Jalan Gibran Rakabuming, Putra Jokowi di Antara PDIP dan Gerindra

Pingit Aria
24 September 2019, 15:00
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersiap memberikan keterangan pers usai menyerahkan berkas pendaftaran anggota PDI Perjuangan di kantor DPC PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019). Gibran Rakabuming Raka daft
ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA
Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka (kanan) bersiap memberikan keterangan pers usai menyerahkan berkas pendaftaran anggota PDI Perjuangan di kantor DPC PDI Perjuangan, Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9/2019). Gibran Rakabuming Raka daftar menjadi kader PDI Perjuangan sebagai syarat untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada tahun 2020 mendatang.

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka telah resmi menjadi anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Keanggotaan adalah syarat seseorang untuk mendapat dukungan dari partai berlambang banteng moncong putih itu untuk menjadi calon kepala daerah.

Saat datang ke kantor DPC PDIP Solo pada Senin (24/9) kemarin, Gibran juga menanyakan prosedur untuk maju sebagai bakal calon wali kota Solo. “Meski, ia akan mematuhi keputusan partai. Saya tegak lurus kepada semua keputusan partai,” kata suami Selvi Ananda itu di Solo.

Bagaimanapun, jalan politik Gibran nampaknya bakal berliku. Sebab, DPC PDIP Kota Solo mengusung pasangan inkumben Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa dalam Pilkada 2020 mendatang.

"Ini bukan pendaftaran bakal calon wali kota, tapi penugasan partai untuk Pak Achmad Purnomo dan Pak Teguh Prakosa,” kata Ketua Tim Penjaringan DPC PDIP Solo Putut Gunawan.

(Baca: Diusung Jadi Calon Walikota Solo, Gibran Rakabuming Gabung PDIP)

Di luar dugaan, Partai Gerindra justru menunjukkan minat. "Gibran putra sulung Presiden Joko Widodo Akan maju sebagai wali kota Solo, saya akan minta Gerindra mendukung Gibran sebagai calon wali kota Solo," kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono dalam keterangan tertulis.

Gibran lahir di Solo, 1 Oktober 1987 dari pasangan Jokowi dan Iriana. Ia adalah sulung dari tiga bersaudara. Kedua adiknya adalah Kahiyang Ayu dan Kaesang Pangarep. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...