11 Cara Cek Tagihan BPJS dengan Mudah dan Cepat

Siti Nur Aeni
6 Juli 2021, 16:05
11 Cara Cek Tagihan BPJS Dengan Mudah dan Cepat
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Ilustrasi cara cek tagihan BPJS Kesehatan secara online

Cek tagihan BPJS mungkin menjadi kebiasaan baru sebagian masyarakat. Sebab, sudah banyak orang yang memiliki asuransi pemerintah ini. BPJS Kesehatan adalah sebuah lembaga atau badan publik yang menyelenggarakan program jaminan kesehatan.

BPJS Kesehatan menjadi salah satu jaminan kesehatan nomor dua terbanyak yang dimiliki masyarakat. Lalu, ada beberapa layanan kesehatan yang bisa menggunakan BPJ Kesehatan, di antaranya:

  1. Layanan kesehatan pada tingkat pertama, seperti layanan kesehatan non-spesifik.
  2. Layanan kesehatan rujukan tingkatan lanjut atau rumah sakit yang meliputi layanan rawat jalan dan rawat inap.
  3. Layanan bersalin. Layanan ini bisa dilakukan di fasilitas kesehatan pada tingkat pertama maupun tingkat lanjut. Namun, layanan ini hanya sampai pada anak ketiga tanpa menghitung anak yang hidup atau meninggal.
  4. Layanan ambulance. Ini untuk pasien yang membutuhkan rujukan ke faskes atau fasilitas kesehatan lain.
  5. BPJS Kesehatan juga bisa digunakan pada hampir seluruh jenis penyakit. Bukan hanya biaya pengobatan atau rawat inap yang ditanggung, begitu juga biaya operasi.  Beberapa penyakit yang di tanggung BPJS diantaranya; jantung, kanker, stroke, hipertensi, tumor, leukimia, diabeter melitus, asma, bronkitis, gagal ginjal, dan beberapa penyakit lainnya.

Manfaat Berlangganan BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah dan merupakan layanan asuransi yang bisa diakses masyarakat dengan lebih terjangkau. BPJS Kesehatan ternyata memberikan berbagai manfaat, diantaranya:

1. Semua penyakit ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Manfaat pertama yang akan Anda rasakan ketika menggunakan layanan BPJS kesehatan adalah seluruh penyakit ditanggung layanan ini. Anda juga akan mendapatkan fasilitas kesehatan sesuai dengan kelas BPJS kesehatan yang anda miliki. Pedoman tentang pelayanan JKN ini tertuang dalam Permenkes Nomor 28 Tahun 2014 yang menyebutkan bahwa seluruh jenis penyakit akan di tanggung oleh BPJS.

2. Iuaran yang dibayarkan bisa menyesuaikan dengan kemampuan anda

Ada beberapa kelas yang biaya iuarannya berbeda-beda. Anda bisa memilih kelas yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anda. Bpjs kesehatan juga merupakan asuransi yang relatif terjangkau. Hal tersebut dikarenakan terdapat subsidi silang dari pemerintah yang membuat biayanya lebih mudah dibandingkan jenis asuransi lainnya.

3. Jaminannya seumur hidup

Biasanya premi asuransi ada batas waktunya, tergantung dari kebiajakan perusahaan pengelola. Namun untuk BPJS kesehatan jaminannya seumur hidup dengan syarat anda harus menunuhi kewajiban dan patuh pada ketentuan yang berlaku.

4. Akses pembayaran bisa dilakukan dengan mudah

Keuntungan lainnya yang dimiliki oleh BPJS kesehatan adalah akses pembayarannya yang sangat mudah. Bpjs sudah bermitra dengan berbagai bank, e-cpmmerce, dan e-wallet sehingga bisa mempermudah akses pembayaran biaya jaminan kesehatan tersebut. Anda juga bisa membayar iauran BPJS melalui kantor pos terdekat atau datang langsung ke kantor BPJS terdekat.

Tarif BPJS Kesehatan

BPJS Kesehatan ini tidaklah gratis, seperti asuransi jiwa lainnya, bagi anda yang ingin memiliki jaminan kesehatan ini ada iuran wajib yang harus anda bayarkan setiap bulannya. Menurut Pepres Nomor 64 Tahun 2020 ada beberapa kelas dari BPJS beserta dengan nominal iuaran yang berbeda-beda. Berikut rincian lengkapnya:

Tarif untuk peserta mandiri pekerja bukan penerima upah atau PBPU dan bukan pekerja BP:

  1. Kelas 1 : Rp 150 ribu
  2. Kelas 2 : Rp 100 ribu
  3. Kelas 3 : Rp 35 ribut

Tarif untuk penerima upah atau PPU atau keryawan

  1. Karyawan membayar 1 persen dari total gaji
  2. Perusahaan membayar 4 persen dari total gaji karyawan
  3. Batas atas atau gaji maksimal yang dihitung rp 12 juta

Tarif untuk penerima bantuan iuran atau PBI

Iuaran BPJS Kesehatan akan dibayarkan oleh pemerintah sebesar Rp 42 ribu.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan

Untuk mengetahui tarif BPJS Kesehatan yang kita miliki, bisa cek tagihan BPJS kesehatan melalui beberapa cara berikut ini.

Cek Melalui Web Resmi BPJS

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan yang pertama adalah melalui website resmi dari BPJS. Langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke web BPJS melalui browser yang terpasang di handphone atau gadget yang anda miliki.
  2. Pilih menu “cek iuran”
  3. Isi data yang dibutuhkan seperti nomor kartu BPJS kesehatan, tanggal lahir, dan kode keamanan atau cptcha.
  4. Lanjutkan dengan klik “cek”.
  5. Tunggu sampai proses loading selesai dan lihat pada layar akan memunculkan daftar lengkap tagihan yang harus anda bayarkan termasuk denda jika memang ada keterlambatan pembayaran.

Cek Melalui Aplikasi JKN Mobile

Selain memalui website resmi dari bpjk kesehatan, anda juga bisa cek tagihan BPJS menggunakan aplikasi jkn mobile. Cara cek tagihan BPJS online ini sebagai berikut:

  1. Unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi JKN Mobile pada ponsel pintar yang anda gunakan.
  2. Buka aplikasi JKN Mobile yang sudah terpasang pada ponsel pintar kemudian masuk dengan menggunakan nomor BPJS Kesehatan yang anda miliki.
  3. Lalu klik fitur “cek tagihan” dan pilih premi untuk mengetahui berapa tagihan yang harus anda bayarkan. Bukan hanya tagihan, disana juga akan ada informasi seputar denda yang harus anda bayarkan jika memang ada keterlambatan.

Tidak hanya digunakan sebagai cara cek tagihan BPJS kesehatan saja, JKN Mobile juga hadir dengan berbagai fitur menarik lainnya yang sangat membantu para pelanggan BPJS. Misalnya saja fitur untuk mengubah kelas atau fasilitas kesehatan yang ingin di tuju. Ada juga fitur konsultasi dengan dokter secara online. Aplikasi ini bisa digunakan untuk semua jenis ponsel pintar baik android maupun iOS.

Cek Melalui SMS Gateway

Cek tagihan BPJS selanjutnya bisa dengan menggunakan SMS Gateway. Cara ini bisa dilakukan jika anda sedang tidak terkoneksi dengan jaringan internet. Kamu bisa mengirimkan pesan ke nomor 08777-5500-400 dengan mengirimkan data diri berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA). Pilih salah satu saja untuk mengetahui berapa tagihan BPJS kesehatan yang harus anda bayarkan.

Untuk menggunakan sms gateway ada formatnya yaitu ketik Tagihan (spasi) NOKA atau NIK. Setelah mengirimkan SMS dengan format tersebut, anda akan mendapatkan infromasi seputar layanan BPJS kesehatan yang anda miliki seperti tagihan yang harus dibayar dan jumlah denda jika ada ketelambatan.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...