Sri Mulyani Tegaskan Indonesia Tetap Undang Rusia di KTT G20

Rezza Aji Pratama
23 April 2022, 12:03
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menyampaikan THR dan gaji ke-13 PNS 2022 pada Sabtu (16/4/2022)
Katadata/Desy Setyowati
Menteri Keuangan Sri Mulyani saat menyampaikan THR dan gaji ke-13 PNS 2022 pada Sabtu (16/4/2022)

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan Indonesia akan tetap mengundang Rusia ke Konferensi Tingkat Tinggi G20.

Dalam wawancaranya dengan VOA, Menteri Sri menegaskan seluruh negara yang tergabung dalam G20 harus menyetujui wacana isolasi Rusia, jika rencana tersebut harus diambil. “Kita harus konsensus,” kata Sri.

Sri mengatakan Indonesia bertanggungjawab menjaga forum G20 tetap utuh dan tidak pecah. Ia berharap bisa menempatkan forum ini sebagai salah satu forum untuk meredakan konflik sekaligus memperkuat seruan untuk menghentikan perang sesegera mungkin.

“Dunia saat ini sangat membutuhkan kerja sama untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang sifatnya tidak bisa diselesaikan oleh satu negara meskipun dia paling kuat,” kata Sri Mulyani. 

Sebelumnya, dalam pertemuan Menteri Keuangan negara-negara G20 di Washington DC pada Rabu (20/4), perwakilan Amerika Serikat, Inggris dan Kanada walk out saat delegasi Rusia sedang berbicara. 

Aksi ini merupakan wujud protes mereka terhadap invasi Rusia ke Ukraina. Menurut Pakar Hubungan Internasional dari Universitas Paramadina, Ahmad Khoirul Umam, sikap politik luar negeri dari ketiga negara tersebut menandai dimulainya dinamika politik pada forum G20. 

Aksi ini menjadi peringatan bagi Indonesia sebagai Presidensi G20, karena sikap tersebut kemungkinan juga akan kembali terjadi saat pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi G20 yang digelar di Bali, November mendatang.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...