Cara Mengukur Luas dan Volume Kubus dengan Mudah

Image title
7 Oktober 2021, 15:21
Ilustrasi rumus volume kubus
Pixabay
Ilustrasi rumus volume kubus

Dalam mempelajari bangun ruang, kita menemui berbagai macam bentuk, salah satunya kubus. Bangun ruang ini tidak hanya ada di pelajaran matematika, penerapannya banyak kita temui di kehidupan sehari-hari. Misalnya dadu, atau tempat tisu berbentuk kubus, bahkan mungkin ruang belajar atau ruang kamar kalian berbentuk kubus.

Sebenarnya seperti apa sih kubus itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kubus didefinisikan sebagai ruang yang terbatas enam bidang segi empat. Kalian pasti udah familiar dong dengan kata “ruang”, tempat kalian belajar di sekolah biasa di sebut ruang kelas, di rumah kalian, tempat buat menerima tamu biasa kita sebutnya ruang tamu, dan lain-lain.

Setelah memahami arti dan definisi dari kubus, maka selanjutnya akan membahas mengenai ciri-ciri, rumus luas permukaan, dan volume kubus. Tidak hanya itu, selain penjelasan nantinya juga akan contoh latihan soal di akhir tulisan.

Penjelasan Singkat Mengenai Kubus

Kubus
 

Ciri-ciri Kubus

Sama halnya dengan bangun ruang lain yang memiliki karakteristik dan sifat masing-masing, begitu juga dengan kubus. Agar lebih mudah, perhatikan gambar di atas sambil memahami ciri-ciri kubus dibawah berikut ini:

  • Memiliki 6 sisi dengan panjang yang sama besar setiap sisinya. Berdasarkan gambar diatas maka yang di maksud dengan sisi kubus yaitu, ABCD, BFGC, EFGH, AEHD.
  • Setiap sisi kubus berbentuk persegi.
  • Memiliki 12 rusuk yang setiap rusuknya sama panjang. Berdasarkan gambar di atas maka yang dimaksud rusuk kubus yaitu AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, DH, AE, BF, dan CG.
  • Memiliki total 8 titik sudut. Berdasarkan gambar diatas maka yang dimaksud titik sudut yaitu A, B, C, D, E, F, G, H.
  • Memiliki 12 sisi diagonal sisi yang sama panjang.
  • Memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang.

Rumus Luas Permukaan Kubus

Menghitung luas permukaan sering diterapkan salah satunya pada saat kita mengecat tembok, untuk memperkirakan jumlah cat yang perlu kita siapkan, maka kita perlu tau dulu luas permukaan dari tembok yang akan kita cat.

Melansir situs Zenius.net, menurut Eric Wolfgang Weinstein, luas permukaan adalah jumlah permukaan yang memiliki satuan jarak kuadrat, atau secara sederhana dapat digambarkan dengan jumlah luas pada permukaan sebuah objek.

Rumus luas permukaan kubus disusun sebagai berikut

Rumus Kubus: Rumus Volume dan Luas Permukaan Kubus 41 Keterangan: L = Luas permukaan (Rumus Kubus: Rumus Volume dan Luas Permukaan Kubus 42); s = panjang rusuk kubus.

Catatan: Satuan dari luas permukaan tidak mutlak dalam meter (m), biasanya mengikuti permintaan dari soal, jika soal minta dalam satuan cm, maka di hitung dalam cm.

Sebenarnya rumus dari luas permukaan ini tidak perlu kalian hafal, kalian bisa mengingatnya selama kalian memahami konsep dari kubus. Berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa kubus terdiri dari 6 persegi yang disusun menjadi sebuah bangun ruang. Oleh karena itu luas permukaan dari kubus secara sederhana bisa dikatakan sama dengan 6 x luas persegi.

Dimana luas persegi itu adalah sisi x sisi atau Rumus Kubus: Rumus Volume dan Luas Permukaan Kubus 43, karena sisi persegi selalu sama panjang.

Contoh Latihan Soal 1

Sebuah kubus memiliki panjang sisi 10 cm. Hitung luasnya!

Penyelesaian :

Diketahui : s = 10 cm

Ditanya : Luas permukaan?

Jawab :

L = 6 x s2
L = 6 x 10 x 10
L = 600 cm2

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...