Tempat Wisata Alam Ranca Upas Bandung

Image title
8 Juni 2021, 16:25
Alternatif tempat wisata alam lain, selain tempat wisata alam Ranca Upas Bandung
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj.
Alternatif tempat wisata alam lain, selain tempat wisata alam Ranca Upas Bandung.

Berwisata di tempat yang dekat dengan alam menjadi tren baru di kalangan masyarakat. Kini banyak sekali pengembagan pariwisata yang memanfaatkan kearifan lokal, salah satunya dengan pengembangan wisata alam.

Sudah banyak daerah yang mencoba peruntungan dengan membuka tempat wisata dengan memanfaatkan kekayaan alam yang dimilikinya. Salah satunya terletak di Bandung yakni wisata alam Ranca Upas Bandung.

Bagi yang tinggal di Bandung mungkin tempat wisata ini tidak asing. Namun untuk mereka yang berasal dari daerah lain dan belum mengetahui tentang Ranca Upas, ada baiknya menyimak penjelasan berikut ini.

Tempat Wisata Alam Ranca Upas Bandung

Ranca Upas merupakan destinasi wisata alam yang banyak digemari masyrakat Bandung maupun yang berasal dari luar kota itu. Tempat ini berada di Jalan Raya Ciwidey-Patengan, Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Ranca Upas sering disebut pula sebagai Kampung Cai. Tempat wisata Ranca Upas merupakan bumi perkemahan yang berada di ketinggian 1.700 mdpl dengan luas area kurang lebih 215 hektare. Di ketinggian ini, suhu di sana cukup dingin. Pada siang hari, suhu di bumi perkemahan ini 17 - 20 derajat celcius, dan malamnya bisa 0 derajat celcius.

Seperti tempat wisata alam lainnya, Ranca Upas menyajikan pemandangan asri khas daerah pegunungan dengan pepohonan rindang dan hijau serta bukit-bukit yang indah. Jika beruntung, Kamu juga dapat menyaksikan kabut di pagi sekitar pukul 05.00-07.00 WIB. Kabut yang menutupi lapangan luas menjadi daya tarik tersendiri.

Kabut tebal yang muncul di pagi hari membuat udara di tempat tersebut semakin segar. Banyak wisatawan yang menjadikan kabut sebagai objek foto, terlebih saat cahaya matahari mulai menembus kabut, hasil jepretan foto semakin indah dan dramatis.

Ranca Upas juga dikelilingi kawasan hutan lindung. Tempat tersebut pun memiliki banyak keanekaragaman flora dan fauna. Beberapa flora ini di antaranya pohon huru, pohon hamirug, puspa, pasang, kurai, kitambang, dan kihujang. Sementara fauna di tempat mulai dari jenis burung sampai satwa jinak lain.

Pengelola dari bumi perkemahan Ranca Upas Bandung ini adalah Perhutani KPH Bandung Selatan yang menjadi bagian dari Perhutani Unit III Jawa Barat sehingga secara resmi, tempat wisata alam Ranca Upas ini merupakan tempat wisata milik negara dengan pengelolanya adalah Perhutani.

Tempat ini cocok untuk wisatawan yang datang bersama keluarga atau para pemuda yang datang untuk camping bersama dengan teman-teman. Tempat ini juga cocok untuk dijadikan bumi perkemahan sekolah-sekolah. Namun saat ini aktivitas di tempat wisata ini banyak pembatasan.

Di tengah pandemi seperti ini, sebenarnya tempat wisata alam Ranca Upas Bandung tetap buka. Akan tetapi segala aktivitas yang terdapat di tempat wisata tersebut harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Beberapa peraturan terbaru yang terdapat di tempat wisata tersebut diantaranya:

  1. Lokasi wisata dibuka terbatas yakni dengan jam operasional mulai dari pukul 06.00 sampai pukul 17.00 WIB saja.
  2. Kapasitas pengunjung dibatasi. Pengunjung paling banyak hanya 50% dari kapasitas pengunjung yang ada di Ranca Upas.
  3. Kegiatan camping atau kemah di tempat tersebut tetap dapat dilakukan baik secara individu atau keluarga dengan syarat kapasitasnya hanya 50% dan melaporan kepada satgas penganggulangan Covid-19 dari kecamatan setempat.
  4. Acara atau event yang menimbulkan kerumunan banyak orang tidak boleh dilaksanakan.
  5. Untuk aktifitas camping yang sidatnya komunitas diberhentikan untuk sementara waktu.

Peraturan tersebut terbit pada 10 Maret 2021 yang lalu dan dapat berubah menyesuaikan situasi dan kondisi yang ada saat ini. Pengelola tempat wisata Ranca Upas meminta para pengunjungi untuk dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik selama di tempat wisata tersebut dan mematuhi seluruh peraturan yang berlaku demi kebaikan bersama.

Akses Masuk Tempat Camping di Wisata Alam Ranca Upas Bandung

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa Ranca Upas sering kali dijadikan sebagai tempat camping atau berkemah. Untuk sampai di tempat camping yang ada di wisata ini cukup mudah. Akses masuk tersebut dapat dilalui dari Jalan Provinsi Ciwidey Rancabali, setelah akan melewati pintu gerbang kawah putih dan Emte Highland resort.

Dari gerbang utama tersebut akses masuk kurang lebih sekitar 200 meter dan dapat diakses menggunakan kendaraan roda dua sampai roda enam. Akses mudah tersebut membuat siapa saja dapat masuk dan mengunjungi Ranca Upas khususnya tempat untuk camping-nya.

Mungkin karena ini banyak wisatawan dari luar kota yang datang. Mereka kebanyakan dari kota besar seperti Jakarta karena penasaran dengan suasana pegunungan yang asri dan nyaman.

Banyak pula wisatawan dari luar negeri ke Bandung dan mampir ke tempat wisata ini. Namun di era pandemi, penurunan jumlah wisatawan khususnya dari mancanegara cukup signifikan. 

Harga Tiket Wisata Alam Ranca Upas Bandung

Tiket masuk Ranca Upas beberapa kali berubah. Update terakhir pada Mei 2021, harga tiketnya Rp 22.000 / orang untuk wisatawan dalam negeri. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara atau luar negeri tiket masuknya Rp 44.000 / orang.

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk wahana yang ada didalamnya. Jika hendak menikmati wahana seperti kolam renang, kamu harus membayar Rp 22.000. Sementara bila ingin mengajak anak-anak bermain di kid zone, biaya tambahan yang harus dibayarkan Rp 10.000.

Untuk camping di tempat ini tiketnya Rp 11.000 / orang / malam. Harga tersebut belum termasuk penyewaan tenda. Sewa tendanya bervariasi mulai dari Rp 150.000 sampai Rp 750.000. Perbedaan harga tersebut didasarkan pada kapasitas tenda.

Untuk tenda berkapasitas tiga orang dibanderol Rp 150.000, kapasitas empat orang Rp 250.000, kapasitas tujuh orang Rp 300.000, kapasitas 10 orang Rp 400.000, kapasitas 20 orang Rp 500.000, dan untuk harga termahal yakni Rp 750.000 berkapasitas 40 orang. Walaupun terlihat mahal, tenda-tenda yang disewakan memiliki kualitas yang terjaga dengan baik.

Bila tidak membawa perlengkapan camping seperti matras, sleeping bag, lampu tenda, dan lain sebagainya, Kamu juga dapat menyewa. Tentu saja penyewaan perlengkapan camping tidak masuk dalam penyewaan tenda.

Kamu harus membayarkan sejumlah uang ketika hendak menyewa perlengkapan camping. Harga sewa untuk perlengkapan camping tergantung dari perlengkapan yang disewa, harga sewa berkisar mulai dari Rp 10.000 sampai Rp 100.000. Harga sewa tersebut tentu sudah disesuaikan dengan kualitas dari perlengkapan disewakan di tempat tersebut.

Fasilitas dan Wahana di Tempat Wisata Alam Ranca Upas Bandung

Walaupun terlihat mahal, namun fasilitas yang akan Kamu dapatkan sangatlah banyak. Setidaknya ada 16 fasilitas yang disediakan pengelola untuk para pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi masjid dan mushala, kantor informasi, gazebo, kamar mandi, warung makan, bumi perkemahan, dan beberapa wahana yang dapat kamu kunjungi.

Dari sekian banyak wahana yang terdapat di wiaata alam Ranca Upas Bandung terdapat dua wahana baru yakni "iglo camp" dan "bobocabin".

1. Iglo Camp

Iglo camp merupakan tempat menginap atau camping denga fasilitas yang tersedia berupa kasur tempat tidur, welocme drink, air mineral, alat mandi, dan pada saat bulan Ramadan yang lalu, iglo camp juga menyediakan fasilitas takjil gratis bagi yang menginap disana.

2. Bobocabin

Bobocabin merupakan hotel kapsul yang memberikan kenyaman bagi para wisatawan yang menginap di sana. Hotel ini dikemas secara modern sehingga sangat sesuai dengan selere masyarakat. Bobocabin sebenarnya merupakan produk dari bobobox yang sudah banyak hadir di beberapa kota besar seperti Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Tangerang, Surakarta, dan beberapa kota besar lainnya. Ranca Upas menjadi salah satu tempat yang memiliki bobocabin produk dari bobobox.

Penambahan wahana wisata baru menjadi salah satu bukti keseriusan dari pengelola untuk meningkatkan pelayanan yang ada di tempat wisata tersebut. Selain kedua fasilitas wahana baru, Kamu dapat menikmati wahana lama yang sudah menjadi favorit banyak wisatawan. Di antaranya adalah flying fox, menunggangi kuda, kid zone, kolam renang, tempat camping atau bumi perkemahan, tempat penangkaran rusa, padang savana, rawa, dan tempat-tempat lain yang memiliki spot foto instagramable.

Wisata alam Ranca Upas juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk hunting foto. Baik itu hunting foto untuk koleksi para pecinta fotografi maupun foto untuk berbagai kepentingan seperti prewedding, foto buku akhir sekolah, dan keperluan foto lainnya. Pemandangan yang indah dan didukung dengan fasilitas yang memadai membuat siapa saja yang datang ke tempat ini merasa nyaman dan ingin kembali mengunjungi tempat wisata alam Ranca Upas Bandung.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait