10 Daftar Makanan Khas Jakarta yang Unik dan Patut Dicoba

Image title
29 Oktober 2021, 18:40
Kerak Telor makanan khas Jakarta yang melegenda
instagram.com/carikulinersolo
Kerak Telor makanan khas Betawi yang melegenda

Di zaman modern saat ini, di saat gempuran makanan dan budaya dari luar negeri tiba di Indonesia, makanan tradisional ternyata masih sangat diminati. Makanan khas daerah merupakan menu yang menjadi ciri khusus suatu kawasan. Suatu masakan atau kuliner memang menjadi identitas sebuah daerah di Tanah Air.

Masakan kuliner yang menjadi identitas biasanya memiliki rasa yang lezat. Alhasil banyak orang yang menyukai hidangan khas tersebut. Oleh sebab itu, tidak mengherankan di negara ini terdapat begitu banyak makanan khas daerah, salah satunya makanan tradisional khas Betawi di Jakarta.

Daftar Makanan Khas Jakarta 

Makanan-makanan tradisional masih memiliki pasar dan pelanggan yang setia untuk mengonsumsinya. Dikutip dari IDNTimes.com berikut rangkuman 10 makanan khas Jakarta yang bisa dicoba:

1. Semur Jengkol

Terdiri dari buah jengkol yang baunya sedikit menyengat namun fans dari sayur ini cukup banyak. Olahan santan yang menimbulkan minyak di permukaan selalu menggoda di kala lapar tiba. Olahan sayur ini sangat mudah ditemukan di warteg atau rumah makan di Jakarta dan sekitarnya.

2. Soto Betawi

Kuliner khas Betawi selanjutnya adalah Soto Betawi. Soto ini menjadi unik karena memiliki kuah kental yang membedakan dari soto dari daerah lainnya yang biasa menggunakan kuah bening. Salah satu ciri khas soto Betawi yakni adanya jeroan, bahkan mata dan torpedo sapi, serta emping.

3. Kerak Telor

Makanan khas Jakarta selanjutnya ada kerok telur. Sajian ini terdiri dari telur dihadapkan pada panas arang hingga jadi mirip kerak dan tampak agak gosong, lalu diberi bawang goreng dan serundeng. Makanan ini dapat dengan mudah ditemui di area umum seperti pagelaran seni dan festival.

4. Asinan Betawi

Selanjutnya, makanan khas Jakarta yaitu asinan. Namanya asinan betawi, terdiri dari kol, sawi, selada, dan taoge yang diasinkan. Makanan ini disajikan dengan campuran bumbu kacang, cuka, dan cabai.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...