Pengiriman Paket Perusahaan Logistik Naik Dua Digit Sepanjang Ramadan

Desy Setyowati
20 Juni 2018, 17:49
Logistik e-commerce
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pekerja memilah paket barang di gudang logistik TIKI di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menjelang hari raya Idul Fitri, perusahaan-perusahaan jasa logistik kebanjiran order pengiriman paket. Salah satu penyebabnya adalah besarnya minat masyarakat berbelanja secara online.

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) mencatatkan kenaikan dua digit pada pengiriman barang sejak awal Ramadan hingga H-4 lebaran. "Yang pasti, naiknya lebih dari 30% sepanjang Ramadan, kalau dibanding hari normal," kata Chief Executive Officer (CEO) JNE Muhammad Feriadi kepada Katadata, Rabu (20/6).

Advertisement

Ia menduga, kenaikan pengiriman barang sepekan sebelum Hari Raya Idul Fitri, karena Tunjangan Hari Raya (THR) sudah cair. Pada saat itu, minat masyarakat berbelanja online pun meningkat. Alhasil, jasa logistik turut kebanjiran permintaan, mengingat mayoritas konsumen JNE adalah retail. "Konsumen kami adalah retaill dan korporasi. Yang retail, 50% itu dari e-commerce," ujarnya.

(Baca juga: Target Tumbuh 15%, DHL Express Fokus Garap Segmen E-Commerce

Tak hanya itu, masyarakat juga mulai berkirim hantaran atau parcel sepekan sebelum Ramadan. Biasanya, karena yang bersangkutan tidak bisa pulang ke kampung halaman sehingga mengirimkan barang untuk kerabat.

Setelahnya, pengiriman barang mulai berkurang selama masa libur lebaran. "Menurun karena sudah banyak kantor yang tutup," kata Feriadi.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement