Fitur Baru WhatsApp, dari QR Code hingga Panggilan Grup

Dengan memindai QR Code, pengguna WhatsApp bisa menambah kontak tanpa perlu memasukkan nomor telepon secara manual.
Desy Setyowati
19 Desember 2018, 15:24
Fitur Baru WhatsApp, dari QR Code hingga Panggilan Grup
PXHERE.COM
Ilustrasi WhatsApp

Aplikasi chatting WhatsApp dikabarkan bakal merilis sederet fitur baru tahun depan. Fitur itu di antaranya, Quick Response (QR) unfuk menyimpan kontak, mode gelap, hingga pembaruan untuk panggilan grup.

Yang teranyar, Whatsapp merilis fitur mode Picture-in-Picture (PiP) untuk Android. Fitur ini memungkinkan pengguna menonton video dalam jendela obrolan (chat), tanpa membuka halaman atau aplikasi pihak ketiga. Fitur ini sudah diperkenalkan di Android dalam versi beta dan iOS.

"Pengguna tidak akan dialihkan ke halaman eksternal mana pun, jika ingin menonton video yang dikirim dalam obrolan dari YouTube, Facebook, Tumblr, Instagram dan lainnya," demikian dikutip dari Times Now News, kemarin (18/12).

Dalam waktu dekat, Whatsapp juga dikabarkan bakal merilis fitur pindai QR Code untuk menambahkan kontak. Menurut WaBetaInfo, fitur ini siap diluncurkan pada platform Android maupun iOS dalam waktu dekat.

Advertisement

(Baca: WhatsApp Tutup Ratusan Ribu Akun Jelang Pemilu di Brasil)

Fitur ini mirip dengan yang dimiliki Instagram bernama 'Nametag'. Di mana, pengguna Instagram bisa saling mengikuti dengan memindai kode QR pada 'Nametag' , tanpa perlu mengetik nama akun.

Selain itu, Whatsapp dikabarkan bakal merilis fitur pesan suara berturut-turut (consecutive voice messages). Melalui fitur ini, pengguna bisa menggunakan pesan suara tanpa harus mengunduh terlebih dulu. Pesan suara akan otomatis diputar dan secara berurutan.

Lalu, Whatsapp juga disebut-sebut tengah melakukan uji coba fitur mode gelap (dark mode) yang ramah untuk mata dan diklaim dapat menghemat masa pakai baterai. Ada juga pintasan panggilan grup (group call shortcut) yang  memungkinkan pengguna melakukan panggilan grup dengan lebih cepat.

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait