Survei KIC: Ada Tiga Layanan Digital yang Semakin Banyak Dipakai Gen Z

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
9 Juni 2021, 10:41
Survei KIC: Ada Tiga Layanan Digital yang Semakin Banyak Dipakai Gen Z
grab
Ilustrasi Mitra Grab

Katadata Insight Center (KIC) menyebutkan, ada tiga layanan digital yang semakin banyak digunakan Generasi Z selama pandemi Covid-19. Yang dimaksud adalah belanja secara daring (e-Commerce), layanan pesan antar makanan (food delivery), dan layanan pengantaran sembako.

Survei KIC juga menunjukkan bahwa selama tiga bulan terakhir 57 persen responden merupakan pengguna aktif situs e-Commerce, 36 persen menggunakan layanan pengiriman makanan, dan 23 persen menggunakan layanan pengiriman bahan makanan.

"Menariknya, survei KIC menemukan, 44 persen pengguna pengantaran makanan Gen Z adalah pengguna baru yang baru mulai menggunakan layanan ini selama pandemi, dan 90 persen dari mereka menyatakan bahwa mereka ingin untuk terus menggunakan layanan pengiriman makanan setelah pandemi," kata Head of Research KIC Stevanny Limuria melalui siaran pers KIC, Jumat (4/6/2021).

Kajian yang dilakukan KIC ini berlangsung secara daring terhadap 1.146 responden antara 13 – 18 April 2021. Rentang usia responden yang terlibat antara 18 – 29 tahun. Mereka berlokasi di Jabodetabek, Surabaya, Medan, Bandung, Makassar, Semarang, Denpasar, dan Yogyakarta.

Stevanny menjelaskan, survei tersebut menyorot pola konsumsi layanan digital di kalangan Generasi Z terutama karena mereka lahir dan besar di tengah era teknologi yang berkembang pesat, dengan lahirnya media sosial dan internet.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...