Gapki Akan Pamerkan Produk Sawit Berkelanjutan di Ajang Hannover Messe

Rezza Aji Pratama
27 Maret 2023, 17:56
Pekerja mengangkut kelapa sawit hasil panen di Desa Pucok Lueng, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (4/2/2023). Harga referensi produk minyak kelapa sawit (CPO) periode 1-15 Februari 2023 sebesar 879,31 dolar AS/MT yaitu turun 41,26 dolar AS dari periode s
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.
Pekerja mengangkut kelapa sawit hasil panen di Desa Pucok Lueng, Samatiga, Aceh Barat, Aceh, Sabtu (4/2/2023).

Pengusaha sawit Indonesia mengusung misi produk berkelanjutan dalam ajang Hannover Messe 2023 yang akan digelar di Jerman pada 17-21 April mendatang.

Kompartemen Hubungan Luar Negeri Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Lolita Bangun mengatakan Hannover Messe merupakan ajang pameran teknologi industri yang digelar setiap tahun. Ia mengatakan di ajang ini para pengusaha Indonesia akan mempromosikan  praktik industri kelapa sawit berkelanjutan yang telah diterapkan Indonesia.

Advertisement

Lolita mengatakan industri kepala sawit saat ini menghadapi tantangan perdagangan untuk masuk ke Eropa. Salah satunya adalah kebijakan deforestasi yang diterapkan Uni Eropa akhir tahun lalu. Regulasi ini mewajibkan importer komoditas memenuhi sertifikasi uji tuntas yang memastikan produk terkait bebas dari deforestasi sejak 2020. 

“Ada kebijakan subsidi atau dumping yang mereka tuduhkan kita tidak fair dalam harga. Pemerintah kita juga ada cara dengan meng-counter secara litigasi, nah kita mungkin dilakukan secara counter promosi melalui pameran ini," ujarnya, Senin (27/3).

Lolita berharap, melalui ajang Hannover Messe, pelaku industri sawit akan bisa lebih dekat dengan pasar Eropa dan mendapatkan masukan secara langsung soal produk sawit yang banyak ditolak.

Lolita menjelaskan selain promosi, industri sawit juga akan menunjukkan segala upaya yang dilakukan. Ini khususnya terkait praktik sesuai standar internasional hingga pemanfaatan limbah dalam mendukung energi bersih.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement