14 Cara Belajar Efektif Agar Cepat Paham dan Ingat

Dwi Latifatul Fajri
17 September 2021, 17:02
14 Cara Belajar Efektif Agar Cepat Paham Dan Ingat
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.

Beberapa pelajar mengalami kesulitan untuk belajar, terlebih ketika pandemi. Padahal, belajar bermanfaat untuk melatih otak dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tes. Belajar dilakukan berbagai usia dan kalangan contohnya mahasiswa, pelajar, pekerja kantoran sampai dosen.

Ada beberapa cara belajar yang efektif di masa pandemi, seperti belajar melalui situs belajar atau membuat pertemuan belajar daring. Namun beberapa kegiatan yang mengganggu proses belajar seperti menunda, lebih memilih bermain ponsel, lebih memilih kegiatan lain. Menunda belajar membuat seseorang kesulitan mencapai tujuan.

Sekarang ini banyak metode belajar efektif, termasuk belajar online. Selain metode belajar, Anda perlu menyusun waktu dan mencatat hasil belajar. Salah satu cara belajar adalah menghafal dan memahami.

Cara Belajar Agar Cepat Paham Dan Ingat

Ada beberapa trik menghafal yaitu berlatih teknik visualisasi dan menggunakan trik memori. Cara ini dilakukan melalui penelitian sehingga menghasilkan trik memori kerja dan jangka panjang. Tehnik ini berguna untuk mengingat konsep di dalam otak selama bertahun-tahun.

1. Memahami informasi

Mengutip dari learningcenter.unc.edu, ketika belajar, pahami dulu informasi penting dari materi. Informasi yang terorganisir dan masuk akal mudah dihafal. Jika anda tidak memahami materi yang dipelajari, carilah materi lain yang menggunakan bahasa lebih mudah untuk dihafal.

2. Hubungkan

Hubungkan informasi yang Anda coba hafalkan. Hubungan dengan informasi yang lebih sulit dengan materi dari konsep lain. Pikirkan bagaimana cara menghubungkan materi tersebut.

Anda bisa menulis inti dengan catatan kecil, menggarisbawahi hal penting, sampai membuat mind map atau pemetaan yang menghubungkan materi.

3. Cobalah tidur

Sebuah penelitian menunjukkan jika Anda ingin memproses dan menyimpan informasi, cobalah untuk tidur selama beberapa menit. Tidur dipastikan akan membantu menanamkan informasi belajar ke dalam memori.

4. Lakukan tes

Cobalah untuk mengikuti tes atau kuis untuk uji coba setelah belajar. Sebelumnya coba membaca ulang semua catatan dari buku. Beberapa siswa berpikir bisa mengingat materi karena soal tes mirip ketika mereka membaca dan menghafal.

5. Pakai teknik pengulangan

Setelah menguji dengan tes, cobalah membuat konsep belajar dari memori kerja ke memori jangka panjang. Konsep ini membuat informasi belajar mudah diingat dan diulang. Pengulangan secara tegas membantu memasukkan informasi dalam ingatan.

Anda bisa membuat kartu yang berisi pertanyaan penting ketika belajar. Kartu ini berguna untuk pengujian diri untuk kembali mengingat informasi. Berilah jarak waktu belajar dan teknik pengulangan. Contohnya anda bisa membuat kartu untuk mengingat materi penting setelah belajar 2 hari.

6. Buat pengelompokan materi

Pengelompokan materi merupakan strategi menghafal sederhana. Contohnya Anda perlu mengingat empat bunga yaitu bunga mawar, melati, kemboja, dan anggrek.

Cobalah untuk mencari cara menghubungkan keempat bunga itu dalam memori. Misalnya dengan membuat singkatan nama MMKA (mawar, melati, kamboja, dan anggrek). Pakai singkatan tersebut untuk mengingat nama-nama bunga.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...