Peringati Ulang Tahun ke-15, Google Rilis Fitur Baru Gmail

Lewat fitur pengaturan waktu, pengguna Gmail bisa menjadwalkan pengiriman pesan.
Desy Setyowati
2 April 2019, 13:15
Google Talks
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Google mengadakan pelatihan kepada 2 ribu jurnalis di 22 kota tahun ini. Google berencana mengadakan pelatihan serupa bagi 3 ribu jurnalis pada 2019.

Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) Google meluncurkan Gmail pada 1 April 2004. Untuk memeringati hari jadinya yang ke-15, Google merilis fitur baru pada layanan Gmail.

Fitur anyar tersebut adalah pengatur waktu mengirim pesan dan smart compose. “Kami memahami bahwa pekerjaan sering kali melewati jam kerja, padahal penting untuk mempertimbangkan waktu istirahat bagi semua orang,” ujar Direktur Manajemen Produk G Suite Jacob Bank dalam pengumuman dikutip dari TechCrunch, Senin (1/4).

(Baca: Tiga Produk Baru Google Indonesia, Termasuk untuk Pencari Kerja)

Lewat fitur pengaturan waktu, pengguna Gmail bisa menjadwalkan pengiriman pesan. Misalnya, pengguna menyusun pesan saat ini, namun baru akan mengirim pesan tersebut esok hari. Sebelumnya, penguna harus mengunduh aplikasi pihak ketiga untuk menggunakan layanan seperti ini.

Advertisement

Untuk versi aplikasi, fitur ini bisa diakses dengan mengetuk ikon tiga titik yang berada di sisi kanan atas email yang bakal dikirim. Kemudian pilih opsi 'schedule send' dan pilih waktu yang diinginkan. Sedangkan untuk versi situs, akan ada opsi di sisi kanan tombol kirim untuk 'schedule send'.

(Baca: Sekarang Pesan Go-Jek Bisa Melalui Asisten Google )

Sementara, fitur Smart Compose memudahkan pengguna mengirim pesan. Sebab, Google menggunakan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) lewat fitur ini. Alhasil, kata-kata yang biasa digunakan oleh pengguna akan muncul sebagai pilihan. Selanjutnya, pengguna bisa memilih kata yang bakal digunakan tanpa mengetik.

Sebelumnya, fitur ini hanya tersedia untuk Google Pixel 3 dan 3 XL. Kini, fitur Smart Compose ini bisa digunakan untuk semua smartphone Android. Fitur ini juga hadir dalam banyak bahasa sepertiSpanyol, Prancis, Italia dan Portugal.

(Baca: Lewat Google Station, Google Beri Akses Internet Gratis di Jawa-Bali)

"Kami ingin membuatnya lebih mudah bagi semua orang. Jadi kami menambahkan fitur baru ke Gmail yang memungkinkan Anda memilih kapan email harus dikirim,” ujar Jacob.

Reporter: Desy Setyowati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait