Brown Canyon, Area Pertambangan yang Menjadi Objek Wisata

Image title
23 Agustus 2021, 12:40
Wisata Brown Canyon yang terletak di Kota Semarang
Raynald Santika/Wikipedia
Wisata Brown Canyon yang terletak di Kota Semarang

Brown Canyon merupakan salah satu spot foto populer di Semarang. Nama Brown Canyon digunakan karena daerah tersebut mirip dengan tebing Grand Canyon di Amerika Serikat. Namun, Brown Canyon berukuran jauh lebih kecil dan tidak terbentuk secara alami seperti Grand Canyon.

Sebelum menjadi tempat wisata di Semarang, Brown Canyon berfungsi sebagai daerah pertambangan lokal yang telah ada satu dekade. Pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar memanfaatkan lokasi tersebut untuk menambang pasir dan batu. Seiring berjalannya waktu, bukit-bukit tersebut berubah menjadi semakin unik dan tampak seperti miniatur dari Grand Canyon.

Advertisement

Lokasi Brown Canyon berada di lingkungan proyek penambangan yang Berada di Desa Rowosari, masuk dalam Kecamatan Tembalang. Banyak wisatawan yang datang ke sana untuk berfoto.

Terdapat beberapa tebing buatan yang menjulang sehingga menarik sebagai latar foto. Ada pula genangan air bekas penggalian yang dapat dijadikan objek potret. Namun, pengunjung perlu berhati-hati karena area pertambangan ini masih aktif.

Banyak truk yang melintas serta alat-alat berat yang digunakan untuk mengikis tebing. Pengunjung harus waspada dan tidak boleh sembarangan berjalan atau naik ke bukit karena sangat berbahaya.

Kondisi Area Sekitar Brown Canyon

Sebagai area pertambangan, Brown Canyon memiliki permukaan tanah yang kasar dan berbatu. Area tersebut merupakan bukit yang semula rata dan tinggi dengan berbagai macam flora dan fauna di dalamnya.

Namun, aktivitas pertambangan terus mengikis bukit selama bertahun-tahun. Skripsi Putri Dewi Iswanti menyebutkan, kegiatan penambangan tersebut pertama kali dilakukan secara tradisional dengan menggunakan alat yang sederhana seperti palu, godem, dan cangkul pada tahun 1980.

Kerusakan lahan di Kelurahan Rowosari semakin meningkat seiring aktivitas penambangan dengan area yang semakin luas dengan alat-alat atau kendaraan-kendaraan berat. Akibatnya, kerusakan ekosistem mengubah tanah menjadi tandus, krisis air bersih, dan polusi udara karena debu yang dihasilkan aktivitas penambangan. Tanah yang terkikis menjadikan area tersebut rawan longsor sehingga menyebabkan kerusakan jalan.

Rute Menuju Brown Canyon

Untuk menuju Brown Canyon, wisatawan hanya perlu menuju Kecamatan Tembalang dan setelahnya mencapai Desa Rowosari. Jika Anda datang dari Bandara Internasional Ahmad Yani, ambillah jalan Semarang - Purwodadi untuk perjalanan lebih cepat. Sebagai informasi, jaraknya sekitar 18,9 kilo meter, sehingga perjalanan bisa memakan waktu sekitar 43 menit.

Selain itu, pengunjung dapat mengunjungi Brown Canyon dengan melewati Pasar Meteseh yang ditempuh dari Tembalang-Kedungmundu. Sementara untuk rute Brown Canyon dari timur Semarang dapat ditempuh melalui jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng), kemudian belok kiri menuju Perumahan Klipang, dan menuju lokasi Klipang Golf.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement