Percepat Digitalisasi, Leap-Telkom Digital Rambah Jawa Timur

Telkom berkomitmen untuk mendukung digitalisasi di berbagai sektor.
Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
14 Maret 2022, 13:22
Telkom-Jatim
Telkom
Direktur Digital Business Telkom M. Fajrin Rasyid (kiri) menyerahkan cindera mata kepada Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak dalam acara kunjungan kerja dan audiensi pengenalan produk dan layanan digital unggulan Leap, di antaranya BigBox, Logee, PaDi UMKM, dan SooltanPay, serta Agree, Jumat (11/3).

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui brand Leap-Telkom Digital (Leap) secara aktif mendorong percepatan digitalisasi di berbagai sektor termasuk instansi, korporasi, hingga pemerintah.

Telkom pun terus berupaya memberikan solusi terbaik melalui beragam produk dan layanan digital unggulan guna memudahkan aktivitas masyarakat.

Pada Jumat (11/3), Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid melakukan kunjungan kerja dan beraudiensi dengan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak.

Fajrin mengenalkan produk dan layanan digital unggulan Leap, di antaranya BigBox, Logee, PaDi UMKM, dan SooltanPay, serta Agree untuk mendukung aktivitas pemerintahan demi memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Emil menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dan inisiatif Telkom, khususnya untuk Provinsi Jawa Timur yang sejalan dengan harapan Menteri BUMN Erick Thohir agar Telkom melahirkan inovasi digital. Telkom memiliki peran sebagai lokomotif yang menyediakan dan menggunakan teknologi digital dengan optimal.

Lebih lanjut Wakil Gubernur Jawa Timur menyampaikan atensi untuk memanfaatkan solusi big data milik Telkom, BigBox. Dia berharap ada use case terhadap big data yang praktis sehingga dampak dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

“Saya melihat BigBox sebagai sebuah platform yang memungkinkan kita untuk bersentuhan dengan berbagai informasi dan Satu Data Indonesia pun bisa kita nikmati,” ujarnya.

Selain audiensi, dilaksanakan juga penandatanganan kerja sama antara Telkom dengan PT Sangolas Manggala Jaya dan PT Sandhega Nusa Bersaudara terkait Implementasi Digitalisasi Sektor Pertanian Jagung.

"Kami berterima kasih kepada Telkom dan Agree atas kesempatan kerja sama ini,” kata Ivan Tri Bramantyo,  Direktur Pandhega Nusa Bersaudara.

Ivan berharap kerja sama tersebut dapat mendukung upaya perseroan untuk memonitoring para petani agar menanam sesuai prosedur yang telah ditetapkan guna menghasilkan jagung berkualitas. “Dengan begity dapat turut membantu meningkatkan kesejahteraan para petani," ujarnya.

Selain itu, dilakukan penandatanganan Minute of Meeting (MoM) antara Telkom dengan Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Sidoarjo, dan Malang, serta Jatim Park Group terkait Implementasi Satu Data.

Penandatanganan dilakukan oleh para General Manager Witel Telkom dan Kepada Dinas Kominfo Kabupaten serta para pimpinan perusahaan, yang disaksikan secara langsung oleh Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid.

Fajrin Rasyid menyampaikan bahwa Telkom berkomitmen untuk senantiasa mendukung digitalisasi di berbagai sektor.

Telkom bersama seluruh stakeholder di berbagai sektor termasuk sektor pemerintahan, industri, hingga UMKM diharapkan dapat menjadi pemain utama dalam meningkatkan ekonomi digital Indonesia. “Sekaligus untuk mempercepat terwujudnya ekosistem digital Indonesia."

Sebagai wujud dukungan digitalisasi di segala sektor, termasuk pendidikan, Fajrin Rasyid juga mengadakan pertemuan dengan civitas akademika Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) guna membuka peluang kerja sama pengembangan talenta digital dari Jawa Timur.

Fajrin juga berkesempatan memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa ITS dalam program Digistar Connect 2022 yang diselenggarakan secara hybrid (daring dan luring) yang turut dihadiri oleh Rektor ITS, Mochamad Ashari.

Ke depan, kata dia, dengan membawa semangat digitalisasi untuk Indonesia yang lebih baik, Telkom melalui Leap akan terus berkontribusi memberikan inovasi terbaik di segala sektor bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Karena kami meyakini, dengan digitalisasi dapat mendorong percepatan terwujudnya ekosistem digital Indonesia untuk Indonesia yang lebih baik,” ujar Fajrin.

Leap merupakan umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia.

Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional, sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses https://leap.digitalbisa.id/.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait