Kominfo Dorong Kolaborasi E-commerce dan Layanan Logistik di Pedesaan

Image title
26 Desember 2021, 11:39
e-commerce
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.
Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/2/2021).

Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong kemitraan layanan e-commerce dan logistik demi meningkatkan potensi ekonomi digital di pedesaan. 

Inspektur Jenderal Kementerian Kominfo Doddy Setiadi mengatakan kemitraan ini akan membuat pasar e-commerce Indonesia terus berkembang.

“Kemitraan tersebut akan melibatkan kolaborasi peningkatan infrastruktur logistik, penguatan layanan point-to-point, dan peningkatan pemenuhan last-mile delivery. Tidak hanya menjangkau seluruh wilayah negara namun bisa menjadi solusi bagi penjual online di daerah pedesaan,” katanya, dalam keterangan resmi yang diterima Katadata, Minggu (26/12). 

Melalui kemitraan yang terbangun, Doddy berharap keberadaan layanan logistik akan menjadi pendorong bisnis daerah pedesaan menjangkau pelanggan global. Menurutnya, kondisi geografis indonesia menjadi tantangan tersendiri dalam pengembangan ekonomi digital melalui pemanfaatan e-commerce. 

Sejak awal pandemi Covid-19, di Indonesia terjadi peningkatan jumlah konsumen digital sebesar 21 juta orang. Doddy menyatakan sebanyak 72% berasal dari wilayah pedesaan. Guna memperkuat pertumbuhan ekonomi digital di kawasan pedesaan, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan infrastruktur digital serta mendorong inovasi dan kemitraan layanan e-commerce dan logistik.

Menurut Irjen Kementerian Kominfo, keberadaan infrastruktur dan platform digital membuka peluang bagi masyarakat, terutama dari pedesaan, menjual produk melalui pasar online. Penjual online dari pedesaan Indonesia dapat menjangkau jutaan pelanggan dan terhubung dengan pelanggan nasional maupun internasional meski tetap berada di desa tinggal mereka.

“Itu akan mengurangi biaya transaksi, memanfaatkan skala dan cakupan ekonomi, dan memungkinkan penjual mengakses kumpulan besar pelanggan melalui platform digital,” kata Doddy.

Tren pemanfaatan e-commerce memacu kebutuhan layanan logistik yang andal. Oleh karena itu, Pemerintah memastikan infrastruktur logistik pos Indonesia harus terintegrasi secara nasional untuk menjangkau daerah yang belum terjangkau dan meminimalkan kesenjangan infrastruktur antara pedesaan dan perkotaan.

Irjen Doddy Setiadi menyatakan di seluruh Indonesia, operator pos dan logistik nasional menyediakan layanan pengiriman ke seluruh negeri, mencakup tidak hanya daerah perkotaan tetapi juga yang paling pedesaan. 

Reporter: Rezza Aji Pratama
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait