4 Cara Membuat Minyak Kemiri untuk Rambut dengan Mudah dan Murah

Berikut cara membuat minyak kemiri untuk rambut dengan mudah dan murah serta bisa dilakukan di rumah.
Image title
1 November 2021, 19:30
Ilustrasi cara membuat minyak kemiri untuk rambut dengan mudah dan murah
Pixabay
Ilustrasi cara membuat minyak kemiri untuk rambut dengan mudah dan murah

Buah kemiri ternyata tidak hanya bisa digunakan sebagai konsumsi bumbu dapur saja, juga bisa untuk obat-obatan sebagai suplemen anggota tubuh. Salah satunya digunakan dalam bentuk ekstraksi dan menjadi minyak kemiri.

Produk minyak kemiri saat ini sudah banyak dijual secara umum di pasar. Namun jangan khawatir minyak kemiri bisa dibuat secara mudah dan ekonomis. Berikut cara membuat minyak kemiri untuk rambut dengan mudah dan murah bisa digunakan di rumah:

1. Proses Dipanggang
Cara membuat minyak kemiri pertama untuk rambut dengan memanggang. Caranya mudah, pertama, panaskan beberapa buah biji kemiri dalam oven selama 15 menit. Setelah itu, keluarkan dan diamkan pada suhu ruangan.

Kemudian, tumbuk biji kemiri. Kemudian, masukkan biji kemiri yang sudah ditumbuk dalam sebuah toples kaca. Jemur di bawah sinar matahari hingga minyak kemiri keluar (maksimal dua minggu), lalu simpan di kulkas.

Advertisement

2. Proses Dibakar
Cara membuat minyak kemiri untuk rambut kedua adalah dengan dibakar. Caranya dengan membakar beberapa buah biji kemiri sampai nampak kehitaman.

Kemudian, blender atau gerus kemiri menggunakan cobek sampai mengeluarkan minyak. Setelah itu, saring minyak menggunakan penyring kawat atau lap bersih untuk memisahkan minyak dengan ampas kemiri. Biasanya, kemiri yang dipanaskan terlebih dahulu sebelum dihancurkan akan menghasilkan minyak yang berwarna kehitaman.

 3. Proses Disangrai
Cara membuat minyak kemiri untuk rambut ketiga adalah dengan disangrai. Caranya dengan digoreng di wajan tanpa menggunakan minyak.

Cukup sangrai beberapa buah biji kemiri sampai berwarna kehitaman. Lalu, tumbuk atau blender sampai mengeluarkan minyak.
Saring dengan saringan kawat atau lap bersih untuk memisahkan minyak dengan ampas kemiri.

4. Proses Dihaluskan
selanjutnya adalah dengan dihaluskan yang menggunakan parutan atau blender. Caranya adalah dengan membersihkan beberapa buah biji kemiri, lalu parut atau blender dengan mencampurkan sedikit air putih (agar mudah diblender).

Kemudian, masak campuran minyak kemiri tersebut sampai menghasilkan minyak kemiri. Cara membuat minyak kemiri tanpa dipanaskan terlebih dahulu seperti langkah di atas akan menghasilkan hasil akhir yang lebih bening, tapi kuantitasnya lebih sedikit.

 Cara Memanfaatkan Minyak Kemiri untuk Rambut

Setelah mengerti cara mengolah minyak kemiri, kemudian adalah proses penggunanaannya di rambut kepala, dilansir dari SehatQ.com, berikut cara memanfaatkan minyak kemiri untuk kesehatan rambut kepala:

1. Menjadi Conditioner Rambut

Cara memanfaatkan minyak kemiri yang pertama adalah dengan menggunakannya sebagai conditioner rambut. Cara menggunakannya adalah dengan membasahi rambut dan gunakan sampo sesuai jenis rambut Anda seperti biasa. Bilas dengan air sampai bersih. Lalu, oleskan minyak kemiri ke seluruh helaian rambut bagian tengah hingga ujung rambut sebagai conditioner alami.

2. Menggunakan Sebelum Keramas

Cara memperoleh manfaat kemiri untuk rambut dan kulit kepala bisa dilakukan sebelum keramas. Cukup oleskan minyak kemiri pada helaian rambut dan kulit kepala, sebelum mencuci rambut.

3. Menjadi Masker Rambut

Untuk mendapatkan manfaat kemiri untuk rambut bisa digunakan sebagai masker rambut alami. Cara menggunakan, yaitu oleskan minyak kemiri ke seluruh helaian rambut dan kulit kepala, diamkan selama beberapa jam (atau bahkan semalaman). Setelah itu, cuci rambut seperti biasa menggunakan air dan sampo sampai bersih.

4. Bahan Perawatan Kulit Kepala

Pada tahap ini Anda juga bisa memperoleh manfaat dengan mengoleskan minyak kemiri secukupnya pada kulit kepala seraya memijatnya perlahan di malam hari. Diamkan selama semalaman, lalu cuci rambut dengan air dan sampo pada keesokan paginya. Proses ini diyakini dapat menjaga kesehatan kulit kepala Anda.

 Cara Alternatif Memanfaatkan Minyak Kemiri:

Selain pemanfaat seperti yang telah disebut di paragraf atas, ada sejumlah cara lain untuk memperoleh khasiat dari minyak kemiri. Antara lain:

  • Pertama Anda harus menuangkan minyak kemiri yang sudah Anda buat dalam sebuah mangkuk kecil dengan jumlah secukupnya.
  • Setelah itu oleskan minyak kemiri pada seluruh helaian rambut dan kulit kepala. Anda dapat menggunakannya ketika rambut dalam kondisi kering atau basah.
  • Sisir dari akar hingga ujung rambut agar minyak kemiri dapat menutrisi rambut secara merata.
  • Kuncir atau gelung rambut, kemudian bungkus menggunakan penutup kepala.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam atau biarkan semalaman.
  • Di akhir penggunaan Anda dapat membilas rambut menggunakan sampo dan air hangat sampai bersih.

 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut
Dilansir dari SehatQ.com, setidaknya ada sembilan manfaat minyak kemiri untuk rambut yang bisa didapatkan bila digunakan secara rutin, antara lain:

1. Menghindari Potensi Rambut Kering

Manfaat minyak kemiri untuk rambut yang pertama adalah memberikan kelembapan sehingga mencegah terjadinya rambut kering dan kusut. Khasiat minyak kemiri untuk rambut ini berasal dari kandungan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat menembus hingga ke dalam lapisan kulit kepala. Oleh karenanya, rambut Anda terlihat lebih sehat dan terasa lebih lembap.

2. Membuat Rambut Semakin Berkilau dengan Warna Hitam

Salah satu kandungan dalam minyak kemiri adalah asam gamma-linolenic yang berfungsi sebagai conditioner alami bagi rambut.
Fungsi minyak kemiri untuk rambut dari kandungan tersebut diyakini mampu mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut Anda akan tampak berkilau hitam alami.

3. Menjadi Penyubur Tumbuhnya Rambut

Selanjutnya, manfaat minyak kemiri untuk rambut yaitu mencegah kebotakan. Pasalnya, khasiat minyak kemiri untuk rambut ini mampu mencegah rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

4. Menguatkan Rambut

Minyak kemiri juga bisa memperkuat rambut. Fungsi minyak kemiri untuk rambut ini berasal dari kandungan asam linoleat dan linolenat yang dapat melapisi, menutrisi, dan melembapkan rambut, bahkan memperbaiki masalah rambut bercabang. Anda bisa memperoleh khasiat minyak kemiri untuk rambut ini dengan cara mengoleskan masker rambut dari minyak kemiri secara rutin.

5. Melembapkan Kulit Kepala

Kelembapan kulit kepala sangatlah dibutuhkan demi kesehatan tumbuhnya rambut. Maka kemiri bisa menjadi salah satu solusi dalam mengentaskannya. Hal ini karena minyak kemiri mengandung tanin yang bertindak sebagai antioksidan. Kandungan tanin pada minyak kemiri dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, bersih, dan bebas dari bakteri.

 6. Mengobati Ketombe

Ketombe membandel selain membuat kepala gatal, juga membuat penampilan semakin buruk. Hal itu dapat ditangani dengan minyak kemiri. Karena khasiat ini didapat dari kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai antiradang. Tidak hanya bersifat sebagai antiradang, kandungan tersebut dipercaya mampu mengurangi peradangan pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe.

7. Melindungi Rambut dari Sinar Matahari

Aktivitas keseharian membuat rambut rentan dan rawan terpapar radiasi siniar matahari. Minyak kemiri bisa menjadi solusi untuk mengatasinya. Khasiat minyak kemiri untuk rambut satu ini berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya.

Vitamin E dikenal dapat menjaga kerusakan kulit kepala akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama. Vitamin E bekerja dengan cara menetralisir radikal bebas dan menjaga sel membran dari kerusakan sinar matahari.

8. Mengobati Gejala Psoriasis

Gejala psoriasis dapat ditanggulangi dengan minyak kemiri. Pada saat kulit kepala kering, berbagai masalah kulit dapat terjadi. Salah satunya adalah psoriasis yang ditandai dengan munculnya kulit bersisik, gatal, hingga rambut rontok.

Untuk mengatasinya, Anda setidaknya membutuhkan pelembap khusus kulit kepala yang berfungsi untuk meringankan peradangan dan gatal. Minyak kemiri sebetulnya dapat melakukan tugas tersebut. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa khasiat minyak kemiri ini hanya dapat mengurangi gejala psoriasis dalam skala kecil.

9. Ramah Terhadap Kulit Kepala Sensitif

Minyak kemiri terbuat dari bahan alami sehingga tidak memiliki efek samping berlebihan, seperti produk kecantikan lainnya. Manfaat minyak kemiri untuk rambut adalah salah satunya sangat aman untuk kulit sensitif.

Demikian sembilan manfaat minyak kemiri untuk rambut yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Anda dapat memanfaatkannya dengan mudah dan murah serta aman karena terbuat dari bahan alami. Apabila menemukan gejala lain saat digunakan segera menghubungi dokter terdekat untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait