Grab dan 23 Merek Favorit Galang Bantuan Penanganan Pandemi Covid-19

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
3 Agustus 2021, 20:36
Grab #1 Periode Agustus
Grab

Jakarta– Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia, Grab, aplikasi super terkemuka di Asia Tenggara, didukung oleh 23 merek favorit nasional menggelar kampanye BERSATU untuk Indonesia. Tujuan gerakan itu membantu pemerintah dalam penanganan pandemi COVID-19.

Pada tahap ini, Grab bersama EMTEK, Accenture, Microsoft, Indosat Ooredoo dan OVO telah berkomitmen untuk memberikan bantuan senilai Rp11 miliar. Donasi ini akan disalurkan oleh Grab kepada mitra pengemudi Grab, pekerja lepas dari sektor UMKM dan komunitas, relawan medis, relawan PMI, pengemudi ambulans, petugas pemakaman serta panti asuhan.

Dalam pelaksanaan kampanye ini, Grab juga berkolaborasi dengan platform crowdfunding BenihBaik.com untuk menghadirkan program donasi bagi seluruh pengguna aplikasi Grab. Program tersebut menggunakan mekanisme, yakni setiap penggunaan satu kode BERSATU yang tersedia pada layanan GrabBike, GrabCar, GrabExpress, GrabMart, dan GrabFood, Grab akan mendonasikan sebesar Rp5.000 untuk:

  • Fasilitas kesehatan (Rumah Sakit, Puskesmas, RS Darurat, dan tenaga kesehatan) yang membutuhkan alat dan bantuan kesehatan, serta fasilitas untuk melayani para pasien COVID-19.
  • Tenaga kesehatan dan masyarakat yang terpapar virus COVID-19 dengan menyalurkan paket obat-obatan dan multivitamin untuk menunjang kesehatan dan pemulihan COVID-19.
  • Anak-anak yang terpapar COVID-19 dengan menyalurkan paket kesehatan dan mainan edukatif agar mereka tetap teredukasi saat proses pemulihan
  • Pedagang lepasan (pedagang asongan dan kaki Lima) yang sedang berjuang untuk tetap bertahan di masa pandemi dan membutuhkan bantuan sembako agar dapat tetap menghidupi dirinya

Program BERSATU untuk Indonesia ini berlangsung mulai 23 Juli hingga 31 Agustus 2021 tanpa dipungut biaya dengan target donasi sebesar Rp1 milyar.

Ridzki Kramadibrata, President of Grab Indonesia mengatakan, banyak orang ingin lebih berperan untuk membantu sesama, tapi mungkin terhambat keterbatasan. “Melihat ini, Grab bersama BenihBaik.com berniat mempermudah siapapun untuk berdonasi tepat sasaran, bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya,”  ujarnya.

Kampanye BERSATU untuk Indonesia ini didukung 23 merek paling favorit di Indonesia, seperti EMTEK (SCTV, Indosiar, Vidio), OVO, Kopi Kenangan, HokBen, AQUA, Mayora (Roma Malkist, Kopiko, Teh Pucuk Harum), dan Mangkokku. Selanjutnya, Lifebuoy, Bakmi GM, Ngikan, Ayam Keprabon, Martabak Pecenongan 78, Solaria, Indomaret, Bukalapak, Accenture, Microsoft, Indosat Ooredoo dan Mustika Ratu (Herbamuno+) dalam menggaungkan semangat BERSATU dan berkolaborasi mengajak masyarakat Indonesia untuk bahu-membahu membantu sesama di masa sulit ini.

Neneng Goenadi, Country Managing Director Grab Indonesia menambahkan, saling menolong dalam kesulitan merupakan sifat dan karakter mendasar dari bangsa Indonesia yang semakin terlihat dalam satu setengah tahun masa pandemi ini.

Melihat kegigihan masyarakat yang luar biasa ini, ujar dia, Grab dan 23 merek favorit Indonesia lainnya yang merupakan bagian dari masyarakat, “merasa terpanggil untuk lebih jauh lagi berperan dalam membantu negara menangani situasi saat ini.”

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...