10 Wisata Semarang Menarik yang Perlu Anda Kunjungi

Semarang ramai didatangi pelancong. Ada banyak tempat wisata Semarang yang bisa Anda kunjungi saat berada di daerah ini. Berikut ini daftarnya.
Image title
21 Agustus 2021, 20:15
10 Wisata Semarang yang Wajib Anda Kunjungi
KATADATA/NUNUNG AHNIAR
Lawang Sewu, salah satu objek wisata sejarah di Kota Semarang, Jawa Tengah. Lawang Sewu dahulu merupakan kantor jawatan kereta api Belanda atau Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij.

Semarang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. Sebagai ibu kota, Semarang menjadi kota yang ramai dikunjungi. Tidak hanya sebagai pusat pemerintahan, Kota Semarang juga menjadi destinasi wisata banyak orang baik dari berbagai daerah.

Tempat Wisata di Semarang

Ada banyak tempat wisata Semarang yang bisa dikunjungi saat di daerah ini. Melansir dari javatravel.net, berikut ini beberapa tempat wisata tersebut.

1. Wisata Jembatan Harapan

Lokasi Jembatan Harapan ada di Jalan Puri Anjasmoro, Tawangsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Di tempat ini Anda bisa menikmati suasana Kota Semarang dengan berjalan kali sembari menkmati jajanan yang dijual di sekitar lokasi tersebut. Anda bisa mencoba berbagai kuliner lezat dengan harga yang terjangkau.

2. Lembah Kalipancur

Destinasi wisata selanjutnya di Semarang bernama Lembah Kalipancur. Tempat wisata ini mengusung konsep wisata di pedesaan dengan berbagai fasilitas seperti kolan berenang, kandang rusa, sepeda air, dan fasilitas penunjang lainnya. Di sini Anda juga bisa menikmati kuliner khas dari bahan utama ikan tawar yang lezat. Lokasi Lembah Kalipancur di Jalan Rsaya Kalipancur, Manyaran, Kecamatan Ngaliyan, Semarang.

3. Masjid Kapal Semarang

Wisata Semarang selanjutnya mengusung tema wisata religi. Seperti masjid pada umumnya, Masjid Kapal Semarang masih berfungsi sebagai tempat ibadah, hanya saja karena bentuk arsitekturnya yang unik menjadikan tempat ini banyak kunjungi sebagai destinasi wisata.

Masjid ini memiliki empat lantai. Lantai pertama digunakan untuk acara pertemuaan. Lantai kedua dan ketiga untuk ibadah seperti sholat, mengaji, dan aktivitas ibadah lainnya. Sedangkan lantai paling atas untuk melihat pemandangan yang ada di sekitar masjid tersebut. Lokasi masjid di Jl. Kyai Padak, Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Semarang.

4. Wisata Pantai Maron

Bagi yang senang dengan wisata alam terutama pantai, Semarang juga menghadirkan pantai yang tak kalah indah dengan daerah lainnya. Pantai Maron ini ada di Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Lokasinya cukup strategis, membuat tempat wisata di Semarang ini banyak dikunjungi.

Terlebih lagi pemandangan indah dengan tumbuhan mangrove yang ada di sekitarnya membuat suasana asri di lokasi ini semakin terasa. Di sini juga ada beberapa spot foto menarik sebagai latar belakang yang instagramable. Ketika lelah berjalan di sekitar pantai, ada gazebo di sana untuk istirahat sejenak.

5. Pantai Baruna

Selain Pantai Maron, di Semarang ada pantai yang tak kalah indahnya, yaitu Pantai Baruna. Area pinggir pantai langsung mengarah ke laut lepas jadi . Anda yang senang berwisata di daerah pantai, tempat ini cocok untuk dikunjungi. Ada suasana segar khas daerah pantai dengan desiran ombak dan pemandangan laut biru. Lokasi Pantai Baruna di Pelabuhan Mas, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara.

6. Waduk Jatibarang

Di Waduk Jatibarang, Anda tidak hanya bisa menikmati pemandangan air waduk yang indah, tapi juga bisa menikmati fasilitas wisata yang seru seperti speedboat, memancing, dan beberapa kegiatan lainnya. Ketika datang sore, Anda bisa mendapatkan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Tempat wisata ini ada di Jl. Jatibarang, Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang.

7. Lawang Sewu

Tempat wisata Semarang ini sudah sangat populer. Bahkan, Lawang Sewu disebut-sebut sebagai ikon kota ini. Lawang Sewu merupakan bangunana peninggalan Belanda dengan arsitektur khas Eropa. Di sini bisa berfoto-foto sembari menikmati wisata sejarah. Tempatnya sangat strategis karena di tengah kota, tepatnya di Jl. Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Anda bisa datang dengan menggunaan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

8. Klenteng Sam Poo Kong

Selain lawang sewu, destinasi wisata andalan Semarang lainnya yaitu Sam Poo Kong. Tempat ini merupakan peninggalan budaya Cina yang masih berdiri gagah di kota ini. Luas tempatnya sekitar 3,8 hektare dengan pemandangan yang indah. Selain itu, arsitektur khas Negeri Panda menjadikan tempat ini semakin banyak diminati. Lokasinya di Jl. Simongan Nomor 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

9. Kota Lama Semarang

Wisata Semarang ini juga menjadi favorit banyak turis. Di sini bisa ditemukan bangunan megah peninggalan masa kolonial. Pas untu berfoto ria dan menikmati pemandangan yang tak bisa. Kota Lama ada di Jl. Letjen Suprapto No. 31, Tanjung Mas, Semarang Utara. Lokasi tersebut sangat strategis, bahkan jika ke Semarang menggunakan kereta tujuan Stasiun Semarang Tawang, Anda cukup berjalan kaki sebentar untuk ke tempat ini.

10. Museum Kereta Api Ambarawa

Lokasi Museum Kereta Api Ambarawa di Jl. Panjang Kidul No. 1, Panjang Kidung, Pajang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Di sini anda bisa melihat beragam jenis kereta yang digunakan di Indonesia. Selain itu, Anda bisa melihat kereta uap peninggalan masa kolonial yang bersejarah. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak. Selain berlibur, anak anda bisa belajar mengenal beragam jenis kereta.

Itulah beberapa rekomendasi destinasi wisata Semarang yang hits dan menyenangkan. Saat berkunjung ke tempat-tempat tersebut jangan lupa untuk mengenakan masker dan menaati protokol kesehatan yang berlaku.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait