Jokowi Lantik Gubernur Sulawesi Utara dan Kalimantan Utara

Rizky Alika
15 Februari 2021, 14:01
Presiden Jokowi melantik Gubernur dan Wagub Kaltara dan Sulut, Senin (15/02/2021) pagi, di Istana Negara, Jakarta.
Humas Setkab/Agung
Presiden Jokowi melantik Gubernur dan Wagub Kaltara dan Sulut, Senin (15/02/2021) pagi, di Istana Negara, Jakarta.

Presiden Joko Widodo telah melantik Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang pada Senin (15/2). Keduanya akan menjabat pada periode 2021-2024.

Jokowi juga melantik Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O. E. Kandouw dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara Yansen Tipa Pandan. Pelantikan tersebut dilakukan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Advertisement

Pasangan Olly-Steven merupakan petahana Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara. Sementara, Zainal-Yansen meenggantikan posisi Irianto Lambrie dan Udin Hainggio.

Pelantikan diawali dengan prosesi kirab yang dipimpin oleh Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Kirab dilakukan dengan berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Para gubernur dan wakil gubernur pun mengikuti prosesi kirab dengan berjalan kaki serta membawa surat dari Presiden.

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 19/P Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Utara dan Sulawesi Utara Masa Jabatan 2021-2024. Keputusan itu ditetapkan pada 9 Februari 2021.

Jokowi pun memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh para gubernur dan wakil gubernur.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhui kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-sebaiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa," kata gubernur dan wakil gubernur yang dilantik.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement