Indonesian Basketball League Terbitkan Token NFT

Token NFT yang diluncurkan berupa video highlight final IBL 2021.
Image title
12 Desember 2021, 11:49
Sejumlah pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dalam gim ketiga Final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di Britama Arena, Jakarta, Minggu (6/6/2021). Satria Muda Pertamina Jakarta berh
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.
Sejumlah pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta dalam gim ketiga Final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di Britama Arena, Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Indonesia Basketball League (IBL) meluncurkan IBL NFT (Non-Fungible Token) sebagai merchandise resmi, bertepatan dengan perayaan Hari Bola Basket Nasional 12 Desember

CEO Kolektibel Pungkas Riandika menjelaskan bahwa ini merupakan inisiatif yang mengangkat awareness di dunia basket Indonesia terkait Hari Bola Basket Nasional.

"Melanjutkan event launching saat Sumpah Pemuda 28 Oktober lalu, kami ingin memberikan penawaran terbatas bagi para kolektor NFT dan pecinta basket Indonesia. Para Kolektor bisa menikmati koleksi Epic Pack pada tanggal 12 Desember 2021 dengan harga khusus dan kejutan spesial," kata Pungkas, Minggu (12/12).

Adapun produk yang dihadirkan adalah sebuah momen basket di mana orang bisa membeli di portal iblindonesia.com/nft yang saat ini masih dalam tahap Beta.

Advertisement

IBL NFT adalah bentuk evolusi dari kartu basket yang biasa dikoleksi, namun yang berbeda kali ini item koleksi berupa adalah highlights moment berbentuk video yang tersimpan dalam jaringan blockchain Vexanium.

Vexanium sendiri adalah sebuah jaringan blockchain publik lokal yang memiliki entitas legal di Indonesia dengan nama yayasan Vexanium teknologi nusantara. Epic Pack ini hanya akan dirilis setahun sekali dengan harga pack Rp 450.000.

Kolektibel akan menerbitkan NFT berupa konten final IBL musim 2021 antara duel Satria Muda Pertamina vs Pelita Jaya Jakarta, dengan masing-masing supply NFT sebanyak 25 serial numbers

Dalam Epic Pack ini akan ada total empat NFT yang terdiri dari sebuah set NFT dari IBL Final 2021 dan tiga set basic NFT. Kolektor yang bisa membeli Epic Pack NFT ini adalah mereka yang sudah memiliki 7 koleksi NFT dengan rarity (tingkat kelangkaan) Common yang saat ini masih tersedia. 

Nantinya mereka yang bisa membeli Epic Pack ini bisa menjual kembali di marketplace Kolektibel.

"Dari pengamatan kami pada seri pack drop sebelumnya, satu pack NFT (berisi 3 momen) dijual seharga Rp 67.000. Artinya sebuah IBL NFT harganya sekitar Rp 22.000. Nah, ketika dijual di marketplace Kolektibel, harganya bisa berpotensi naik minimal 2-3 kali lipat/ moment," kata dia. 

Kenaikan harga akan terjadi karena faktor demand dan supply. Semakin langka NFT tersebut, semakin dianggap berharga oleh komunitas, maka harga NFT bisa semakin naik.

 

Reporter: Rezza Aji Pratama
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait