Warren Buffet, Menumpuk Kekayaan Berkat Jurus Investasi dari Omaha

Pingit Aria
18 November 2019, 19:46
Warren Buffet, orang terkaya di dunia, Bloomberg Billionaires Index 2019
123RF.com/Dima Photo
Warren Buffett, orang terkaya nomor empat di dunia versi Bloomberg Billionaires Index 2019.

Bloomberg Billionaires Index baru saja merilis daftar orang terkaya di dunia yang terbaru. Hasilnya, Bill Gates mengalahkan Jeff Bezos dalam perebutan status orang terkaya di dunia. Sedangkan di posisi ketiga ada Bernard Arnault, kemudian di posisi keempat ada nama investor kawakan Warren Buffet dengan kekayaan US$ 86,6 miliar.

Warren Edward Buffett adalah seorang pengusaha Amerika Serikat (AS) yang diakui sebagai salah satu investor tersukses dunia. Ia berhasil mengumpulkan kekayaan yang berlimpah berkat kepandaiannya dalam berinvestasi melalui Berkshire Hathaway. Karena keahliannnya tersebut, ia mendapat berbagai julukan seperti "Wizard of Omaha", "Oracle of Omaha", atau "Sage of Omaha".

Warren Buffet memang dilahirkan di Omaha, Nebraska, Amerika Serikat pada 30 Agustus 1930. Ia berkuliah di Wharton Business School di University of Pennsylvania selama dua tahun, yaitu dari tahun 1947 hingga 1949. Di tahun 1950, ia menempuh pendidikan di University of Nebraska–Lincoln dan berhasil lulus di bidang administrasi bisnis.

(Baca: Bill Gates Juara, Ini Daftar Orang Terkaya Versi Bloomberg)

Ia kemudian melanjutkan pendidikannya di Benjamin Graham, Columbia University setelah ia tahu bahwa Benjamin Graham dan David Dodd yang merupakan analis keuangan terkemuka kala itu mengajar di sana. Buffett lulus dari Columbia University pada tahun 1951 dengan meraih gelar Master of Science di bidang ekonomi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...