Sri Mulyani Bertemu Ratu Belanda Diskusi Soal Pemberdayaan UMKM

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Ratu Belanda Maxima membahas beberapa isu antara lain soal transaksi digital, manajemen data, penguatan permodalan dan asuransi UMKM.
Image title
31 Oktober 2021, 16:33
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Youtube/Kemenkeu RI
Menteri Keuangan Sri Mulyani

Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu dengan Ratu Belanda Máxima Zorreguieta Cerruti untuk membicarakan soal pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menegang (UMKM).

Sri Mulyani mengatakan pertemuan yang digelar di sela-sela KTT G20 itu membahas beberapa isu  seperti soal transaksi digital, manajemen data, penguatan permodalan dan asuransi UMKM.

“ Ini adalah untuk langkah-langkah mengembangkan keuangan yang inklusif,” ujarnya, melalui akun instagramnya @smindrawati, Minggu (31/10). 

Sri Mulyani menjelaskan digitalisasi sangat mempengaruhi kemajuan pengembangan UMKM di Indonesia. Saat ini manajemen data sangat fundamental dalam mengidentifikasikan rumah tangga miskin untuk pemberian bantuan sosial, bantuan UMKM, sektor terdampak lainnya.

Ia menyebut Ratu Maxima ingin terlibat aktif dalam Presidensi G20 Indonesia, terutama di persoalan edukasi dan pemberdayaan UMKM.

Menkeu mengklaim pemerintah mulai membangun tata kelola pengawasan melalui penerapan pembayaran digital. Ini misalnya dengan metode Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) dan QR dalam transaksi UMKM.

Hal yang juga sangat penting adalah menghubungkan antara bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan program kredit usaha. Sri Mulyani menjelaskan ini dilakukan agar bantuan yang diberikan tidak hanya untuk sekali tarik kemudian ditinggalkan menjadi rekening pasif, tapi seharusnya tumbuh berkembang karena dilanjutkan dengan kredit untuk usaha. Inilah yang akan mendorong tumbuhnya ekonomi di akar rumput.

“Pemerintah juga memberikan perhatian untuk menjaga akuntabilitas dan kredibilitas lembaga asuransi, sehingga edukasi asuransi untuk UMKM menjadi sangat penting,” ujarnya. 

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait