Pulihkan Pariwisata, Ma’ruf Amin Ajak Masyarakat Liburan ke Raja Ampat

Di tengah pandemi Covid-19, Ma’ruf juga mengingatkan agar masyarakat tetap taat protokol
Image title
28 Juni 2021, 16:34
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Di tengah pandemi yang belum berlalu, Ma’ruf mengajak masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat dengan menjalankan pr
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/ama.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyampaikan keterangan kepada wartawan tentang penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (23/3/2020). Di tengah pandemi yang belum berlalu, Ma’ruf mengajak masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat dengan menjalankan protokol kesehatan.

Industri pariwisata mengalami pukulan berat akibat pandemi Covid-19. Kini, melalui Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengajak masyarakat untuk berwisata ke Raja Ampat.

Gerakan ini diharapkan dapat mendukung percepatan pemulihan sektor pariwisata di Tanah Papua. “Saya mengajak kita semua untuk berwisata ke Raja Ampat, yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya,” ujar Ma’ruf Amin saat membuka acara Raja Ampat e-Festival secara virtual, Senin (28/6).

Bagaimanapun, di tengah tren kenaikan kasus Covid-19, Ma’ruf juga mengingatkan agar masyarakat tetap waspada. “Berwisatalah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Di samping itu, Ma’ruf juga meminta agar para pelaku usaha dapat menyiapkan produk-produk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendukung pariwisata Raja Ampat. Di antaranya, produk souvenir khas Papua yang berkualitas dan sesuai dengan minat pasar.

Advertisement

Simak Databoks berikut: 

Selain itu, Ma’ruf juga meminta agar pengelola tempat wisata untuk menyiapkan sentra-sentra kuliner dengan konsep desain kekinian, namun tetap menunjukkan ciri khas budaya Papua serta memenuhi standar protokol kesehatan.

“Saya juga ingin mendorong agar destinasi-destinasi wisata menyediakan fasilitas bagi para pelancong muslim agar merasa nyaman dan betah. Seperti tempat solat dan makanan atau restoran halal,” ujar dia.

Penyelenggaraan Raja Ampat e-Festival seiring dengan pelaksanaan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Pemerintah bersama pemangku kepentingan menyusun rencana aksi dengan desain pembangunan berbasis Orang Asli Papua (OAP).

Selain Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia, terdapat pula Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang akan mendorong national branding produk lokal unggulan. “Sehingga dapat menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata dia.

Ia mengatakan, Gernas BBI terkait dengan program percepatan transformasi digital dan industri kreatif nasional. Program tersebut akan mendorong para pelaku UMKM masuk ke ekosistem digital. Ma’ruf mengatakan, pemerintah telah menyiapkan Peta Jalan Indonesia Digital 2021-2024, seperti program tol langit.

Menurutnya, program tol langit sangat penting di Papua dan Papua Barat karena bisa meningkatkan infrastruktur jaringan komunikasi dan informasi bagi masyarakat dan pelaku usaha. Harapannya, hal ini bisa menjadi modal bagi masyarakat sekitar untuk meningkatkan inovasi produk, memperluas pemasaran, hingga menumbuhkan ekonomi dan keuangan digital mereka.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait