Bertemu Airlangga, Puan Lempar Sinyal Koalisi PDIP - Golkar

Rezza Aji Pratama
8 Oktober 2022, 10:18
Ketua DPR Puan Maharani saat menghadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.
Youtube Sekretariat Presiden
Ketua DPR Puan Maharani saat menghadiri Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10).

Puan Maharani melemparkan sinyal-sinyal koalisi saat menemui Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto di kawasan Monumen Nasional (Monas), Sabtu (8/10) pagi.

Dalam keterangan resminya, Puan mengatakan pertemuan keduanya dilakukan untuk menyamakan pendapat apa yang terbaik bagi Indonesia. Ia menyebut Golkar dan PDIP sama-sama partai nasionalis yang sudah berpengalaman. Menurutnya, sebagai politisi baik dirinya harus paham kapan saatnya bertanding dan kapan saatnya bersanding. 

“Perkuat persahabatan agar Indonesia semakin menguning dan memerah,” katanya, dalam keterangan resmi.

Sementara itu, Airlangga memuji peran Puan sebagai Ketua DPR terutama dalam penanganan Covid-19. Ini terutama terkait dengan beberapa regulasi yang dibuat oleh pemerintah dan kemudian disetujui oleh legislatif. Airlangga menyebut untuk melanjutkan pembangunan Indonesia dibutuhkan peran dua partai politik terbesar saat ini yakni PDIP dan Golkar. 

“Saya tidak bisa membayangkan bagaimana kita tidak bisa menangani pandemi Covid-19 kalau pemerintah tidak bisa berkolaborasi dengan DPR,” katanya.

Airlangga tiba di Monas sekitar pukul 07.36 WIB. Sejumlah petinggi Golkar seperti Sekjen Lodewijk F Paulus, Waketum Bambang Soesatyo, Waketum Koordinator Bappilu Ahmad Doli Kurnia, dan Waketum Koordinator Bidang Komunikasi dan Informasi Nurul Arifin sudah lebih dulu hadir.  

Adapun Puan tiba sekitar pukul 07.56 WIB dengan mengenakan setelan kaos dan celana berwarna hitam, didampingi oleh beberapa elite PDI Perjuangan. Ini antara lainSekjen Hasto Kristiyanto, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto, serta Ketua DPP Bidang Perekonomian Said Abdullah.

Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...