Nanas Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan, Tapi Ada Syaratnya!

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
8 September 2021, 13:31
Nanas
Katadata

Siapa yang tidak mengenal buah berwarna kuning dan bermata banyak ini? Nanas jadi buah yang tidak boleh terlewat dalam campuran rujak dan lotis. Namun, tidak sedikit pula orang yang tak menyukai buah ini, padahal buah ini banyak sekali manfaatnya.

Manfaat Nanas

·         Melawan Penyakit Jantung dan Nyeri Sendi

Nanas memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Menurut Linus Pauling Institute, Vitamin C berperan melawan kerusakan sel yang dapat memerangi masalah, seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.

Advertisement

·         Mencegah Osteoporosis

Buah nanas segar mengandung kadar mangan yang cukup. Mangan ini membantu meningkatkan kekuatan tulang dan jaringan ikat. Satu cangkir potongan nanas per hari dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

·         Mencegah Makula

Makula merupakan penyakit penurunan fungsi mata yang diakibatkan oleh bertambahnya usia. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam nanas membantu mengurangi risiko degenerasi macula tersebut.

·         Melancarkan Pencernaan

Sebagaimana buah dan sayuran lainnya, nanas memiliki kandungan serat yang cukup sehingga baik untuk pencernaan

·         Mengobati Osteoartritis

Nanas dikenal mengandung bromelain, yaitu enzim yang sering dijadikan campuran suplemen. Enzim ini dipercaya mampu mengurangi gejala peradangan sendi seperti Osteoartritis.

·         Mencegah Kanker

Menurut Memorial Sloan Kettering, bromelain enzim proteolitik telah terbukti dapat meningkatkan keberlangsungan hidup hewan yang mengidap tumor.

·         Mengurangi Pembekuan Darah

Bromelain pada nanas dapat membantu mengurangi pembekuan darah yang berlebih. Hal ini menjadikan nanas sebagai salah satu buah rekomendasi untuk orang-orang yang sering melakukan penerbangan dan pihak lainnya yang berisiko mengalami pembekuan darah.

·         Mencegah Batuk

Bromelain pada nanas memiliki peran yang sangat banyak, salah satunya adalah mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung. Fungsi ini menjadikan nanas baik dikonsumsi saat seseorang terserang flu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement