Jokowi Lantik Gubernur Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara

Selain melantik dua pasangan gubernur dan wakilnya, Jokowi hari ini juga menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Andi Samsan Nganro sebagai Wakil Ketua MA.
Image title
15 Februari 2021, 14:01
Presiden Jokowi melantik Gubernur dan Wagub Kaltara dan Sulut, Senin (15/02/2021) pagi, di Istana Negara, Jakarta.
Humas Setkab/Agung
Presiden Jokowi melantik Gubernur dan Wagub Kaltara dan Sulut, Senin (15/02/2021) pagi, di Istana Negara, Jakarta.

Presiden Joko Widodo telah melantik Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang pada Senin (15/2). Keduanya akan menjabat pada periode 2021-2024.

Jokowi juga melantik Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O. E. Kandouw dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Yansen Tipa Pandan. Pelantikan tersebut dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Pasangan Olly-Steven merupakan petahana Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara. Sementara, Zainal-Yansen meenggantikan posisi Irianto Lambrie dan Udin Hainggio.

Pelantikan diawali dengan prosesi kirab yang dipimpin oleh Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Kirab dilakukan dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Para gubernur dan wakil gubernur pun mengikuti prosesi kirab dengan berjalan kaki serta membawa surat dari Presiden.

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 19/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara Masa Jabatan 2021-2024. Keputusan itu ditetapkan pada 9 Februari 2021.

Jokowi pun memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh para gubernur dan wakil gubernur.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata gubernur dan wakil gubernur yang dilantik.

Adapun, pelantikan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti memakai masker dan menjaga jarak. Selain itu, jumlah tamu undangan yang hadir terbatas.

Berikut Databoks opini publik terhadap pilkada 2020: 

Pelantikan Wakil Ketua MA

Selain melantik dua pasangan gubernur dan wakilnya, Presiden Jokowi hari ini juga menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Andi Samsan Nganro sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial.

Pengangkatan Andi Samsan Nganro sesuai Keputusan Presiden RI Nomor 22 P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dengan Hormat Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung dan Pengangkatan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial.

“Terhitung saat pengucapan sumpah jabatan dan janji, mengangkat Dr H Andi Samsan Nganro, SH., MH dalam jabatan Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial,” demikian salah satu keputusan seperti tertulis dalam isi Keputusan Presiden RI Nomor 22 P Tahun 2021. Keputusan tersebut ditetapkan di Jakarta 10 Februari 2021.

Setelah pembacaan isi Keputusan Presiden tersebut, Andi Samsan kemudian mengucapkan sumpah jabatan di depan Presiden Joko Widodo.

Andi Samsan terpilih menjadi Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yudisial setelah memperoleh suara sebanyak 20 suara, dan mengungguli kandidat lainnya Zahrul Rabain yang memperoleh 17 suara dan Amran Suadi sebanyak 3 suara.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait