14 Cara Belajar Efektif Agar Cepat Paham dan Ingat

Beberapa pelajar mengalami kesulitan untuk belajar terlebih ketika pandemi. Padahal belajar bermanfaat untuk melatih otak. Berikut cara belajar efektif untuk mengingat dan paham materi.
Dwi Latifatul Fajri
17 September 2021, 17:02
14 Cara Belajar Efektif Agar Cepat Paham Dan Ingat
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.

Beberapa pelajar mengalami kesulitan untuk belajar, terlebih ketika pandemi. Padahal, belajar bermanfaat untuk melatih otak dan mempersiapkan diri untuk menghadapi tes. Belajar dilakukan berbagai usia dan kalangan contohnya mahasiswa, pelajar, pekerja kantoran sampai dosen.

Ada beberapa cara belajar yang efektif di masa pandemi, seperti belajar melalui situs belajar atau membuat pertemuan belajar daring. Namun beberapa kegiatan yang mengganggu proses belajar seperti menunda, lebih memilih bermain ponsel, lebih memilih kegiatan lain. Menunda belajar membuat seseorang kesulitan mencapai tujuan.

Sekarang ini banyak metode belajar efektif, termasuk belajar online. Selain metode belajar, Anda perlu menyusun waktu dan mencatat hasil belajar. Salah satu cara belajar adalah menghafal dan memahami.

Cara Belajar Agar Cepat Paham Dan Ingat

Ada beberapa trik menghafal yaitu berlatih teknik visualisasi dan menggunakan trik memori. Cara ini dilakukan melalui penelitian sehingga menghasilkan trik memori kerja dan jangka panjang. Tehnik ini berguna untuk mengingat konsep di dalam otak selama bertahun-tahun.

1. Memahami informasi

Mengutip dari learningcenter.unc.edu, ketika belajar, pahami dulu informasi penting dari materi. Informasi yang terorganisir dan masuk akal mudah dihafal. Jika anda tidak memahami materi yang dipelajari, carilah materi lain yang menggunakan bahasa lebih mudah untuk dihafal.

2. Hubungkan

Hubungkan informasi yang Anda coba hafalkan. Hubungan dengan informasi yang lebih sulit dengan materi dari konsep lain. Pikirkan bagaimana cara menghubungkan materi tersebut.

Anda bisa menulis inti dengan catatan kecil, menggarisbawahi hal penting, sampai membuat mind map atau pemetaan yang menghubungkan materi.

3. Cobalah tidur

Sebuah penelitian menunjukkan jika Anda ingin memproses dan menyimpan informasi, cobalah untuk tidur selama beberapa menit. Tidur dipastikan akan membantu menanamkan informasi belajar ke dalam memori.

4. Lakukan tes

Cobalah untuk mengikuti tes atau kuis untuk uji coba setelah belajar. Sebelumnya coba membaca ulang semua catatan dari buku. Beberapa siswa berpikir bisa mengingat materi karena soal tes mirip ketika mereka membaca dan menghafal.

5. Pakai teknik pengulangan

Setelah menguji dengan tes, cobalah membuat konsep belajar dari memori kerja ke memori jangka panjang. Konsep ini membuat informasi belajar mudah diingat dan diulang. Pengulangan secara tegas membantu memasukkan informasi dalam ingatan.

Anda bisa membuat kartu yang berisi pertanyaan penting ketika belajar. Kartu ini berguna untuk pengujian diri untuk kembali mengingat informasi. Berilah jarak waktu belajar dan teknik pengulangan. Contohnya anda bisa membuat kartu untuk mengingat materi penting setelah belajar 2 hari.

6. Buat pengelompokan materi

Pengelompokan materi merupakan strategi menghafal sederhana. Contohnya Anda perlu mengingat empat bunga yaitu bunga mawar, melati, kemboja, dan anggrek.

Cobalah untuk mencari cara menghubungkan keempat bunga itu dalam memori. Misalnya dengan membuat singkatan nama MMKA (mawar, melati, kamboja, dan anggrek). Pakai singkatan tersebut untuk mengingat nama-nama bunga.

7. Bicara pada diri sendiri

Cobalah berbicara pada diri sendiri di depan cermin untuk latihan mengingat informasi. Tampaknya aneh, namun berbicara pada diri sendiri menjadi alat memori yang efektif.

8. Latihan serius

Sebuah penelitian menunjukkan olahraga dapat meningkatkan memori dan kemampuan belajar. Hal ini membantu untuk menciptakan neuron di area yang berhubungan dengan memori.

Cobalah untuk berolahraga ringan sebelum belajar. Selain itu lakukan pergerakan badan setelah belajar atau istirahat.

9. Teknik visual dan spasial

Metode belajar ini melibatkan panca indera. Contohnya saja, anda menggunakan gambar, lagu, perasaan dan tubuh untuk mengingat informasi. Ada berbagai pendekatan menggunakan teknik ini sebagai cara belajar menyenangkan dan kreatif.

Teknik visual berguna untuk meningkatkan memori jangka panjang. Selain itu, anda bisa fokus dan memperhatikan informasi dan materi ketika belajar. Teknik ini juga membantu mengingat keseluruhan detail.

  • Contohnya, jika Anda ingin menghafal rumus segitiga. Buatlah gambar segitiga kemudian tambahkan rumus di gambar tersebut.
  • Pakai lagu dan jingle jika anda ingin mengingat tabel periodik unsur kimia
  • Panca indera, contohnya gunakan tangan untuk mengingat jumlah perkalian

10. Buat jadwal belajar

Pakai kalender dan tandai setiap tanggal tersebut. Anda bisa membeli memo untuk menambahkan jadwal belajar atau aplikasi pengingat. Jadwal belajar membuat anda rajin untuk berlatih dan belajar setiap hari.

11. Kurangi gangguan

Cobalah menjauhi atau memakai aplikasi untuk menghentikan sementara pemberitahuan di ponsel. Ponsel bisa mengurangi waktu dan intensitas belajar. Atur waktu untuk mengatur kegiatan, main ponsel, dan belajar.

12. Teknik Pomodoro

Teknik pomodoro bermanfaat untuk mengatur waktu dalam belajar. Cobalah pasang aplikasi pomodoro atau penghitung waktu. Pomodoro biasanya menggunakan metode belajar selama 25 menit dan 5 menit istirahat.

13. Perbanyak sumber belajar

Jika Anda mahasiswa dan pelajar, carilah sumber belajar lain. Contohnya, belajar dari situs khusus belajar, membaca materi dari buku dan e-book, atau mencari video interaktif di Youtube. Makin banyak sumber belajar membuat Anda memahami inti materi dan proses mempelajari soal-soal untuk ujian.

14. Cobalah jadi guru

Tehnik ini berguna untuk otak lebih tenang dan rileks. Selain itu, pengaturan waktu membuat Anda tidak bosan dalam belajar. Carilah anggota kelompok belajar bisa secara online atau bertemu langsung.

Cobalah menjelaskan inti materi dari belajar di depan teman-teman Anda. Mengucapkan materi menunjukkan Anda bisa menguasai dan menyimpan materi dalam memori.

Anda bisa menjelaskan materi dengan membawa catatan kecil pendek sekedar untuk mengingat. Ketika menjelaskan, Anda bisa menghubungkan konsep yang berkaitan dari materi belajar.

Itulah 14 cara belajar efektif ketika pandemi. Pastikan Anda belajar secara serius supaya nanti hasil tes ujian bisa sesuai. Jangan lupa gunakan gawai sesuai keperluan ketika belajar.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait