Pulihkan Pariwisata, Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Liburan ke Raja Ampat

Cahya Puteri Abdi Rabbi
28 Juni 2021, 16:34
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Di tengah pandemi yang belum berlalu, Ma’ruf mengajak masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat dengan menjalankan pr
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Di tengah pandemi yang belum berlalu, Ma’ruf mengajak masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat dengan menjalankan protokol kesehatan.

Industri pariwisata mengalami pukulan berat akibat pandemi Covid-19. Kini, melalui Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat.

Gerakan ini diharapkan dapat mendukung percepatan pemulihan sektor pariwisata di Tanah Papua. “Saya mengajak kita semua untuk berwisata ke Raja Ampat, yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya,” ujar Ma’ruf Amin saat membuka acara Raja Ampat e-Festival secara virtual, Senin (28/6).

Bagaimanapun, di tengah tren kenaikan kasus Covid-19, Ma’ruf juga mengingatkan agar masyarakat tetap waspada. “Berwisatalah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Di samping itu, Ma’ruf juga meminta agar para pelaku usaha dapat menyiapkan produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendukung pariwisata Raja Ampat. Di antaranya, produk souvenir khas Papua yang berkualitas dan sesuai dengan minat pasar.

Simak Databoks berikut: 

Selain itu, Ma’ruf juga meminta agar pengelola tempat wisata untuk menyiapkan sentra-sentra kuliner dengan konsep desain kekinian, namun tetap menunjukkan ciri khas budaya Papua serta memenuhi standar protokol kesehatan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...