Liburan ke Museum Kereta Api Ambarawa yang Bersejarah dan Instagramble

Siti Nur Aeni
23 Agustus 2021, 13:30
Salah satu spot foto di Museum Kereta Api Ambarawa
instagram.com/ambarawa_railways
Salah satu spot foto di Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa masuk dalam destinasi wisata Semarang. Banyak pengunjung saat libur tiba di sana. Museum ini ternyata tidak hanya unik dari segi arsitektur, juga memiliki cerita sejarah di baliknya.

Sejarah Museum Kereta Api Ambarawa

Melansir dari cagarbudaya.kemdikbud.go.id, sebelum menjadi museum bersejarah, tempat ini berfungsi sebagaimana stasiun kereta api pada umumnya. Stasiun Ambarawa dahulu dikenal dengan nama Stasiun Wilem I, diresmikan oleh pemerintah Hindia Belanda pada 21 Mei 1878.  Awalnya, stasiun ini untuk kelancaran mobilitas militer dari daerah Semarang ke Benteng Wilem I di daerah Ambarawa.

Pembangunan stasiun dan jalur kereta di Ambarawa ini dilakukan oleh perusahaan Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Jalur kereta pada stasiun ini yaitu dari Semarang – Kedungjati – Ambarawa. Jalur tersebut masih aktif sampai 1 Juni 1970. Kemudian, jalur tersebut terpaksa ditutup karena tidak bisa bersaing dengan mode transportasi yang melalui jalan raya.

Tanggal 9 April 1976, Stasiun Ambarawa resmi menjadi museum. Peresmian dilakukan oleh Supardjo Rustam salaku Gubernur Jawa Tengah pada tahun tersebut. Museum ini kemudian digunakan untuk menyimpan koleksi yang berkaitan dengan kereta api dan menjadi salah satu wisata sejarah di Semarang.

Fasilitas Wisata di Museum Kereta Api Ambarawa

Ketika ingin merasakan sensai berlibur sembari belajar, Museum Kereta Api di Ambarawa ini bisa menjadi pilihannya. Ada banyak fasiltas menarik yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke tempat wisata ini. melansir dari javatrevel.net, fasilitas di tempat wisata semarang ini antara lain;

  1. Koleksi lokomitif uap
  2. Koleksi benda antik
  3. Tur wisata edukasi
  4. Koleksi buku
  5. Area parkir luas
  6. Spot foto dengan tema vintage

Lokasi dan Rute Menuju Museum Kereta Api di Ambarawa

Bagi anda yang sedang berkunjung ke Semarang, anda bisa mengunjungi tempat wisata populer ini. Lokasi Museum Kereta Api ini ada di Jl. Panjang Kidul, Kecamatan Ambarawa, Semarang. Letaknya sangat strategis. Jika berangkat dari pusat Kota Semarang, Anda hanya akan menempuh jarak sekitar 41 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 53 menit. Rutenya melalui Tembalang – Ungaran serta Ungaran menuju Bawen.

Bila berangkat dari Bandara Ahamad Yani, Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan dengan melewati arah Semarang – Surakarta menuju museum bersejarah tersebut. Apabila berangkat dari Yogyakarta, Anda bisa melewati jalan ke arah Kota Semarang kemudian ke daerah Tugu Palaga Ambarawa.

Sementara jika mengawali perjalanan dari Solo, Boyolali, Salatiga, Magelang, dan sekitarnya bisa melewati jalan ke arah Tugu Palaga Ambarawa kemudian melalui Jembatan Tuntang. Dari jembatan tersebut pilihlah jalan menuju arah kiri untuk sampai lokasi Museum Kereta Api Ambarawa.

Biaya Tiket di Wisata Museum Kereta Api Ambarawa

Masih melansir dari javatrevel.net, untuk biaya tiket di objek wisata ini terbagi menjadi beberapa kategori. Berikut ini rincian dari tiket di wisata sejarah ini.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...