Pesona Keramik Bali Jenggala Incar Pasar Amerika

Desy Setyowati
4 Agustus 2018, 07:00
Keramik Jenggala
Situs Jenggala
Produk keramik Jenggala asal Bali.

Berdiri sejak 1976, merek perangkat makan asal Bali, Jenggala telah menciptakan 3 ribu jenis produk keramik. Menyasar konsumen kelas atas, Jenggala menggunakan bahan baku pilihan dan teknik pembakaran khusus yang menghasilkan hingga 8 ribu warna eksklusif.

Warna memang menjadi kekuatan bagi Jenggala untuk masuk pasar internasional dan bersaing dengan produsen lain, terutama dari Tiongkok dan Portugal. Untuk mendapat warna yang khas, Jenggala tak segan mengimpor beberapa jenis tanah olahan dari Thailand, Australia, dan Malaysia.

Supaya konsumen tidak bosan, Jenggala juga merilis produk dengan bahan baku kayu, batu, hingga tekstil sejak lima tahun terakhir. "Desain dan warna setiap produk kami berbeda," ujar Sales Executive Jenggala Rinny Demonsi kepada Katadata di Jakarta, Rabu (1/8).

Pada 12-15 Agustus mendatang, Jenggala dan 7 produsen kriya lain akan turut dalam pameran New York Now 2018 atas dukungan Badan ekonomi Kreatif (Bekraf). Ini adalah upaya Jenggala untuk kembali diterima di Negeri Paman Sam.

(Baca juga: Bekraf Kirim 8 Merek Kriya Ikut Pameran di New York

Sekitar 10 tahun lalu, produk Jenggala digunakan oleh beberapa korporasi di Amerika Serikat (AS), namun lambat laun pesanannya menurun. Selain AS, produk Jenggala juga digunakan oleh beberapa perusahaan dari Arab Saudi, Oman, Jepang, dan Republik Maladewa.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...