5 Manfaat Konsumsi Ikan Gabus untuk Kesehatan

Image title
11 Oktober 2021, 16:01
Ikan Gabus yang baru saja ditangkap dan diamankan dalam ember
Kementerian Kelautan dan Perikanan
Ikan Gabus yang baru saja ditangkap dan diamankan dalam ember

Mengonsumsi ikan menjadi salah satu pilihan demi menjaga pola hidup sehat yang dimulai dari makanan. Dengan rutin menjadikan ikan sebagai lauk makanan, kebutuhan protein harian akan tercukupi. Dari beragam jenis ikan yang mengandung protein tinggi, salah satunya adalah ikan gabus.

Ikan yang cukup mudah ditemui di sejumlah perairan di Indonesia karena habitatnya di air tawar, namun kandungan gizinya sangat tinggi dan dibutuhkan untuh tumbuh kembang tubuh. Walaupun bentuknya sedikit menyeramkan, namun para ahli gizi sepakat untuk merekomendasikan ikan ini sebagai menu nutrisi keluarga.

Ikan ini memiliki nama latin hanna striata dikenal sebagai ikan predator yang memangsa ikan, serangga, dan hewan air kecil di habitat aslinya. Di Indonesia, ikan gabus juga dikenal dengan berbagai sebutan bocek, aruan, kutuk, hingga kabos. Bahkan di sejumlah daerah lain di nusantara ikan gabus juga memiliki nama-nama lain yang cukup akrab untuk menjadi bahan percakapan harian.

Ikan yang dalam Bahas Inggris dikenal dengan istilah snakehead ini memiliki fisik mirip seperti ular dengan tubuh memanjang dan warna kegelap-gelapan.

Kandungan Gizi dalam Ikan Gabus

Mengutip Hellosehat.com, berdasarkan angka Data Komposisi Pangan Indonesia, pada setiap kandungan ikan gabus (bila dihitung dari berat 100 gram dalam keadaan segar) memiliki total kandungan nutrisi bermacam-macam, antara lain:

Air: 79,6 gram,
Kalori: 80 kkal,
Protein: 16,2 gram,
Lemak: 0,5 gram,
Karbohidrat: 2,6 gram,
Serat: 0,0 gram,
Kalsium: 170 miligram,
Fosfor: 139 milligram,
Zat besi: 0,1 miligram,
Natrium: 65 miligram,
Kalium: 254 miligram,
Tembaga: 0,3 miligram,
Seng: 0,4 miligram,
Retinol (Vit. A): 335 mikrogram,
Thiamin (Vit. B1): 0,4 miligram,
Riboflavin (Vit. B2): 0,2 miligram,
Niacin (Vit. B3): 0,1 miligram.

 

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan

Ikan gabus yang hidup di air tawar dinilai memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dari jenis ikan lainnya. Dalam beberapa studi disebutkan ikan ini memiliki kandungan protein sekitar 25,5%. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan kadar protein ikan mas (16%), ikan bandeng (20%), ikan kakap (20%), atau ikan sarden (21,1%).

Ikan gabus juga terkenal akan kandungan albumin, yakni protein di plasma darah yang fungsinya menjaga cairan dalam darah tidak bocor ke jaringan lain. Protein ini juga membantu membawa berbagai zat ke seluruh tubuh, seperti hormon, vitamin, dan enzim. Albumin juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh Anda.

Dari kandungan gizi di atas, ikan gabus memiliki beberap manfaat langsung untuk perkembangan kesehatan tubuh, antara lain:

1. Membantu Proses Pertumbuhan dan Pembentukan Otot

Dalam setiap kandungan ikan gabus memiliki protein yang lebih tinggi dibandingkan yang terdapat jenis ikan air tawar lain, seperti ikan lele, ikan mas, atau ikan nila. Bahkan kadar proteinnya bisa menyaingi sumber protein hewani lain, seperti daging sapi, ayam, atau telur.

Bila rutin mengonsumsi 100 gram ikan gabus, maka Anda bisa memperoleh sekitar 16,2 gram protein. Bandingkan dengan kadar protein per 100 gram penyajian yang terdapat pada daging sapi yang hanya 17,5 gram, ayam (18,2 gram), maupun telur (12,4 gram).

Kandungan protein yang tinggi dalam ikan gabus memiliki berbagai khasiat menguntungkan bagi perkembangan tubuh. Salah satunya membantu proses pertumbuhan dan pembentukan otot pada tubuh. Makanya, bagi yang sedang membangun otot atau ingin menjadi binaraga, konsumsi ikan gabus sangatlah disarankan. 

2. Mempercepat Proses Pemulihan Luka Pasca-Operasi

Zat albumin yang tersimpan dalam daging ikan gabus sangatlah tinggi. Adapun manfaat dari albumin adalah sebagai zat penyembuh luka.

Sejumlah peneliti dari Universitas Hasanuddin Makassar menemukan pemberian kapsul konsentrat ikan gabus selama 14 hari sebesar 0.7 g/dl bisa mempercepat penyembuhan luka pada pasien pasca-operasi, termasuk luka pasca-persalinan caesar.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...