Nanas Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan, Tapi Ada Syaratnya!

Buah Nanas bermanfaat untuk melawan berbagai penyakit, tapi dengan syarat tidak dikonsumsi berlebihan
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Publikasi Katadata
8 September 2021, 13:31
Nanas
Katadata

Siapa yang tidak mengenal buah berwarna kuning dan bermata banyak ini? Nanas jadi buah yang tidak boleh terlewat dalam campuran rujak dan lotis. Namun, tidak sedikit pula orang yang tak menyukai buah ini, padahal buah ini banyak sekali manfaatnya.

Manfaat Nanas

·         Melawan Penyakit Jantung dan Nyeri Sendi

Nanas memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Menurut Linus Pauling Institute, Vitamin C berperan melawan kerusakan sel yang dapat memerangi masalah, seperti penyakit jantung dan nyeri sendi.

·         Mencegah Osteoporosis

Buah nanas segar mengandung kadar mangan yang cukup. Mangan ini membantu meningkatkan kekuatan tulang dan jaringan ikat. Satu cangkir potongan nanas per hari dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

·         Mencegah Makula

Makula merupakan penyakit penurunan fungsi mata yang diakibatkan oleh bertambahnya usia. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam nanas membantu mengurangi risiko degenerasi macula tersebut.

·         Melancarkan Pencernaan

Sebagaimana buah dan sayuran lainnya, nanas memiliki kandungan serat yang cukup sehingga baik untuk pencernaan

·         Mengobati Osteoartritis

Nanas dikenal mengandung bromelain, yaitu enzim yang sering dijadikan campuran suplemen. Enzim ini dipercaya mampu mengurangi gejala peradangan sendi seperti Osteoartritis.

·         Mencegah Kanker

Menurut Memorial Sloan Kettering, bromelain enzim proteolitik telah terbukti dapat meningkatkan keberlangsungan hidup hewan yang mengidap tumor.

·         Mengurangi Pembekuan Darah

Bromelain pada nanas dapat membantu mengurangi pembekuan darah yang berlebih. Hal ini menjadikan nanas sebagai salah satu buah rekomendasi untuk orang-orang yang sering melakukan penerbangan dan pihak lainnya yang berisiko mengalami pembekuan darah.

·         Mencegah Batuk

Bromelain pada nanas memiliki peran yang sangat banyak, salah satunya adalah mengurangi lendir di tenggorokan dan hidung. Fungsi ini menjadikan nanas baik dikonsumsi saat seseorang terserang flu.

Risiko kesehatan

·         Lidah Gatal

Bromelian pada nanas berfungsi untuk memecah protein yang juga berada pada bibir, lidah, dan pipi dalam. Mengonsumsi terlalu banyak nanas dapat mengakibatkan mulut dan bagian sekitarnya terasa gatal.

·         Masalah Pencernaan

Nanas memiliki kadar vitamin C yang cukup untuk kesehatan tubuh. Namun, jika dikonsumsi terlalu banyak maka akan menimbulkan masalah diare, mulas, sakit perut, mual bahkan muntah.

·         Pendarahan Menstruasi Berlebih

Kadar bromelain pada nanas memang sangat baik untuk melancarkan peredaran darah. Namun mengonsumsi terlalu banyak nanas akan memberikan efek pendarahan yang berlebih pada saat menstruasi.

·         Interaksi Obat

Seperti yang telah dijelaskan bahwa buah nanas berfungsi untuk mengencerkan darah, sehingga nanas tidak dianjurkan bagi orang yang sedang mengonsumsi jenis obat tersebut.

Batas Konsumsi Nanas

Segala sesuatu yang berlebihan akan memberikan dampak yang buruk juga, termasuk juga buah nanas.  Meskipun memiliki banyak khasiat, tapi jika nanas dikonsumsi secara berlebihan maka akan terjadi dampak negatif.

Dikutip dari laman Time Snow News, porsi yang tepat untuk mengonsumsi nanas adalah 1 gelas per hari dan tidak lebih dari itu. Jika dihitung berdasarkan bentuk buah, jumlah yang dianjurkan sekitar ¼ buah nanas.

Cara Memilih Nanas

Nanas merupakan salah satu buah yang mudah dipilih saat berbelanja. Terdapat dua cara mudah yang dapat dilakukan saat membeli buah ini.

  • Cium bagian bawah nanas, jika mengeluarkan bau yang manis, harum, dan kuat maka nanas tersebut adalah nanas yang sudah matang.
  • Cara lainnya adalah memetik helai daun yang berada di sekitar mahkota nanas. Jika terlepas dengan mudah, nanas berarti sudah matang.

Membeli nanas, kini menjadi lebih mudah dengan adanya TaniHub. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam agriculture technology. TaniHub menyediakan berbagai makanan seperti sayuran, buah, daging, dan makanan lainnya.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait