, Istri Presiden Brazil Positif

Ibu Negara Brazil Michelle Bolsonaro terinfeksi virus corona pada Kamis (30/7).
Image title
Oleh Muhammad Ahsan Ridhoi
31 Juli 2020, 13:43
Ilustrasi. Michelle Bolsonaro bersama suaminya. Ia terinfeksi virus corona pada Kamis (30/7).
ANTARA FOTO/REUTERS/Adriano Machado/foc/dj
Ilustrasi. Michelle Bolsonaro bersama suaminya. Ia terinfeksi virus corona pada Kamis (30/7).

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Ibu Negara Brazil, Michelle Bolsonaro dan Menteri Teknologi Brazil Marcos Pontes positif terinfeksi virus corona. Hal ini diketahui dari sebuah pernyataan resmi pemerintah pada Kamis (30/1) yang dilansir Reuters.    

“Kondisinya (Michelle) baik-baik saja dan akan mengikuti protokol yang ada,” bunyi pernyataan tersebut.

Sebelum Michelle terinfeksi corona, suaminya Presiden Brazil Jair Bolsonaro telah lebih dulu dinyatakan positif. Pengumuman Bolsonaro terinfeksi corona pada 6 Juli lalu. Namun, beberapa hari lalu setelah berulangkali menjalani tes dan karantina mandiri, ia dinyatakan negatif.

Sementara Menteri Marcos Pontes menjadi menteri kelima di pemerintahan Bolsonaro yang terinfeksi corona. Namun, ia menyatakan saat ini kondisinya baik-baik saja dan akan tetap bertugas secara virtual.

“Hanya sedikit flu dan sakit kepala,” katanya.

Brazil saat ini menjadi negara dengan positif corona terbanyak kedua di dunia dengan total kasus 2.610.102 orang. Menurut data John Hopkins University and Medicine, jumlah yang meninggal sebanyak 91.263 orang.

Pertumbuhan kasus virus corona di Brazil pun belum menunjukkan melandai sampai saat ini. Dalam sepekan terakhir, pertambahan kasus hariannya lebih dari 10 ribu orang. Pada 30 Juli, pertambahan kasus tercatat mencapai 57.800 orang.

Tingginya angka kasus corona di Brazil tak lepas dari sikap Jair Bolsonaro yang tak tegas menanganinya. Bahkan ketika telah dinyatakan positif corona, ia tetap berjalan-jalan tanpa masker. Pejabat di kabinetnya pun turut terdampak flu jenis baru ini.

Total kasus Brazil hanya kalah dari Amerika Serikat yang per hari ini (31/7) mencatatkan 4.495.014 kasus. Tercatat pula 152.070 orang meninggal dunia akibat penyakit ini. Sementara Total kasus di seluruh dunia sebanyak 4.495.014 orang dengan 673.223 orang meninggal dunia.

 

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait