Jokowi Tinjau Vaksinasi di Bali, Pariwisata Bakal Dibuka Bertahap

Rizky Alika
16 Maret 2021, 15:27
Sejumlah pekerja sektor pariwisata dan pengemudi ojek daring antre untuk vaksinasi COVID-19 di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (27/2/2021). Vaksinasi COVID-19 kepada pekerja sektor pariwisata yang dimulai di Provinsi Bali tersebut dilakukan untuk mencegah
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Sejumlah pekerja sektor pariwisata dan pengemudi ojek daring antre untuk vaksinasi COVID-19 di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (27/2/2021). Vaksinasi COVID-19 kepada pekerja sektor pariwisata yang dimulai di Provinsi Bali tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 sekaligus sebagai salah satu upaya memulihkan sektor pariwisata.

Vaksinasi Covid-19 untuk pekerja di sektor pariwisata telah berjalan di Bali. Presiden Joko Widodo pun berencana untuk membuka pariwisata Bali secara bertahap.

Menurutnya, pembukaan pariwisata akan dilakukan bila penyebaran Covid-19 telah melandai atau hilang. "Dengan tahapan yang nanti didesain baik dari provinsi, kabupaten-kota maupun dari pusat, kita akan memulai satu per satu pembukaan ekonomi, khususnya sektor pariwisata di Bali," kata Jokowi saat meninjau vaksinasi massal di Puri Saren Agung, Bali, Selasa (16/3).

Pembukaan pariwisata secara bertahap dilakukan agar masyarakat Bali bisa kembali pada posisi normal. Namun, ada berbagai tahapan yang harus dilalui untuk menuju situasi normal tersebut. "Dan kita harap semuanya masih pada posisi waspada," ujarnya.

Mantan Walikota Solo itu juga berharap, pariwisata bisa dibuka kembali untuk turis. Dengan vaksinasi Covid-19, para turis diharapkan merasa aman dan nyaman untuk mengunjungi Pulau Dewata.

Pemerintah pun akan mengawasi tiga zona di Bali, yaitu Ubud, Sanur, dan Nusa Dua. Daerah tersebut diharapkan bisa mendorong kebangkitan pariwisata di Bali.

"Akan kami evaluasi setiap minggu bagaimana perkembangan yang ada di kawasan-kawasan ini dan pada umumnya di Bali," katanya.

Vaksinasi massal dilakukan kepada para pelaku industri pariwisata, pimpinan umat beragama, perwakilan budayawan, perwakilan pemuda, dan masyarakat umum setempat. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudddin Uno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi lapangan usaha di sektor pariwisata di Bali terkontraksi pada 2020. Misalnya, transportasi dan pergudangan -31,79%, kemudian penyediaan akomodasi dan makan-minum -27,52%. Ekonomi provinsi ini pun terkontraksi 9,31% (YoY) pada tahun lalu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...