Pengertian Modal Ventura dan Cara Memperoleh Suntikan Investasi Ini

Modal ventura sering diberikan untuk perusahaan rintisan. Pahami seluk-beluk pengertian modal ventura dan cara agar perusahaan mendapat suntikan pendanaan ini.
Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
30 Juni 2022, 07:55
Pengertian Modal Ventura dan Cara Memperoleh Suntikan Investasi Ini
123rf.com
Ilustrasi

Modal bukanlah masalah utama dalam memulai dan mendirikan bisnis. Asalkan bisnis itu dianggap memiliki peluang tumbuh besar di masa mendatang, tentu banyak investor yang tertarik menanam modalnya, satu di antaranya melalui modal ventura.

Di era digital saat ini, investasi modal ventura atau venture capital sangat dibutuhkan perusahaan startup berbasis teknologi. Lalu, apa pengertian modal ventura? Apa saja jenis dan contoh modal ventura? Apa manfaat dan bagaimana cara menggaet modal ventura?

Definisi Modal Ventura

Modal ventura adalah pendanaan yang berbentuk pemberian bantuan modal dalam rangka investasi kepada perusahaan swasta. Tujuan modal ventura adalah membantu sebuah bisnis berkembang di mana ketika perusahaan tersebut meraih kesuksesan, pihak investor juga akan mendapat keuntungan.

Pada umumnya, modal ventura adalah jenis pendanaan yang sering diberikan untuk perusahaan rintisan (startup) di Indonesia. Banyak startup yang berhasil tidak lepas dari sumber dana modal ventura. Investasi yang diberikan oleh pemberi modal berupa uang tunai, di mana pihak perusahaan akan memberikan sejumlah bagian saham kepada mereka yang memberikan pendanaan.

Advertisement

Menurut Keputusan Presiden Nomor 61 Tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan, perusahaan modal ventura adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan pasangan usaha (investee company) untuk jangka waktu tertentu.

Dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan, modal ventura adalah penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan pasangan usaha. Penyertaan modal itu bertujuan untuk: 

  1. Mengembangkan penemuan baru.
  2. Mengembangkan perusahaan yang pada tahap awal usaha mengalami kesulitan dana.
  3. Membantu perusahaan yang berada pada tahap pengembangan.
  4. Membantu perusahaan yang berada pada tahap kemunduran usaha.
  5. Mengembangkan proyek penelitian dan rekayasa.
  6. Mengembangkan berbagai penggunaan teknologi baru dan alih teknologi baik dari dalam maupun luar negeri.
  7. Membantu pengalihan pemilikan perusahaan penyertaan modal dalam setiap perusahaan pasangan usaha bersifat sementara dan tidak boleh melebihi jangka waktu sepuluh tahun penarikan kembali penyertaan modal (divestasi) oleh perusahaan modal ventura dalam segala bentuknya dilaporkan kepada Menteri Keuangan selambat-lambatnya tiga bulan setelah dilaksanakan (venture capital). 

Definisi Modal Ventura Menurut Ahli

Tony Lorenz. Definisi modal ventura adalah investasi jangka panjang dalam bentuk pemberian modal yang mengandung resiko di mana penyedia dana (venture capitalis) terutama mengharapkan capital gain bukan pendapatan bunga atau deviden.

Clinton Ricardson. Pengertian modal ventura adalah dana yang diinvestasikan pada perusahaan atau individu yang memiliki risiko tinggi.

Robert White. Arti modal ventura adalah bisnis pembiayaan untuk memungkinkan pembentukan dan pengembangan usaha-usaha baru di bidang teknologi dan/atau nonteknologi.

Handowo Dipo. Modal ventura dapat diartikan dana usaha dalam bentuk saham atau pinjaman yang dapat dialihkan menjadi saham.

Irsyadi Zain dan Rahmat Akbar. Modal ventura adalah pembiayaan melalui penyertaan modal atau pembiayaan untuk jangka waktu tertentu dalam rangka pembangunan usaha pasangan usaha.

Jenis Pembiayaan Modal Ventura

Jenis pembiayaan modal ventura terbagi ke dalam tiga kategori berdasarkan cara dana diberikan, kepemilikan, dan cara dana dihimpun.

Berdasarkan Cara Dana Diberikan

Jenis pembiayaan modal ventura berdasarkan pemberian dana adalah bagaimana sumber dana modal ventura diberikan oleh investor. Kategori ini terbagi menjadi dua jenis bantuan.

Single tier approach

Single tier approach mengarah pada perusahaan sebagai pihak yang menghimpun dana. Pengelolaan dana tersebut kemudian diinvestasikan dalam bentuk modal di suatu perusahaan.

Two tier approach

Jenis pembiayaan ini adalah pendanaan yang dikelola oleh dua badan usaha. Satu perusahaan berperan sebagai penghimpun dana (fund company) dan satu lainnya berfungsi untuk mengelola dana yang dihimpun (management company).

Berdasarkan Kepemilikan

Jenis kepemilikan akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada modal yang diberikan. Berikut jenis pembiayaan modal ventura berdasarkan kepemilikan:

Private Venture Capital Company

Private mengarah para perusahaan tertutup yang artinya perusahaan ini tidak membuka penjualan sahamnya di pasar modal Indonesia.

Public Venture Capital Company

Sebaliknya, public venture capital company adalah perusahaan modal ventura yang sudah menjadi bagian dari Bursa Efek Indonesia. Saham mereka pun terbuka untuk publik.

Bank Affiliate Venture Company

Bank Affiliate Venture Company adalah jenis perusahaan yang dikelola oleh beberapa pihak bank. Hal ini disebabkan karena ada surplus dana atau mempunyai tujuan tertentu terkait modal ventura.

Conglomerate Venture Capital

Conglomerate Venture Capital adalah perusahaan modal ventura yang didirikan oleh beberapa jenis perusahaan besar.

Berdasarkan Cara Dana Dihimpun

Berdasarkan cara menghimpun dananya, terdapat dua jenis modal ventura adalah:

Leverage venture capital

Sumber dana modal ventura untuk jenis ini berasal dari kumpulan wujud pinjaman dari berbagai pihak yang dikelola oleh satu perusahaan modal ventura.

Equity venture capital

Sumber dana modal ventura equity venture capital berasal dari perusahaan modal ventura yang sebagian besar dananya berasal dari modal pribadi.

Manfaat Modal Ventura

Manfaat modal ventura antara lain:

1. Meningkatkan Kegiatan dan Potensi Usaha

Perusahaan yang menerima suntikan dana menjadi investor tidak hanya dalam kegiatan penggalangan dana tetapi juga sebagai mitra. Investor dapat menjadi mitra bisnis yang membantu perusaaan dengan ide, inovasi, atau pengembangan hal-hal yang membuat bisnis semakin besar. Oleh karena itu, ketika investor terlibat dalam pengembangan ide atau aktivitas bisnis, aktivitas atau potensi bisnis perusahaan umumnya juga akan meningkat.

2. Pemasaran Produk Lebih Efisien

Startup atau UMKM umumnya memiliki strategi pemasaran yang kurang maksimal karena  keterbatasan sumber daya. Pengadaan modal ventura semakin meningkatkan kredibilitas perusahaan dan juga memberikan citra yang baik bagi perusahaan sehingga nantinya dapat mempengaruhi pemasaran produk dan jasa yang lebih baik.

3. Likuiditas Meningkat

Modal pendanaan yang tersedia tidak mewajibkan perusahaan untuk membayar angsuran bunga. Oleh karena itu, pendanaan ini akan meningkatkan likuiditas perusahaan.

4. Rentabilitas membaik

Perusahaan tidak hanya mendapat dukungan secara finansial, juga secara atau dari sisi manajemen. Oleh karena itu, perusahaan dapat meningkatkan profitabilitasnya dengan meminimalkan biaya produk dan pemasaran.

4. Kepercayaan Bank

Startup atau perusahaan rintisan akan sulit mendapatkan kepercayaan bank karena  belum adanya pengelolaan secara efektif dan stabil. Bank tidak bisa meminjamkan uang ke perusahaan karena tidak mau mengambil risiko tidak bisa mencicil karena kemungkinan bangkrut.

Contoh Modal Ventura

Terdapat contoh beberapa perusahaan modal ventura yang sudah mengalirkan dananya di Indonesia. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sampai Juli 2018, terdapat 65 industri modal ventura yang terdaftar secara resmi usai memenuhi Peraturan OJK Nomor 34/POJK.05/2015 terkait Perizinan Perusahaan Modal Ventura, pasal 9 mengenai ketentuan jumlah modal saat pendirian usaha.

Riset Daily Social mencatat, East Ventures menjadi investor paling agresif yang mendanai startup di Indonesia pada kuartal I 2022. Dalam laporan Startup Report 2021, East Ventures telah melakukan 22 transaksi pendanaan pada kuartal I 2022.

Beberapa perusahaan yang mendapatkan pendanaan dari East Venture antara lain Tokopedia, Traveloka, dan Ruangguru. East Ventures tercatat telah mendanai sekitar 160 perusahaan rintisan di Indonesia

Selain East Venture, perusahaan yang aktif mendanai perusahaan startup di Indonesia adalah Golden Gate Venture. Perusahaan ini berdiri sejak 2011 dan telah mendanai berbagai perusahaan yang beroperasi di tujuh negara Asia. Beberapa startup yang pernah menerima pendanaan dari perusahaan ini adalah Alodokter, Carrousel, Gojek, dan Tanihub.

Contoh perusahaan modal ventura lainnya adalah AC Ventures, Sequoia Capital India, Y Combinator, Alpha JWC Ventures, Alto Partners, dan Insignia Ventures Partners.

Cara Mendapatkan Investasi dari Modal Ventura

Berikut adalah cara memperoleh investasi dari modal ventura:

Ajuka Business Plan

Buatlah business plan yang baik untuk diajukan kepada pemodal. Kalian bisa membuat business plan yang berisi tentang usaha yang sedang dirintis. Gunakan gaya bahasa yang baik dan sederhana untuk menjelaskan profil bisnis. Berikan data yang akurat dan lengkap agar pemodal bisa memahami bisnis yang dijalankan sekaligus menghindari kesalahpahaman.

Datang ke Pameran Startup

Umumnya, dalam pameran startup atau UMKM akan dihadiri oleh banyak investor yang sedang mencari startup untuk disuntikkan dana. Kegiatan pameran membuka peluang memperoleh pendanaan sekaligus membangun jaringan untuk meningkatkan performa perusahaan.

Due Diligence

Pada tahap ini, perusahaan startup akan melakukan presentasi langsung dengan investor. Investor akan menanyakan rencana bisnis dan kemungkinan risiko permasalahan yang akan terjadi.

Tanda Tangan Perjanjian Kerja Sama

Investor dan perusahaan akan saling membuat perjanjian apabila memang dalam tahap uji kelayakan, perusahaan dinyatakan lolos. Keduanya akan menyelesaikan urusan administrasi dan dokumen legalitas yang diperlukan.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait