6 Manfaat Udang untuk Ibu Hamil dan Cara Memasaknya

Manfaat udang untuk ibu hamil antara lain membantu perkembangan otak dan retina janin, mengurangi kejadian kelahiran prematur, memelihara jaringan tubuh, dan baik untuk kesehatan jantung.
Image title
7 Maret 2022, 09:06
Warga memilih udang yang akan dibeli di Pantai Desa Tanjung, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (28/3/2021). Manfaat udang untuk ibu hamil antara lain membantu perkembangan otak dan retina janin, mengurangi kejadian kelahiran prematur, memelihara jaringan tub
ANTARA FOTO/Saiful Bahri/foc.
Warga memilih udang yang akan dibeli di Pantai Desa Tanjung, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (28/3/2021). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebutkan secara nilai, komoditas udang, tuna, cakalang, cumi, sotong, gurita, rajungan, dan kepiting akan menjadi produk unggulan dan prioritas di 2021.

Udang termasuk hewan invertebrata dan krustasea yang berhabitat dalam air asin dan air tawar. Sebagian besar udang yang tersedia untuk konsumsi merupakan hasil budidaya. Konsumsi udang dapat membawa manfaat kesehatan karena mengandung sejumlah vitamin, protein, dan mineral.

Pantangan konsumsi makanan laut bagi ibu hamil mungkin sudah sering terdengar. Menurut American Pregnancy Association, penelitian menunjukkan bahwa kadar merkuri yang tinggi pada makanan laut dapat memiliki efek berbahaya pada bayi, sehingga banyak wanita enggan makan makanan laut selama kehamilan.

Meski demikian, udang mengandung kadar merkuri yang rendah. Manfaat udang untuk ibu hamil terletak pada kandungan lemak yang rendah dan protein yang tinggi, sehingga udang merupakan makanan sehat untuk ibu hamil.

Kandungan Udang

Berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat, berikut kandungan udang dengan berat 85 gram.

Advertisement
  • Kalori: 84.
  • Lemak: 0.2 g.
  • Natrium: 94.4 mg.
  • Karbohidrat: 0.2 g.
  • Serat: 0 g.
  • Gula: 0 g.
  • Protein: 20.4 g.
  • Fosfor: 201 mg.
  • Vitamin B12: 1.4 mcg.

Manfaat Udang untuk Ibu Hamil

Beberapa manfaat udang untuk ibu hamil yaitu:

1. Membantu perkembangan otak dan retina janin

Manfaat udang untuk ibu hamil didapatkan dari kandungan asam lemak omega-3 yang berlimpah. Menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, asam lemak omega-3 yang terkandung dalam udang meliputi asam ocosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA).

Studi dalam Reviews in Obstetrics & Gynecology menunjukkan, konsumsi asam lemak omega-3 yang cukup berperan penting untuk ibu hamil karena membantu dalam perkembangan otak dan retina janin. Asam lemak omega-3 juga berperan dalam menentukan lamanya kehamilan dan mencegah depresi perinatal.

2. Mengurangi kejadian kelahiran prematur

Asam lemak omega-3 dalam udang memiliki manfaat untuk mengurangi kejadian kelahiran prematur. Berdasarkan studi dalam Cochrane Review, tambahan omega-3 selama kehamilan dapat mengurangi jumlah bayi yang lahir prematur dan dapat meningkatkan kesehatan bayi dan ibu hamil.

Riset menunjukkan, risiko bayi meninggal atau sakit parah dan membutuhkan perawatan intensif neonatal dapat dikurangi dengan omega-3 dibandingkan tanpa omega-3. Ibu hamil yang mengonsumsi omega-3 juga mengurangi kemungkinan bayi lahir dengan berat badan kurang.

3. Mengandung protein

Asupan protein untuk ibu hamil merupakan hal yang penting. Protein sangat penting untuk perkembangan jaringan dan organ bayi, termasuk otak. Ini juga membantu pertumbuhan jaringan payudara dan rahim selama kehamilan.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG), ibu hamil disarankan mengonsumsi protein sebanyak 61-90 gram (gr) per hari tergantung trimester kehamilan guna mencukupi kebutuhan nutrisi hariannya. Kebutuhan protein ibu hamil di trimester pertama sekitar 61 gr, di trimester kedua yakni 70 gr, dan 90 gr di trimester ketiga.

4. Memelihara jaringan tubuh

Udang mengandung vitamin B2 atau riboflavin yang berperan dalam pemeliharaan jaringan tubuh. Dikutip dari MedlinePlus Medical Encyclopedia, vitamin B2 penting untuk pertumbuhan tubuh. Vitamin ini membantu dalam produksi sel darah merah dan pelepasan energi dari protein.

Vitamin B2 bermanfaat untuk ibu hamil guna mendukung perkembangan tulang, otot, dan saraf bayi. Menurut National Institutes of Health (NIH) Amerika Serikat, kekurangan vitamin B2 selama kehamilan dapat meningkatkan risiko preeklamsia, yaitu komplikasi kehamilan yang terjadi saat wanita mengalami tekanan darah tinggi (hipertensi).

5. Mencegah anemia

Manfaat udang untuk ibu hamil terletak pada kandungan zat besi yang berlimpah. Zat besi bermanfaat untuk mencegah anemia. Mengutip Mayo Clinic, volume darah dalam tubuh ibu hamil meningkat, sehingga zat besi yang dibutuhkan juga meningkat.

Tubuh menggunakan zat besi untuk membuat lebih banyak darah dan memasok oksigen ke bayi. Jika ibu hamil tidak memiliki zat besi yang cukup, mereka dapat mengalami anemia.

Ibu hamil dengan anemia berpotensi mengalami kelahiran prematur. Kekurangan zat besi juga dikaitkan dengan rendahnya berat badan bayi dan depresi pasca persalinan.

6. Baik untuk kesehatan jantung

Ibu hamil dapat mengambil manfaat udang dari kandungan kolin di dalamnya. Dikutip dari Oregon State University, udang adalah sumber kolin yang baik. Kolin terlibat dalam pengaturan konsentrasi homosistein dalam darah dan bermanfaat bagi kesehatan jantung dengan menurunkan homosistein darah.

Udang juga mengandung kolesterol, tetapi hampir tidak mengandung lemak jenuh, sehingga dapat dikonsumsi ibu hamil.

Cara Memasak Udang untuk Ibu Hamil

Udang aman dikonsumsi selama kehamilan jika sudah matang sepenuhnya dan mentah. Konsumsi udang mentah dapat membahayakan bayi. Cara memasak udang untuk ibu hamil dapat dilakukan dengan mengukus dan memanggang.

Hindari udang yang digoreng dengan minyak berlebih. Udang goreng bukanlah pilihan yang sehat seperti yang dipanggang karena mengandung kelebihan kalori dan lemak.

Udang mentah berwarna abu-abu transparan. Saat dimasak, warnanya harus putih buram dengan sedikit aksen merah muda dan merah cerah. Jika udang masih berwarna abu-abu atau bening, masak sedikit lebih lama.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait