9 Cara Menghasilkan Uang dari HP

Image title
22 Desember 2021, 11:46
Ilustrasi cara menghasilkan uang dari hp.
Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi cara menghasilkan uang dari hp.

Saat ini hampir setiap orang menggunakan handphone untuk berbagai kebutuhan. Berdasarkan laporan Newzoo 2021, Indonesia menempati posisi keempat dengan 160,23 juta pengguna smartphone. Penetrasi smartphone di dalam negeri telah mencapai 58,6% dari total populasi.

Sebagian orang memanfaatkan handphone untuk bersosial lewat dunia maya dan sebagian menggunakan handphone untuk urusan pekerjaan. Namun, tak sedikit pula yang memakai handphone untuk menghasilkan uang.

Advertisement

Cara Menghasilkan Uang dari HP

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang dari hp mulai dari menjadi pengembara digital atau dikenal dengan istilah digital nomad, kontributor foto, hingga wirausahawan yang sedang naik daun.  Berikut 9 cara yang bisa dilakukan untuk menghasilkan uang hanya dari handphone.

1. Kontributor Foto

Cara menghasilkan uang dari hp yang satu ini bisa dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki keahlian di bidang fotografi.

Sebagian besar industri ini memang digeluti oleh para profesional, tapi tidak ada salahnya bagi pemula untuk memulai dari nol. Banyak panduan belajar fotografi dan videografi yang bisa Anda temukan, baik dari buku maupun kursus online.

Hasil jeperetan Anda bisa dijual di berbagai situs, seperti Shutterstock, Twenty20, Foap, Snapwire, Scoopshot, dan EyeEm.

2. Admin

Admin sosial media sudah menjadi pilihan karier tersendiri. Hal ini didukung dengan banyaknya perusahaan yang mulai membuka lowongan pekerjaan seperti ini.

Selain cara konvensional yaitu jual beli, media sosial nyatanya masih menyediakan banyak lahan yang bisa dieksploitasi untuk meraup uang. Menjadi admin media sosial merupakan bagian dari memaksimalkan jejaring sosial yang pemakaiannya semakin meningkat tiap tahun.3

 3. Dropshipper

Dropshipper dapat menjadi alternatif pekerjaan yang bisa dipilih untuk Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan namun tidak memiliki banyak waktu luang.

Terdapat dua istilah yang mesti diketahui sebelum terjun ke dunia dropshipper, yaitu dropship dan dropshipper.

Dropship adalah sebuah bentuk jual beli barang yang dilakukan dengan perorangan di mana penjual tidak melakukan penyetokan barang. Barang yang dijual disediakan oleh pihak lain yang berperan sebagai supplier. Bisa dikatakan bahwa dropship merupakan sistem jual beli yang biasa dilakukan secara online dengan menggunakan perantara.

Sementara itu, dropshipper merupakan istilah yang digunakan untuk mereka yang menjadi pelaku dropship. Tugas dari seorang dropshipper yaitu menjual produk dari supplier ke pembelinya. Dropshipper akan menerima pesanan secara langsung dari pembeli. Setelah pembeli menyelesaikan transaksi pembayaran, dropshipper akan membelikan barang atau produk tersebut kepada supplier dengan ongkos kirimnya.

4. Online Shop

Cara menghasilkan uang dari hp bisa dilakukan dengan membuka toko online. Untuk usaha yang satu ini tidak membutuhkan biaya yang besar, apalagi jika Anda menjual barang yang diproduksi sendiri, seperti hasil kerajinan tangan.

Halaman:
Editor: Reza Pahlevi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement