Kasus Covid-19 Makin Tinggi, Hampir Semua Rumah Sakit di Jakarta Penuh

Cahya Puteri Abdi Rabbi
29 Juni 2021, 14:10
Seorang pekerja mengisi ulang tabung oksigen di salah satu gerai isi ulang oksigen medis di wilayah Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis, (25/6/2021). Seiring dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Jakarta, Kebutuhan isi ulang oksigen medis rumahan ala
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Seorang pekerja mengisi ulang tabung oksigen di salah satu gerai isi ulang oksigen medis di wilayah Manggarai, Jakarta Selatan, Kamis, (25/6/2021). Seiring dengan meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Jakarta, Kebutuhan isi ulang oksigen medis rumahan alami peningkatan.

Kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Di DKI Jakarta, jumlah pasien baru Covid-19 terus memecahkan rekor. Dampaknya, hampir semua rumah sakit rujukan Covid-19 di Ibu Kota penuh.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian tempat tidur rumah rakit rujukan pasien Covid-19 di DKI Jakarta mencapai 93%. Sementara tingkat keterisian ruang ICU pasien Covid -19 di ibu kota sebesar 87%.

"Namun kami terus meningkatkan dan mengupayakan penambahan tempat tidur dan ruang ICU, penambahan tenaga kesehatan, laboratorium, dan dukungan," kata Riza di Cikini, Jakarta Pusat, Senin (28/6).

Menurut Riza, yang penting saat ini bukan bagaimana Pemprov DKI menyediakan berbagai fasilitas untuk pasien Covid -19, tetapi mengoptimalkan penerapan protokol kesehatan oleh warga.

"Kita harus mulai dari hulu, diri sendiri, keluarga sendiri, untuk memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik, agar tak bertambah lagi jumlah kasus positif yang sudah sangat banyak ini," ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pertambahan kasus positif Covid-19 di Jakarta dalam dua hari terakhir melampaui 9.000-an kasus karena jumlah testing yang dilakukan Pemprov DKI sangat tinggi.

Penambahan kasus positif Covid-19 dua hari berturut-turut kembali mencetak rekor. Pada tanggal 26 Juni, penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 9.271 kasus. Kemudian pada 27 Juli, penambahan kasus positif sebanyak 9.394 kasus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Pingit Aria

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...