Waspada Karhutla, Lebih dari 100 Hektare Lahan di Riau Terbakar

Rezza Aji Pratama
31 Maret 2023, 18:31
Karhutla
ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc.
Relawan pemadam kebakaran melakukan proses pendinginan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) gambut di kawasan Jalan Keranggan Ujung, Kalimantan Tengah, Sabtu (4/3/2023). Puluhan personel gabungan dari Tim Pemadam Kebakaran Dinas Kehutanan, BPBD, dan relawan Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) diterjunkan ke lokasi kebakaran yang telah menghanguskan sekitar 10 hektare lahan di daerah itu selama dua jam.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah mulai terjadi di sejumlah daerah. Di Riau, sekitar 131,44 hektare lahan terbakar pada periode 1 Januari-28 Maret 2023.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal mengatakan salah satu daerah yang mengalami kebakaran terparah yakni di Kabupaten Bengkalis. Setidaknya 25 hektare lahan di kawasan tersebut terbakar selama tiga hari sejak 19 Maret 2023. Api tersebut akhirnya berhasil dipadamkan. 

"Riau kini kondusif, sudah nihil karhutla,” katanya, Jumat (31/3) seperti dilansir dari Antara. 

Edy menuturkan, daerah yang paling luas lahan terbakar berada di Kabupaten Bengkalis seluas 79,87 hektare. Kemudian di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) seluas 5,5 hektare, Kota Dumai seluas 19.27 hektare, Kabupaten Kepulauan Meranti 2,5 hektare, dan Kabupaten Siak seluas 9.95 hektare.

Sedangkan karhutla di Kota Pekanbaru terjadi seluas 7,2 hektare, Kabupaten Indragiri Hulu seluas 0,65 hektare dan Kabupaten Indragiri Hilir seluas 5,5 hektare.

"Ada tiga daerah yang masih nihil atau tidak terjadi karhutla yakni di Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Rokan Hulu, dan Kabupaten Pelalawan," katanya.

Halaman:
Reporter: Rezza Aji Pratama
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...