Singapura hingga India, Daftar 10 Negara Gratiskan Vaksin Covid-19

Pingit Aria
15 Desember 2020, 17:06
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjalan keluar gedung seusai menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Bandung, Jawa Barat, Senin (14/12/2020). Ridwan Kamil menjalani uji klinis tahap akhir berupa pemeriksaan darah dalam rang
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/rwa.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berjalan keluar gedung seusai menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Bandung, Jawa Barat, Senin (14/12/2020). Ridwan Kamil menjalani uji klinis tahap akhir berupa pemeriksaan darah dalam rangkaian uji klinis tahap III vaksin COVID-19 Sinovac.

Proses penyuntikan vaksin Covid-19 segera dimulai di beberapa negara. Sejumlah vaksin sudah melalui uji klinis fase 3 dengan hasil baik dan mengantongi izin penggunaan darurat dari otoritas yang berwenang.

Berbeda dengan Indonesia yang sebagian penduduknya harus membayar, sejumlah negara berkomitmen untuk memberikan vaksin gratis kepada  seluruh warganya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar 10 negara yang memberikan vaksin Covid-19 secara gratis bagi seluruh warganya:

1. Singapura

Negara tetangga Singapura memastikan vaksin Covid-19 gratis untuk semua warga Singapura dan penduduk jangka panjang yang saat ini berada di negara itu. Hal ini langsung disampaikan oleh Perdana Menteri Lee Hsien Loong pada Senin (14/12) waktu setempat.

Dilansir Straits Times, PM Lee mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki risiko terbesar akan diberi prioritas pertama, termasuk petugas kesehatan dan petugas garda depan, serta warga lanjut usia dan rentan.

"Setelah itu, komisi mengusulkan untuk secara bertahap memvaksinasi seluruh penduduk, dan untuk mencakup semua orang yang menginginkan vaksinasi pada akhir tahun depan," kata PM Lee.

2. Jepang

Pemerintah Jepang memastikan vaksin Corona untuk seluruh penduduknya diberikan secara gratis. Bahkan, hal itu disahkan dalam undang-undang (UU) baru.

Dilansir dari AFP, RUU yang menyatakan pemerintah akan menanggung semua biaya vaksin untuk 126 juta penduduk Jepang telah disetujui oleh majelis rendah, lalu lolos di majelis tinggi parlemen.

Vaksin yang akan digunakan Jepang antara lain dari Pfizer, Moderna, dan AstraZeneca.

3. Prancis

Dilansir dari Reuters, pemerintah Prancis memastikan vaksin virus corona gratis untuk semua warga yang tercatat dalam sistem jaminan sosial. Pemerintah telah mengalokasikan sebesar US$ 1,8 miliar atau sekitar Rp 25,41 triliun (kurs Rp 14.100) untuk anggaran vaksin di tahun 2021.

Perdana Menteri Jean Castex mengatakan, vaksinasi tak diwajibkan, tapi ia tetap mendesak semua orang mendapat suntikan vaksin.

HEALTH-CORONAVIRUS/SANOFI-MACRON
HEALTH-CORONAVIRUS/SANOFI-MACRON (ANTARA FOTO/REUTERS/Gonzalo Fuentes/Pool/hp/dj)

4. Brasil

Presiden Brasil Jair Bolsonaro memastikan vaksin Covid-19 akan diberikan gratis bagi seluruh warganya.

"Setelah disertifikasi oleh @anvisa_official (BPOM Brasil), @govbr (pemerintah Brasil) akan menawarkan vaksin untuk semua, gratis dan tidak ada kewajiban (vaksinasi)," tulisnya pada akun Twitter, 8 Desember 2020.

5. Belgia

Pemerintah Belgia mengupayakan agar vaksin virus Corona tersedia untuk setidaknya 70% dari jumlah penduduknya, atau sekitar 8 juta orang. "Vaksinasi gratis untuk setiap warga negara yang menerimanya," kata Menteri Kesehatan Frank Vandenbroucke dilansir dari AFP.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...