Perekonomian Cina Akan Lampaui AS di 2030

Image title
Oleh Abdul Azis Said
27 Desember 2021, 07:31
cina
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song/hp/cf
Aly Song Seorang pria berjalan di depan distrik keuangan Lujiazui di Shanghai, menyusul penyebaran penyakit virus korona (COVID-19), China, Selasa (9/6/2020).

Hasil studi terbaru menunjukkan perekonomian Cina akan terus tumbuh dan melampaui Amerika Serikat pada 2030. Meski demikian, proyeksi ini menunjukkan bahwa Cina akan butuh waktu yang lebih lama untuk menyalip AS dibandingkan perkiraan sebelumnya.

Lembaga think tank asal Inggris, Center for Economics and Business Research (CEBR) melaporkan nilai Produk Domestik Bruto (PDB) harga konstan Cina pada 2031 akan menyentuh US$ 27,5 triliun, sementara Amerika Serikat hanya sebesar US$ 25,9 triliun.

"Kami memperkirakan kontribusi PDB Amerika Serikat terhadap dunia akan menurun secara bertahap pada tahun-tahun mendatang dan akhirnya disusul Cina sebagai ekonomi terbesar dunia," tulis peneliti dalam laporan terbaru CEBR dikutip Senin (27/12).

CEBR menjelaskan perkiraan ini lebih lambat dua tahun dari proyeksi sebelumnya. Para peneliti menilai Cina butuh waktu lebih lama untuk menyalip AS karena perekonomian negeri Paman Sam itu kemungkinan akan tumbuh lebih cepat. Pertumbuhan PDB Amerika diproyeksikan akan meningkat sekitar 2% per tahun mulai 2024 dan seterusnya.

Selain itu, laporan juga menunjukkan India tampaknya akan menyalip Perancis mulai tahun depan dan Inggris pada 2023. Dengan demikian India diperkirakan akan menjadi perekonomian terbesar ke-6 pada tahun 2023 dan ketiga terbesar pada tahun 2036, setahun lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Inggris diperkirakan akan lebih besr 16% dibandingkan dengan Perancis pada 2036 sekalipun ada Brexit. Adapun perekonomian Jerman akan menyalip Jepang pada tahun 2036.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...