Jokowi Siap Bawa Isu Perang Dagang hingga Sampah ke KTT ASEAN dan G20

Michael Reily
19 Juni 2019, 14:59
Presiden Joko Widodo mengingatkan peran ASEAN sebagai kontributor penting keamanan dan stabilitas harus didukung kesatuan dan sentralitas.
Laily Rachev|Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo mengingatkan peran ASEAN sebagai kontributor penting keamanan dan stabilitas harus didukung kesatuan dan sentralitas.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Rapat Terbatas (Ratas) bersama para menteri untuk persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan KTT G20. KTT ASEAN bakal berlangsung pada 20 Juni sampai 23 Juni di Thailand dan KTT G20 berjalan pada 28 dan 29 Juni di Jepang.

"Kita harus gunakan sebaik-baiknya untuk merebut peluang yang ada terutama untuk penguatan ekonomi negara dan kepentingan nasional kita," kata Jokowi membuka Ratas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (19/6).

Dia menekankan ada tiga isu yang bakal Indonesia bawa dalam KTT ASEAN. Pertama, antisipasi secara bersama negara-negara Asia Tenggara terhadap perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok.

Menurut Jokowi, Indonesia harus mampu mengajak negara ASEAN untuk bersatu. "Agar stabilitas ekonomi ASEAN tetap terjaga," ujarnya.

(Baca: Imbas Perang Dagang, LG dan Sharp Relokasi Pabrik ke Indonesia)

Kedua, perlawanan terhadap sampah laut di Asia Tenggara menjadi isu lingkungan yang penting. Terakhir, percepatan perdamaian serta konflik Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

Untuk KTT G20, Jokowi juga akan mengangkat tiga poin penting. Poin pertama masih tentang persoalan ekonomi dan keuangan global, terutama isu yang berkaitan dengan inovasi.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...