11.11 dan Promo Rutin Tanggal Cantik, Strategi Shopee Dominasi Pasar

Pingit Aria
11 November 2020, 06:00
Public Figure dan Pasangan Muda Tarra Budiman dan Gya Sadiqah saat mengikuti acara Media Gathering 7.7 Pesta Diskon Supermarket, Kamis (18/6).
shopee
Public Figure dan Pasangan Muda Tarra Budiman dan Gya Sadiqah saat mengikuti acara Media Gathering 7.7 Pesta Diskon Supermarket, Kamis (18/6).

Shopee telah menjadi marketplace dengan jumlah kunjungan per bulan terbanyak di Indonesia sejak kuartal IV 2020, menurut data iPrice. Seolah ingin memantapkan posisinya, Shopee kemudian rutin menggelar kampanye promosi setiap bulan sejak Februari lalu.

Nama program juga disesuaikan dengan waktu dan barang yang dipromosikan, seperti 2.2 Men Sale, 3.3 Fashion Sale hingga yang akan datang, 11.11 Big Sale. Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja menjanjikan promo yang digelarnya akan semakin besar mendekati akhir tahun.

Apalagi, ada perubahan perilaku masyarakat yang semakin terbiasa belanja online selama pandemi. “Untuk itu, kampanye-kampanye yang kami hadirkan ini berupaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut,” ujarnya.

Banyaknya program promosi itu mendongkrak omzet atau gross merchandise value (GMV) hingga 109,9% yoy menjadi US$ 8 miliar atau Rp 118,8 triliun di delapan negara. Transaksi ini berdasarkan operasional Shopee di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan, dan Brasil.

Simak Databoks berikut:

Bagaimana strategi Shopee untuk mempertahankan posisinya di Indonesia yang menjadi pasar utama di Asia Tenggara? Dalam wawancara pada Jumat, 16 Oktober 2020 lalu,  Handhika menyampaikan banyak hal, termasuk dampak pandemi yang mengubah kebiasaan belanja masyarakat. Berikut petikannya:

Setelah tak henti menggelar kampanye sejak Februari, Shopee kini menyiapkan 11.11 Big Sale. Sebenarnya apa sih yang membedakan pesta belanja kali ini dengan sebelumnya?

Selama pandemi, kami memahami adanya perubahan perilaku masyarakat untuk memenuhi kebutuhan secara online. Untuk itu, kampanye-kampanye yang kami hadirkan ini berupaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut.

Kampanye 11.11 Big Sale kali ini akan berlangsung hingga 11 November 2020 dan menawarkan berbagai penawaran super selama 30 hari berturut-turut yang bertujuan untuk memberikan kemudahan dan menaikkan daya beli masyarakat di tengah masa sulit ini.

Selain ada Gratis Ongkir melalui COD (Cash on Delivery), Pasti Diskon 50% untuk berbagai produk, ada juga ShopeePay Deals untuk secara contactless di merchant-merchant pilihan seperti Burger King, Fore Coffee dan Alfamart hanya dengan Rp 1 mulai dari 1-11 November 2020.

Boleh kasih bocoran, apa yang disiapkan untuk 12.12 nanti?

Kami menghadirkan kampanye belanja online yang didasari kebutuhan dan preferensi yang berbeda dari setiap individu pada masyarakat. Pastinya, seperti tahun-tahun sebelumnya, kami akan menghadirkan festival belanja online akhir tahun dengan berbagai kejutan spesial untuk memenuhi kebutuhan para pengguna setia Shopee.

Pandemi Covid-19 membuat belanja online menjadi bagian dari normal baru. Mungkin bisa sharing lonjakan transaksi di Shopee seperti apa gambarannya?

Dari segi transaksi, Shopee mencatatkan pencapaian lebih dari 260 juta transaksi selama kuartal II, dan jika dirata-rata dalam sehari Shopee berhasil mencatatkan lebih dari 2,8 juta transaksi. Jika dibandingkan kuartal II 2019, Shopee mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari 130% kala pandemi.

Hal ini menjadi indikator positif bagi industri e-commerce yang terbukti tetap bisa menjadi penyokong kebutuhan masyarakat selama masa pandemi serta tetap menggerakkan roda ekonomi di tengah masa pandemi.

Shopee
Shopee (Shopee)

Bagaimana dengan perubahan perilaku konsumen, misalnya barang yang banyak dibeli saat pandemi?

Pada puncak kampanye 9.9 Super Shopping Day yang berlangsung 9 September 2020, kami melihat bahwa kategori Perawatan & Kecantikan menjadi kategori produk paling populer terlebih karena masyarakat Indonesia kini memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan perawatan diri di rumah.

Selain itu, secara spesifik, pengguna pria aktif berbelanja masker. Makanan kemasan menjadi paling favorit di kalangan wanita, sejalan dengan bermunculannya usaha bisnis online baru dari rumah dan para pelaku UMKM lokal yang sedang berkembang ini melengkapi kebutuhan bisnis online mereka melalui Shopee.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...