12 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Siti Nur Aeni
1 November 2021, 14:19
Warga menjemur rumput laut usai panen raya di pesisir Desa Kemujan, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019). Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan produksi rumput laut nasional pada 2019 mencapai 11,8 juta ton atau meningkat 800 ribu
ANTARA FOTO/AJI STYAWAN
Warga menjemur rumput laut usai panen raya di pesisir Desa Kemujan, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019). Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan produksi rumput laut nasional pada 2019 mencapai 11,8 juta ton atau meningkat 800 ribu kilogram dibandingkan dengan tahun 2018.

Rumput laut atau seaweed adalah tumbuhan laut yang tergolong sebagai makroalga benthik. Tumbuhan ini banyak ditemukan di dasar perairan. Menurut penjelasan dalam jurnal Sultan Agung Volume XLIV Nomor 118, ada empat jenis rumput laut yang memiliki zat penyusun dinding sel dan habitat yang berbeda. Keempat jenis rumput laut tersebut antara lain:

  1. Chlorophyta (hijau): tumbuhan laut ini memiliki dinding sel tersusun oleh selulosa. Rumput laut ini juga tersusun oleh pigmen klorofil a, klorofil b, dan karotenoid. Habitat tanaman ini ada di air asin dan air tawar.
  2. Rhodophyta (merah): tanaman ini memiliki dinding sel yang terusun atas kalsium karbonat, selulosa, dan produk fotosintetik. Selain itu Rhodophyta memiliki pigmen klorofil a, klorofil d, dan pikobiliprotein. Seaweed ini biasanya hidup di laut dan ada juga yang hidup di air tawar.
  3. Phaeophyta (coklat): tanaman ini memiliki dinding sel yang disusun oleh asam alginat. Selain itu, tanaman ini juga memiliki pigmen klorofil a, klorofil c, dan karotenoid. Tanaman laut ini memiliki habitat di laut.
  4. Chrysophyta (pirang): tanaman laut ini biasanya ditemukan di laur dan air tawar. Chryspohyta memiliki dinding sel yang tersusun oleh silikon dan mengandung pigmen karoten dan xantofil.

Rumput laut merupakan ganggang yang bisa dikonsumsi manusia karena memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Sehingga tanaman ini dapat menjadi makanan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan Rumput Laut

Kandungan nutrisi dalam rumput laut cukup beragam. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, diketahui dalam 100 g rumput laut mentah terdapat beberapa nutrisi, seperti berikut ini:

  • 80 mg kalsium
  • 20 mg fosfor
  • 1,6 mg besi
  • 250 mg natrium
  • 380 mg kalium
  • 0,20 mg tembaga
  • 0,4 mg seng
  • 1,958 mcg beta-karoten
  • 0,20 mg vitamin B2
  • 0,00 mg vitamin B2
  • 0,1 mg niasin
  • 7 mg vitamin C

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan

Menurut sebuah penelitan disebutkan bahwa rumput laut memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Melansir dari hellosehat.com, berikut ini manfaat rumput laut untuk kesehatan.

1. Menurunkan berat badan

Manfaat rumput laut yang pertama yaitu bisa membantu menurunkan berat badan. Misalnya saja pada rumput laut cokelat yang mengandung pigmen fucoxanthin diketahui bisa melancarkan metabolisme. Kandungan dalam tanaman tersebut juga bisa mengubah lemak menjadi energi.

Serat alami yang ada dalam rumput laut juga dipercaya bisa menghalangi penyerapan lemak pada usus dan bisa memberikan efek kenyang lebih lama. Sehingga saat mengkonsumsi rumput laut, Anda bisa menunda rasa lapar dan menjaga berat badan ideal.

2. Dapat menyembuhkan luka

Manfaat lainnya dari seaweed yaitu bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Kandungan vitamin K yang terdapat dalam rumput laut diketahui dapat bekerja sama dengan trombosit. Hal tersebut dapat mempercepat proses pembekuan darah saat luka.

3. Menguatkan tulang dan gigi

Rumput laut diketahui memiliki kandungan kalsium yang dapat menguatkan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga baik untuk menjaga kesehatan fungsi jantung, otot, dan sistem saraf.

4. Menambah energi

Manfaat rumput laut kering juga bisa menambah energi. Hal tersebut dikarenakan rumput laut mengandung zat besi yang dapat membantu tubuh memproduksi energi lebih banyak. dengan demikian, Anda bisa tetap fit dan aktif.

Kandungan zat besi dalam seaweed juga berperan penting dalam pembentukan hemoglobin yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga tubuh bisa terhindar dari risiko anemia.

5. Mencegah risiko diabetes

Khasiat lainnya dari seaweed yaitu bisa membantu mencegah risiko diabetes. Kandungan fucoxanthin bisa meningkatkan keseimbangan gula darah. Selain itu, kandungan lainnya yakni alginate juga bisa bisa membantu mencegah peningkatan gula dalam darah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...