Cara Mengukur Luas dan Volume Kubus dengan Mudah

Tips dan trik mengukur volume kubus bagi materi pelajaran siswa atau mata kuliah mahasiswa.
Image title
7 Oktober 2021, 15:21
Ilustrasi rumus volume kubus
Pixabay
Ilustrasi rumus volume kubus

Dalam mempelajari bangun ruang, kita menemui berbagai macam bentuk, salah satunya kubus. Bangun ruang ini tidak hanya ada di pelajaran matematika, penerapannya banyak kita temui di kehidupan sehari-hari. Misalnya dadu, atau tempat tisu berbentuk kubus, bahkan mungkin ruang belajar atau ruang kamar kalian berbentuk kubus.

Sebenarnya seperti apa sih kubus itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kubus didefinisikan sebagai ruang yang terbatas enam bidang segi empat. Kalian pasti udah familiar dong dengan kata “ruang”, tempat kalian belajar di sekolah biasa di sebut ruang kelas, di rumah kalian, tempat buat menerima tamu biasa kita sebutnya ruang tamu, dan lain-lain.

Setelah memahami arti dan definisi dari kubus, maka selanjutnya akan membahas mengenai ciri-ciri, rumus luas permukaan, dan volume kubus. Tidak hanya itu, selain penjelasan nantinya juga akan contoh latihan soal di akhir tulisan.

Penjelasan Singkat Mengenai Kubus

Kubus
 

Ciri-ciri Kubus

Sama halnya dengan bangun ruang lain yang memiliki karakteristik dan sifat masing-masing, begitu juga dengan kubus. Agar lebih mudah, perhatikan gambar di atas sambil memahami ciri-ciri kubus dibawah berikut ini:

  • Memiliki 6 sisi dengan panjang yang sama besar setiap sisinya. Berdasarkan gambar diatas maka yang di maksud dengan sisi kubus yaitu, ABCD, BFGC, EFGH, AEHD.
  • Setiap sisi kubus berbentuk persegi.
  • Memiliki 12 rusuk yang setiap rusuknya sama panjang. Berdasarkan gambar di atas maka yang dimaksud rusuk kubus yaitu AB, BC, CD, DA, EF, FG, GH, HE, DH, AE, BF, dan CG.
  • Memiliki total 8 titik sudut. Berdasarkan gambar diatas maka yang dimaksud titik sudut yaitu A, B, C, D, E, F, G, H.
  • Memiliki 12 sisi diagonal sisi yang sama panjang.
  • Memiliki 4 diagonal ruang yang sama panjang.

Rumus Luas Permukaan Kubus

Menghitung luas permukaan sering diterapkan salah satunya pada saat kita mengecat tembok, untuk memperkirakan jumlah cat yang perlu kita siapkan, maka kita perlu tau dulu luas permukaan dari tembok yang akan kita cat.

Melansir situs Zenius.net, menurut Eric Wolfgang Weinstein, luas permukaan adalah jumlah permukaan yang memiliki satuan jarak kuadrat, atau secara sederhana dapat digambarkan dengan jumlah luas pada permukaan sebuah objek.

Rumus luas permukaan kubus disusun sebagai berikut

Rumus Kubus: Rumus Volume dan Luas Permukaan Kubus 41 Keterangan: L = Luas permukaan (Rumus Kubus: Rumus Volume dan Luas Permukaan Kubus 42); s = panjang rusuk kubus.

Catatan: Satuan dari luas permukaan tidak mutlak dalam meter (m), biasanya mengikuti permintaan dari soal, jika soal minta dalam satuan cm, maka di hitung dalam cm.

Sebenarnya rumus dari luas permukaan ini tidak perlu kalian hafal, kalian bisa mengingatnya selama kalian memahami konsep dari kubus. Berdasarkan ciri-ciri yang telah disebutkan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa kubus terdiri dari 6 persegi yang disusun menjadi sebuah bangun ruang. Oleh karena itu luas permukaan dari kubus secara sederhana bisa dikatakan sama dengan 6 x luas persegi.

Dimana luas persegi itu adalah sisi x sisi atau Rumus Kubus: Rumus Volume dan Luas Permukaan Kubus 43, karena sisi persegi selalu sama panjang.

Contoh Latihan Soal 1

Sebuah kubus memiliki panjang sisi 10 cm. Hitung luasnya!

Penyelesaian :

Diketahui : s = 10 cm

Ditanya : Luas permukaan?

Jawab :

L = 6 x s2
L = 6 x 10 x 10
L = 600 cm2

Sehingga, luas permukaan_kubus tersebut adalah = 600 cm2

Contoh Latihan Soal 2 

Ada sebuah kubus yang memiliki panjang sisinya yaitu= 24 cm. cari dan hitunglah luas permukaan_kubus tersebut !

Diketahui : s = 24 cm

Ditanya : Luas?

Jawab :
L = 6 x s2
L = 6 x 24 x 24
L = 3.456 cm2

Luas permukaan kuubus itu adalah = 3.456 cm2

Rumus Volume Kubus

Dalam KBBI, volume diartikan sebagai isi atau besarnya benda ruang. Oleh karena itu rumus volume kubus disusun sebagai berikut:

Rumus Kubus: Rumus Volume dan Luas Permukaan Kubus 44 Keterangan: V= volume (Rumus Kubus: Rumus Volume dan Luas Permukaan Kubus 45); s= panjang rusuk (m).

Rumus ini juga sebenarnya termasuk rumus yang gampang sii buat diingat atau dihafal. Perlu diingat bahwa hanya bangun ruang yang mempunyai volume, bangun datar tidak mempunyai volume.

Latihan Soal Volume Kubus

Diketahui sebuah kubus memiliki panjang rusuk 5 cm

Pertanyaan: berapa volume kubus?

Jawaban:

V = s x s x s

V = 5 x 5 x 5

V = 125

 Demikian penjelasan singkat mengenai kubus dan rumus cara menghitung luas volume dan permukaannya. 

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait