Panduan Wisata ke Taman Nasional Lorentz, Google Doodle Hari Ini

Pingit Aria
4 Desember 2019, 15:24
Taman Nasional Lorentz berada di Papua.
Panji A. Nuariman via KLHK
Taman Nasional Lorentz berada di Papua.

Google hari ini menampilkan ilustrasi Taman Nasional Lorentz di laman pencariannya. Google Doodle dengan ilustrasi burung beo pesquet dan latar belakang pegunungan tersebut dibuat untuk memperingati hari jadi Taman Taman Nasional Lorentz pada 4 Desember.

Dengan kawasan seluas 2,4 juta hektare, Lorentz menjadi taman nasional terluas di Asia Tenggara. Wilayah Taman Nasional Lorentz yang mencakup 10 kabupaten di Provinsi Papua ini bisa jadi tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Berada di antara dua lempeng benua, Taman Nasional Lorentz menjadi rumah bagi beragam ekosistem. Di dalamnya ada padang rumput, rawa, pantai, hutan hujan, dan pegunungan alpine yang memiliki gletser tropis yang langka.

Ya, Puncak Jaya Wijaya yang terkenal juga ada di dalam kawasan Taman Nasional Lorentz. Selain itu, ada panorama bentangan es di Puncak Cartenz yang berada di ketinggian 4.760 – 4.884 meter di atas permukaan laut (mdpl). Kemudian, ada juga Danau Habema di ketinggian 3.000 mdpl Distrik Palebaga yang bisa jadi salah satu spot wisata alam menarik.

(Baca: Jokowi Harap Infrastruktur Pendukung di 5 Bali Baru Rampung pada 2020)

Bagi penikmat Wisata budaya, Festival Lembah Baliem di Kabupaten Wamena, Papua, pada bulan Agustus. Kawasan ini merupakan rumah bagi Suku Nduga, Suku Dani, Suku Amungme, Suku Sempan, dan Suku Asmat.

Tak hanya itu saja, Taman Nasional Lorentz juga jadi rumah bagi beragam jenis flora dan fauna. Dilansir dari situs resmi Taman Nasional Lorentz, ada lebih dari 42 jenis mamalia, termasuk beberapa di antaranya adalah spesies baru bagi Papua.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...