Bahaya Minyak Ikan Bila Dikonsumsi Secara Berlebihan

Image title
15 Oktober 2021, 08:58
Ilustrasi Bahaya Minyak Ikan
Pixabay
Ilustrasi Minyak Ikan

Minyak ikan menjadi salah satu suplemen yang sudah ditemukan sejak ratusan tahun lalu. Pada masa itu minyak ikan menggunakan bahan dari Ikan Cod. Pada mulanya minyak ikan digunakan untuk masyarakat miskin di Inggris bagian utara, Skotlandia, Irlandia, Eropa bagian utara, Islandia dan Newfoundland untuk hewan ternak mereka.

Namun minyak ikan yang dipandang rendah dan hanya menjadi pakan tersebut langsung berubah. Hal itu terjadi setelah melihat bahwa minyak hati ikan cod ini membuat hewan ternak begitu sehat, mereka akhirnya mulai mengonsumsi minyak ikan tersebut untuk diri mereka sendiri. Para nelayan menggosokkan minyak hati ikan cod pada kulit dan sendi yang terasa nyeri. Mereka juga mengonsumsi minyak ikan untuk melawan pilek dan flu ketika berada di laut.

Walaupun memiliki segudang manfaat, perlu Anda ketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi minyak ikan juga bisa memberi efek kurang baik bagi kesehatan. Berikut bahaya minyak ikan yang didapat bila Anda mengonsumsi secara berelebihan, dikutip dari Klikdokter.com:

1. Menaikkan Kadar Gula Darah

Dikutip dari beberapa penelitian ilmiah,  bahaya minyak ikan pertama ada pada asam lemak omega-3 jumlah besar yang bisa menaikkan kadar gula darah. Asupan 8 gram asam lemak omega-3 setiap hari dinilai mampu meningkatkan 22% kadar gula darah pada pengidap diabetes tipe-2 dalam periode 8 minggu.

Dosis besar omega-3 bisa merangsang produksi glukosa. Hal tersebut berkontribusi pada tingginya kadar gula darah dalam jangka panjang. Penelitian lebih lanjut dibutuhkan guna memastikan hal ini.

2. Pemicu Pendarahan

Salah satu efek samping bahaya minyak ikan bila mengonsumsi berlebihan adalah gusi berdarah dan mimisan. Satu studi pada 56 orang menemukan, mengonsumsi suplemen dengan 640 mg minyak ikan per hari selama periode 4 minggu, akan menurunkan pembekuan darah pada orang dewasa.

Tidak hanya itu, penelitian kecil lainnya menunjukkan minyak ikan dikaitkan dengan risiko mimisan yang lebih tinggi. Sekitar 72% remaja yang mengonsumsi 1-5 gram minyak ikan setiap hari mengalami mimisan sebagai efek samping.

Karena alasan yang sama pula, pihak medis sering menyarankan untuk berhenti mengonsumsi minyak ikan sejenak sebelum operasi. Bicarakan pada dokter sebelum konsumsi minyak ikan, jika Anda juga menggunakan pengencer darah seperti Warfarin.

 3. Vitamin Berubah Menjadi Racun

Dalam suplemen asam lemak omega-3 terkandung Vitamin A yang teramat tinggi dan menjadi racun jika dikonsumi dalam jumlah besar. Bila menggunakan takaran, satu sendok makan minyak hati ikan kod dapat memenuhi hingga 270% kebutuhan vitamin A harian.

Bila tubuh keracunan vitamin A dapat menyebabkan efek samping seperti pusing, mual, nyeri sendi, dan iritasi kulit. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan kerusakan hingga gagal hati pada kasus yang parah.

Sehingga Bila Anda mengonsumsi perlu diawasi oleh dokter agar tidak mengalami kelebihan Vitamin A. Konsultasi dokter dilakukan agar bahaya minyak ikan tidak menimpa Anda

4. Insomnia

Beberapa studi kasus menemukan bahwa makan minyak ikan dalam dosis sedang dapat meningkatkan kualitas tidur. Namun, dalam beberapa kasus, terlalu banyak mengonsumsi minyak ikan dapat mengganggu tidur dan menyebabkan insomnia.

Salah satu penelitian melaporkan, makan minyak ikan dosis tinggi memperburuk gejala insomnia dan kecemasan bagi pasien dengan riwayat depresi. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana dosis besar dapat memengaruhi kualitas tidur pada populasi umum.

5. Diare

Pada umumnya diare bisa timbul akibat konsumsi minyak ikan berlebih. Masalah ini dapat diikuti dengan gejala pencernaan lain, seperti kembung.

Jika Anda mengalami diare setelah mengonsumsi asam lemak omega-3, pertimbangkan untuk menurunkan dosisnya. Konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

 6. Membuat Refluks Asam Lambung Menjadi Naik

Risiko peningkatan asam lambung menjadi salah satu efek samping dari konsumsi minyak ikan berlebih. Gejala yang mungkin timbul antara lain rasa mulas, sendawa, dan kembung.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...