Mengenal 11 Alat Komunikasi Tradisional Berdasarkan Sejarah

Dwi Latifatul Fajri
8 Oktober 2021, 21:40
Gambar Alat Komunikasi Tradisional
pexels.com/YlaniteKoppens

Komunikasi tradisional secara umum menekankan pada proses penyampaian pesan dari berbagai media dan sifatnya sederhana. Media komunikasi ini membantu kelangsungan hidup manusia. Bentuk-bentuk komunikasi tradisional berupa lambang isyarat, simbol, bunyi-bunyian, dan gerakan.

Meski terlihat sederhana tetapi alat ini bisa memperlancar kegiatan dan aktivitas sehari-hari.

Alat komunikasi tradisional digunakan manusia ratusan tahun lalu. Seiring berjalannya waktu, alat komunikasi semakin berkembang dan lebih modern. Contoh alat komunikasi tradisional yaitu surat, lukisan, prasasti, kentongan, dan masih banyak lagi.

Pengertian Alat Komunikasi Tradisional

Alat komunikasi tradisional adalah proses penyampaian pesan dari pihak satu ke pihak lain memakai media tradisional, sebelum berkembangnya teknologi. Di Indonesia komunikasi tradisional ini menjadi bagian dari tradisi, upacara keagamaan, peraturan, dan sistem yang berlaku di masyarakat.

Perbedaan alat komunikasi tradisional dan modern terletak pada jumlah audiens yang menerima pesan dari alat komunikasi. Pada komunikasi modern, audiens bisa berpartisipasi dalam konten media. Sedangkan media massa tradisional memiliki keterbatasan dalam pengiriman pesan dan jumlah audiens. Contoh media massa modern seperti internet, blog, e-mail, dan sosial media.

Peran komunikasi tradisional yaitu:

  • Mempercepat persahabatan dan kerja sama
  • Mendorong manusia untuk bekerja dan menjaga keharmonisan
  • Memberi rasa keterikatan dan dipakai untuk mengambail keputusan bersama

Alat Komunikasi Tradisional dan Fungsinya

Berdasarkan buku Dunia Komunikasi dan Gadget karya Syerif Nurhakim, bentuk media alat komunikasi tradisional terbagi ke dalam beberapa bentuk, yaitu:

1. Kentungan

PENJUALAN KENTONGAN
PENJUALAN KENTONGAN (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/aww.)

Kentungan menjadi media komunikasi paling kuno di Indonesia. Kentungan sudah dipakai sejak zaman kerajaan Demak, Mataram, Surakarta, dan Yogyakarta.

Dahulu, kentungan menjadi media bunyi-bunyian untuk komunikasi antar masyarakat. Alat ini bisa mengumpulkan massa, mengumumkan tanda bahaya, dan tanda waktu.

Kentungan terbuat dari kayu jati atau batang bambu. Terdapat pahatan pada bagian dalam bambu, sehingga kosong dan memberikan ruang untuk mengeluarkan bunyi saat dipukut. Alat pemukulnya pun umumnya terbuat dari kayu, sehingga mampu menghasilkan suara besar.

Ukuran kentungan bervariasi, sekitar 40 cm dan tinggi 1,5–2 m. Hingga kini kentungan masih digunakan di daerah pedesaan sebagai sarana komunikasi.

Bunyi irama kentungan atau kentongan ini bisa berbeda-beda, tergantung peristiwa yang ingin disampaikan. Kentongan berfungsi menginfokan masyarakat akan suatu peristiwa. Pada masa kerajaan, alat ini dipakai untuk menyampaikan perintah raja pada rakyatnya.

2. Cerita rakyat

Cerita rakyat menjadi alat komunikasi tradisional yang menceritakan kisah terdahulu. Kisah rakyat ini memiliki beberapa manfaat, seperti alat pendidikan, pengendalian sosial, penguat adat, dan norma yang berlaku di masyarakat.

Masing-masing daerah di Indonesia mempunyai cerita rakyat menarik. Contoh cerita rakyat yang banyak dikenal, seperti Bawang Merah Bawang Putih dari Riau, Timun Mas dari Jawa Tengah, dan Lutung Kasarung dari Jawa Barat.

3. Seni drama tari (Sendratari)

Media tradisional di Indonesia lainnya adalah pertunjukan seni drama tari. Pertunjukan ini bisa berbeda di setiap daerah. Seni drama tari berfungsi menjadi sarana hiburan, pendidikan, dan pelestarian budaya.

Media tradisional disebut juga folklore. Ada beberapa bentuk folklore seperti cerita prosa rakyat (mite, legenda dongeng), ungkapan rakyat (peribahasa, pantun, pepatah), puisi, nyanyian, teater, alat pengingat, dan alat bunyi-bunyian.

4. Wayang

FESTIVAL DALANG CILIK
FESTIVAL DALANG CILIK (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

Wayang menjadi alat komunikasi tradisional masyarakat dahulu. Wayang menceritakan kisah-kisah menarik dan menyampaikan pesan pada masyarakat. Cerita pada kisah perwayangan memberi informasi baik dan juga buruk yang bisa diambil intisarinya.

5. Asap

Dahulu manusia menggunakan asap untuk berkomunikasi jarak jauh. Setiap kepulan asap memiliki makna tertentu untuk komunikasi kelompok masyarakat.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...