Mahasiswa Demo ke Istana, Jokowi Tinjau Food Estate di Kalimantan

Rizky Alika
8 Oktober 2020, 08:49
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan) meninjau kesiapan irigasi lahan pertanian yang akan dijadikan pengembangan 'food estate' di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/aww.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kanan) meninjau kesiapan irigasi lahan pertanian yang akan dijadikan pengembangan 'food estate' di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020).

Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Seluruh Indonesia akan melakukan unjuk rasa ke Istana Negara untuk menuntut Undang-Undang Cipta Kerja atau omnibus law. Namun, Presiden Joko Widodo memilih untuk bertolak ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah untuk meninjau proyek lumbung pangan atau food estate.

Kepala Biro Protokol, Pers, dan Media Setpres, Bey Machmudin menampik kunjungan kerja tersebut dalam rangka menghindari aksi mahasiswa.

“Tidak, agenda Presiden untuk food estate sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Jadi sama sekali tidak ada kaitan dengan aksi besok,” kata Bey dalam keterangannya seperti dikutip pada Kamis (8/10).

Menurutnya, Jokowi memang menaruh perhatian pada ketahanan pangan nasional. Sebab, Organisasi Pangan Dunia (FAO) telah memberikan peringatan mengenai risiko kelangkaan pangan akibat pandemi. Oleh karenanya, lanjut dia, Jokowi ingin meninjau langsung perkembangan lumbung pangan tersebut.

Adapun, Jokowi telah bertolak dari Jakarta sejak Rabu (7/10) sore. Bey menyebutkan, Presiden terbang ke Yogyakarta untuk kemudian melanjutkan perjalanan darat ke Solo. Di Solo, agenda Jokowi ialah berziarah ke makam ibunya. 

Malam harinya, Mantan Walikota Solo tersebut kembali ke Jogja untuk menginap di Istana Kepresidenan Gedung Agung bersama rombongan. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...