Kandungan, Bahaya, dan Manfaat Udang untuk Kesehatan

Dwi Latifatul Fajri
1 Oktober 2021, 12:00
Manfaat udang
pixabay.com

Udang merupakan makanan laut yang mengandung protein tinggi. Bagian daging udang lembut dan berwarna putih sementara kulitnya agak keras. Selain itu udang dikenal sebagai makanan laut bergizi tinggi seperti vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Kandungan Udang

Kalori dalam udang cukup rendah. Dalam 3 porsi on (85 gram) udang mengandung 84 kalori. Sekitar 90% kalori tersebut berasal dari protein dan sisanya lemak.

Udang mengandung lebih dari 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Selenium dan mineral pada udang bisa meningkatkan kesehatan jantung dan peradangan. Mengutip dari healthline.com, berikut kandungan gizi udang:

  • Kalori: 84 kal.
  • Protein: 18 gram.
  • Selenium: 48% dari asupan diet yang direkomendasikan atau Recommended Dietary Intake (RDI).
  • Vitamin B12: 21% dari RDI.
  • Besi: 15% dari RDI.
  • Fosfor: 12% dari RDI.
  • Niacin: 11% dari RDI.
  • Seng: 9% dari RDI.
  • Magnesium: 7% dari RDI.

Udang mengandung yodium dan mineral yang penting untuk tubuh. Yodium bermanfaat untuk tiroid dan kesehatan otak. Udang juga mengandung asam lemak omega-6 dan omega-3.

Manfaat Udang

1. Menurunkan berat badan

Udang mengandung protein dan vitamin D. Kedua kandungan ini bisa menambah karbohidrat ke asupan harian. Udang juga mengandung leption. Leptin adalah hormon dan bagian integral untuk mengatur penyimpanan lemak, nafsu makan, dan penggunaan energi.

Jika kadar leptin dalam tubuh meningkat, orang dapat menghindari masalah makan berlebih, mengurangi makanan, dan bisa menjaga pola badan.

2. Anti penuaan

Udang mengandung antioksidan alami yang baik untuk kulit. Faktor penyebab penuaan kulit karena sinar matahari dan UVA yang dihasilkan. Sinar matahari menyebabkan kerutan, bintik-bintik, atau kulit terbakar. Udang bisa mencegah penuaan pada kulit. Anda bisa menambahkan udang untuk konsumsi harian dan sesuai porsi. 

3. Manfaat udang untuk ibu hamil

Udang mengandung asam lemak omega-3 yang baik. Asam lemak omega-3 ini bisa mengurangi resiko kelahiran prematur ketika kondisi hamil. Omega-3 berpengaruh untuk perkembangan otak dan mata janin.

Kandungan zat besi bisa membantu tubuh memproduksi darah ekstra yang dibutuhkan untuk bayi. Zat besi pada udang seperti magnesium, dan potasium bisa memberi sumber energi tambahan pada wanita hamil.

Meski aman untuk ibu hamil, namun hindari memakan makanan laut mentah. Selama kehamilan jangan memakan sushi mentah, sashimi, tiram, dan makanan mentah lain. Makanan laut mentah bisa berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh dan kehamilan.

Khusus ibu hamil makanlah udang yang sudah matang digoreng. Makanan matang dan proses memasak yang baik bisa mengurangi bakteri jahat dalam daging udang.

4. Mencegah rambut rontok

Kandungan mineral pada udang bisa mengurangi rambut rontok. Nutrisi seng pada udang bisa menjaga dan menciptakan sel-sel baru, termasuk sel rambut dan kulit.

5. Baik untuk mata

Sebuah penelitian menemukan udang mengandung senyawa seperti Astaxanthin, dapat mengurangi kelelahan mata. Jika anda bekerja menggunakan komputer setiap hari, cobalah untuk mengkonsumsi rutin udang.

6. Meningkatkan Otak

Udang mengandung zat beri dan mineral. Zat beri ini bisa meningkatkan aliran oksigen dapat terjadi ke otot, memberi kekuatan dan daya tahan tubuh, serta meningkatkan aliran oksigen ke otak.

Zat besi bisa meningkatkan pemahaman, memori, dan konsentrasi. Salah satu penelitian menemukan astaxanthin pada udang bisa membantu meningkatkan kinerja memori, sel-sel otak, dan mengurangi resiko penyakit radang otak.

7. Manfaat kulit udang

Kulit udang bisa dikonsumsi dan tidak membahayakan tubuh. Mengutip dari laman theculinaryprofessor.com, kulit udang mengandung nutrisi seperti mineral dan protein yang mirip keratin. Kulit udang tidak memiliki dampak negatif bagi kesehatan.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Udang mengandung protein, vitamin, kalsium, fosfor, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang. Protein dan vitamin bisa menambah kualitas tulang, massa tulang, dan mencegah osteoporosis.

9. Mengurangi nyeri haid

Udang mengandung asam lemak omega-3 yang dapat menyeimbangkan efek negatif asam lemak omega-6. Omega-3 ini bisa membantu mengurangi kram menstruasi bagi wanita, meningkatkan aliran darah yang lebih sehat untuk organ reproduksi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...