7 Manfaat Daging Ayam dan Kandungan Gizi untuk Diet

Dwi Latifatul Fajri
17 September 2021, 12:36
7 Manfaat Daging Ayam dan Kandungan Gizi untuk Diet
ANTARA FOTO/Rahmad
Daging Ayam

Daging ayam menjadi bahan masakan populer di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Kandungan nutrisi pada ayam seperti protein dan vitamin baik untuk tubuh.  Selain itu, kandungan gizi yang cukup pada dada ayam bisa untuk menu diet. 

Ada berbagai olahan ayam yang bisa dimasak dan dinikmati. Olahan daging ayam bisa dibakar, dikukus, direbus, sampai dipanggang. Selain itu harga sepotong daging ayam lebih murah daripada daging sapi. 

Manfaat daging ayam

1. Vitamin dan mineral yang baik untuk otak

Daging ayam memiliki warna gelap dan putih. Warna ini mengandung vitamin B12 dan kolin untuk membantu perkembangan otak pada anak-anak.

Kedua nutrisi ini baik untuk sistem saraf dan membantu kinerja kognitif pada orang dewasa yang lebih tua. Vitamin B6 berperan sebagai produksi energi, sintesis DNA, dan kesehatan otak.

2. Menguatkan tulang dan otot.

Daging ayam mengandung sumber protein yang baik untuk kesehatan tulang dan otot. Rata-rata 30 gram protein dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan otot.

Bagian dada ayam tanpa lemak mengandung asam amino untuk membangun jaringan otot dan menguatkan tulang seiring bertambahnya usia. Penelitian menunjukkan asupan protein bisa meningkatkan kepadatan mineral tulang. Makan daging ayam bisa mencegah penyakit osteoporosis dan risiko cedera tulang.

3. Membantu menurunkan berat badan

Bagian dada ayam tanpa lemak menjadi sumber protein dan bisa digunakan untuk menu diet. Dada ayam yang tinggi protein dapat mengatur berat badan dan gula darah normal.

4. Meningkatkan suasana hati

Daging ayam mengandung triptofan, asam amino yang baik untuk kadar serotonin di otak. Serotonin merupakan senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh sistem saraf. Serotonin berperan dalam proses pencernaan, pembekuan darah, pembentukan tulang, sampai membantu proses perasaan baik terkait suasana hati.

5. Mudah dicerna

Daging ayam baik untuk dikonsumsi anak-anak. Daging ini mudah dikunyah dan ditelan.

6. Kesehatan jantung

Daging ayam mengandung vitamin dan mineral. Kandungan ini baik untuk kesehatan jantung, rendah lemak, rendah kolesterol, dan diet. Mengutip dari webmd.com, penelitian menemukan 25-30 gram protein permakanan membantu merasa lebih kenyang.

7. Meningkatkan kesuburan

Protein dalam daging ayam mengandung mineral yang baik untuk kesehatan tiroid dan kesuburan. Kelenjar tiroid merupakan produsen dan tempat penyimpanan hormon untuk mengatur berbagai fungsi tubuh, termasuk detak jantung. Kelenjar tiroid ini berada di bawah leher.

Kandungan Gizi Daging Ayam

Mengutip dari Healthline.com, daging ayam memiliki jumlah protein dan kalori yang berbeda. Berikut kandungan gizi pada dada, paha, sayam, dan kaki ayam:

1. Kandungan Gizi pada Dada ayam

Dada ayam yang dimasak tanpa kulit berukuran 172 gram. Bagian daging ini mengandung 54 gram protein. Ada 284 kalori yang terdiri dari 80% kalori protein dan 20% kalori lemak.

Dada ayam biasanya dikonsumsi oleh binaragawan dan mereka yang menjalani diet. Protein dan kalori tinggi ini digunakan sesuai kebutuhan energi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...